Sukses

XL Hadirkan Pinjaman Modal Usaha Bagi Enterpreneur Perempuan Lewat Sisternet

XL Axiata menghadirkan pinjaman modal usaha dan program literasi keuangan digital keuangan bersama bank OCBC melalui program Sisternet.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata menghadirkan fitur bernama Finansister di aplikasi Sisternet. Lewat Finansister ini, XL Axiata dan PT Bank OCBC NISP (OCBC) meluncurkan fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha, juga edukasi literasi digital finansial bagi perempuan enterpreneur Indonesia.

Lewat fitur Finansister ini, XL Axiata optimistis Sister menjadi ekosistem digital perempuan Indonesia yang bisa mendorong enterpreneur perempuan Indonesia berkarya dan naik kelas.

Lewat fitur pinjaman usaha ini, Sisternet diharapkan bisa mencapai target dalam mendukung 1 juta perempuan Indonesia.

Komisaris Independen XL Axiata Yasmin S Wirjawan mengatakan, perempuan memiliki peran ganda di keluarga, sebagai istri dan perempuan pekerja.

"Beberapa peranan yang terpenting termasuk pembimbing untuk anak-anaknya dalam hal keuangan serta membuat perencanaan keuangan keluarga maupun bisnis yang sedang dijalankannya. Melalui fitur baru Finansister, Sisternet menghadirkan sebuah solusi digital untuk mendukung womenpreneur dalam mengatur keuangan, sekaligus edukasi literasi keuangan yang diperlukan," kata Yasmin.

Lebih lanjut, XL menggandeng OCBC dalam peningkatan literasi digital keuangan. Di dalamnya meliputi pengetahuan dan informasi tentang perkembangan keuangan digital dan kemudahan mengakses produk dan layanan sektor jasa keuangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pinjaman Tanpa Agunan untuk Modal Usaha

OCBC pun menyediakan fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha.

Sementara itu, Chief Corporate Affairs XL Axiata Marwan O. Baasir menyebutkan, tingkat literasi keuangan perempuan menurut survei nasional literasi dan iklusi keuangan 2022, lebih tinggi dibandingkan laki-laki.

Berdasarkan data tersebut, XL berharap bisa memberikan edukasi literasi digital bagi kalangan womenpreneur, didukung layanan konvergensi dan keamanan siber untuk privasi dan keamanan jaringan internet.

Menurut Direktur OCBC Lili S Budiana, lewat kerja sama dengan Sisternet, membuat OCBC bisa menjangkau anggota Sisternet bukan hanya lewat literasi digital bisnis tetapi juga inklusi keuangan melalui akses pembiayaan.

“Melalui Finansister, kami berharap OCBC dan XL Axiata dapat terus bersama-sama menciptakan ekosistem yang kondusif untuk UMKM perempuan agar dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, serta dapat menciptakan dampak yang nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia,” Lili menambahkan.

3 dari 3 halaman

Cara Pakai Fitur Finansister di Aplikasi Sisternet

Begini cara memanfaatkan fitur Finansister di aplikasi Sisternet XL:

1. Unduh aplikasi Sisternet di Playstore atau Apple Store,

2. Lalu, masuk ke fitur Finansister, pilih nama OCBC,

3. Ikuti E-Learning modul finansial literasi termasuk mengisi pretest dan posttest,

4. Sister finansial akan rekomendasi proyeksi keuangan, kemudian akan ada link landing page yang akan secara otomatis terhubung ke bank yang dipilih,

5. Pihak bank akan melanjutkan proses persetujuannya,

6. Setelah itu anggota Sisternet dapat akses fasilitas pinjaman kredit tanpa agunan untuk modal usaha hingga Rp 200 juta dari OCBC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.