Sukses

Elon Musk Ungkap X Punya Rencana Hadir di Smart TV, Bakal Tayangkan Video Panjang

Berdasarkan laporan terbaru, X atau yang sebelumnya dikenal dengan nama Twitter memiliki rencana hadir sebagai aplikasi mandiri di Smart TV.

Liputan6.com, Jakarta - X dikabarkan memiliki rencana untuk hadir sebagai aplikasi tersendiri di Smart TV. Rencana ini diketahui dari laporan Fortune yang menyebut kalau X berencana untuk meluncurkan aplikasi TV.

Mengutip informasi dari The Strait Times, Senin (10/3/2024), rencana X  tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Elon Musk. Dalam kicauannya, ia mengungkap kalau rencana ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Segera," tulis Elon Musk menjawab cuitan akun lain yang menyebut kalau X akan menjamin platform video panjang dan bisa ditonton langsung melalui Smart TV.

Disebutkan dalam laporan lainnya, X atau yang dulu dikenal sebagai Twitter memang memiliki rencana menjadi platform video panjang, seperti YouTube.

Bahkan, dari sumber anonim, Elon Musk memang berencana berkomeptisi dengan platform video milik Google tersebut.

Kendati demikian, X masih belum memberikan tanggapan soal rencana kehadirannya sebagai aplikasi di smart TV. Karenanya, menarik untuk menunggu informasi resmi dari perusahaan soal kabar tersebut.

Sekadar informasi, Elon Musk memang tengah mendorong aplikasi X menjadi platform yang fokus pada konten video.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, perusahaan diketahui telah bekerja sama dengan manta komentator Fox Tucker Carlson dan mantan penyiar CNN Don Lemon.

Sebelumnya, salah satu YouTuber kenamaan MrBeast juga sempat menjajal mengunggah video panjang di X.

Dalam video bertajuk $1 vs $100,000,000 Car!, ia mengatakan ingin mengetahui pendapatan yang diperolehnya di X jika dibandingkan dari YouTube.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unggah Satu Video, YouTuber MrBeast Dapat Rp 4 Miliar dari X

Mengutip New York Post, dalam video yang berdurasi sekitar 16 menit, dia menguji mobil senilai lebih dari USD 250 juta, mulai dari “rust bucket” seharga USD 1 hingga “boat car” seharga USD 500.000.

Dia juga mencoba McLaren F1 senilai USD 20 juta, yang ia bawa untuk diputar bersama sang pemilik mobil, komedian dan pembawa acara, Jay Leno.

Sepekan kemudian, MrBeast membagikan hasil yang dia dapatkan dari video itu di X, di mana terungkap bahwa dirinya mendapatkan lebih dari USD 263.000 (sekitar Rp 4,1 miliar) dari satu video itu.

Video itu juga mendapatkan 160 juta impresi atau views, lima juta keterlibatan, termasuk likes dan komentar.

Namun, MrBeast dalam cuitan terbarunya, menilai bahwa angka-angka itu "sedikit fasad" atau hanya dari luarnya saja.

"Pengiklan melihat perhatian yang didapat dan membeli iklan di video saya (menurut saya) sehingga pendapatan per penayangan saya mungkin lebih tinggi daripada yang Anda alami," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Elon Musk Ingin Gaet Kreator Konten ke X

Video yang sama sebenarnya sudah diunggah di YouTube pada September 2023 lalu, dengan lebih dari 216 juta views, meski tidak diketahui berapa pendapatan dari konten tersebut.

Mengutip Tech Crunch, Elon Musk, pemilik X, memang sedang berusaha untuk menggaet kreator konten ke platform tersebut, agar mereka bisa menghasilkan uang di sana.

Elon Musk juga berusaha untuk menarik MrBeast, kreator YouTube dengan subscriber terbanyak di dunia, di mana dia sempat mencoba merayunya untuk mengunggah video di X.

Terkait itu, MrBeast menjawab: "Video saya menghabiskan biaya pembuatan jutaan dan bahkan jika mereka mendapat satu miliar penayangan di X, itu tidak akan menutup sebagian kecil dari dana itu..."

"Saya ingin menguji berbagai hal setelah monetisasi benar-benar berjalan lancar!" ujar YouTuber itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.