Sukses

GTA 6 Mundur, Rockstar Games Ganti Jadwal Rilis ke Akhir 2025 atau 2026

Rockstar Games disebutkan untuk menunda peluncuran game GTA 6 dari awal 2025 menjadi akhir tahun depan atau 2026 mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - GTA 6 menjadi salah satu game paling dinanti kehadirannya, di mana Rockstar Games sudah mengumumkan akan merilis seri baru tersebut pada awal 2025.

Akan tetapi, rencana GTA 6 meluncur tahun depan sepertinya harus molor hingga akhir tahun 2025 atau 2026.

Kabar ini diungkap oleh Kotaku. Mengutip laporan Kotaku, Selasa (26/3/2024), alasan tanggal rilis GTA 6 mundur "karena produksi dilaporkan tertinggal."

Pihak Rockstar kabarnya merasa "gugup" dengan tanggal rilis GTA VI pada 2025, sehingga mewajibkan staf untuk kembali bekerja di kantor lima hari seminggu untuk menyelesaikan game tersebut.

Selain itu, tujuan Rockstar Games meminta staf untuk kembali WFO (Work from Office) lagi untuk meningkatkan produktivitas dan mengurai kebocoran informasi.

Salah satu staf Rockstar mengatakan, masalah keamanan adalah hal penting dan menjadi sorotan perusahaan kenapa meminta karyawan kembali WFO untuk menyelesaikan GTA VI.

"Kami perlu melakukan sebanyak yang kami bisa untuk mempersulit hacker masuk ke sistem," kata salah satu staf. Staf lain berpendapat, WFO atau WFH seharusnya tidak mempengaruhi dalam produktivitas.

"Jika melihat proyek sebelumnya [Red Dead Redemption 2], di mana kami bekerja selama lima hari di kantor, kami masih bekerja secara jarak jauh dengan semua studio lainnya," katanya.

Dengan alasan tersebut, entah bekerja di kantor atau tidak mereka masih harus melakukan pekerjaan bersama dengan tim berada di kota hingga negara lain di dunia.

Diketahui, tahap akhir pengembangan game memang sering kali menjadi momen penting di mana tim bekerja untuk memoles dan menyempurnakan beberapa hal di dalam game.

Karena itu, banyak pengembang harus memindahkan jadwal peluncuran game mereka lewat dari tanggal seharusnya agar game buatan mereka rilis tanpa masalah atau bug.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

GTA 6 Akhirnya Muncul di Situs Rockstar Games

<p>GTA 6 Akhirnya Muncul di Situs Rockstar Games, Siap Rilis 2025. (Doc: Rockstar Games)</p>

Meski jadi buah bibir warganet, Rockstar Games masih bungkam tentang tanggal pasti kapan game baru GTA tersebut dirilis.

Terkini, GTA 6 resmi mejeng di laman web Rockstar Games, sekaligus menambah rasa penasaran sebelum game GTA tersebut dirilis.

Kemunculan seri penerus GTA 5 ini di situs Rockstar juga mengonfirmasi rencana kapan perusahaan merilis game ini.

Tertulis di situs Rockstar Games, GTA 6 dipastikan meluncur secara global tahun depan atau 2025.

Selain tanggal rilis, banyak gamer yang penasaran tentang potensi pengalaman bermain game ini.

Rumor GTA 6 akan menampilkan dua protagonis: Lucia, karakter wanita, dan Jason, karakter pria. Dari trailer indikasi awal mengisyaratkan hubungan romantis di antara kedua protagonis.

Kabarnya, peta in-game akan memiliki ukuran 2,5 kali lebih besar dari peta GTA 5, Vice City dilaporkan akan menjadi lokasi utama dalam dunia game.

Gamer juga dibuat penasaran dengan kekuatan konsol generasi sekarang, di mana Grand Theft Auto 6 diperkirakan akan mendorong batas-batas grafis.

Gimana, apakah kamu akan langsung memainkan GTA 6 ini di hari pertama atau menunggu lebih banyak gamer memainkan game ini? 

3 dari 4 halaman

Trailer GTA 6 Pecahkan Rekor Guinness World Records

Trailer GTA VI tampilkan protagonis wanita bernama Lucia (YouTube Rockstar Games)

Trailer Grand Theft Auto atau GTA VI yang baru saja dirilis Rockstar Games pada 5 Desember kemarin, resmi mencetak rekor dunia dan sudah diakui oleh pihak Guinness World Records.

Menurut Guinness World Records, trailer pertama GTA 6 diberi gelar "most viewed videogame reveal" alias pengungkapan video game yang paling banyak dilihat di YouTube dalam 24 jam dengan 90.421.491 views.

Mengutip situs resmi Guinness World Records, Jumat (8/12/2023), trailer ini juga menjadi cuplikan video game yang paling disukai di YouTube, dengan 8,9 juta likes dalam 24 jam pertamanya rilis.

Di luar kategori game, dicatat oleh Guinness World Records, video GTA 6 ini juga jadi video YouTube dengan penayangan terbanyak dalam 24 jam untuk non-musik, melewati video milik MrBeast.

4 dari 4 halaman

Lampaui Video MrBeast

Rockstar disebut-sebut bakal rilis trailer pertama GTA VI pada 5 Desember 2023 (Rockstar Games)

Video MrBeast yang dimaksud berjudul Every Country On Earth Fights For $250,000, yang diunggah pada Agustus 2023 dan mencapai 59,4 juta penayangan dalam 24 jam.

"Grand Theft Auto VI melanjutkan upaya kami untuk mendorong batas dari apa yang mungkin terjadi dalam pengalaman dunia terbuka yang sangat imersif dan berbasis cerita,” kata Sam Houser, Pendiri Rockstar Games.

"Kami sangat senang bisa berbagi visi baru ini dengan para pemain di mana pun," imbuhnya.

Ini bukan pertama kalinya Guinness World Records memberikan catatan rekor untuk waralaba GTA.

Sebelumnya, GTA V menjadi game terlaris di PlayStation 3 (PS3) pada April 2015, dengan terjual 19,45 juta kopi, dan pada September 2023 lalu tercatat angkanya mencapai 20,32 juta, serta jadi video game action-adventure terlaris pada 2014. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.