Sukses

WhatsApp Uji Coba Label Enkripsi di Kolom Chat, Tanda Percakapan Terlindungi

WhatsApp dilaporkan tengah menguji coba menampilkan indikator enkripsi end-to-end di kolom percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikenal telah menerapkan enkripsi end-to-end di platformnya. Dengan cara ini, WhatsApp memastikan keamanan percakapan yang dilakukan di platformnya.

Kendati demikian, label enkripsi end-to-end tidak muncul di kolom percakapan biasa di WhatsApp. Label ini biasanya muncul ketika pengguna melakukan panggilan suara atau video.

Namun dari laporan terbaru WABetaInfo, aplikasi chatting itu berencana untuk menampilkan label enkripsi end-to-end dalam kolom percakapan. Hal ini diketahui dari uji coba fitur WhatsApp beta terbaru.

Mengutip informasi dari Android Police, Selasa (12/3/2024), pada WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.3.17, aplikasi akan menampilkan indikator kalau percakapan telah dilindungi enkripsi.

Indikator itu akan menampilkan tulisan 'end-to-end encrypted' disertai ikon gembok, Indikator tersebut bisa dilihat di bagian bawah nama akun pengguna lain.

Disebutkan, informasi itu tidak akan selalu tampil dan hanya sesekali akan muncul.

Perubahan ini memang bisa dibilang tidak terlalu signifikan, karena hanya indikator yang menjelaskan percakapan di aplikasi chatting milik Meta ini dilindungi.

Namun, indikator seperti ini seakan menegaskan kalau aplikasi chatting tersebut telah dilindungi oleh enkripsi.

Di sisi lain, WhatsApp mengumumkan telah menghadirkan editor stiker bawaan untuk pengguna Android. Sebelumnya, fitur ini sudah lebih dulu hadir untuk pengguna iOS.

Fungsi utama dari tool editor sticker WhatsApp ini adalah agar pengguna bisa memakai gambar mereka sendiri untuk memproduksi stiker.

Sebagai contoh, foto yang diambil dari kamera smartphone pengguna, foto dari internet, atau gambar apa pun di galeri perangkat si pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Hadirkan Tool Bikin Stiker Langsung di Aplikasi, Buat Pengguna Android

Fitur tool editor sticker ini disebut hadir dengan antarmuka yang user friendly.

Jadibegitu pengguna bisa dengan mudah membuat stiker. Termasuk di dalamnya menambah teks, frasa, emoji yang sesuai dengan konteks percakapan, dan lainnya.

Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, versi Android dari fitur ini dibuat berkaca dari fitur serupa di iOS.

Jadi, si pengguna bisa dengan mudah memilih gambar di galeri smartphone mereka. Lalu, aplikasi akan menganalisa gambar dan memangkas gambar sesuai yang diinginkan.

Lalu, background bakal dihapus untuk membuat format stiker yang clean.

Selanjutnya, WhatsApp akan menambahkan garis tepi putih untuk menyempurnakan stiker. Lalu, pengguna juga bisa menggabungkan emoji dan teks untuk personalisasi akhir.

 

3 dari 3 halaman

Bisa Disimpan dan Dipakai di Chat

Pengguna nantinya bisa menyimpan stiker buatan ini dan membagikannya dalam percakapan. Ada daftar "stiker favorit" untuk menyimpan stiker agar bisa dipakai lagi selanjutnya.

Meski begitu, saat ini akses ke tool editor stiker WhatsApp masih terbatas ada di pengguna yang terdaftar dalam program beta Android, khususnya versi 2.24.6.5.

Belum diketahui kapan tanggal peluncuran resmi untuk pengguna Android secara keseluruhan.

Meski begitu, pengujian beta di iOS dan Android mengindikasikan kalau peluncuran lebih luas akan dilakukan dalam waktu dekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.