Sukses

Samsung Pajang Galaxy Ring di MWC 2024, Tanda Siap Rilis Tahun Ini?

Galaxy Ring, cincin pintar Samsung yang melacak kesehatan dan tidur pengguna, diperlihatkan di MWC 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy Ring membuat banyak pihak terkejut saat tampil dalam ajang Galaxy Unpacked 2024 pada 17 Januari lalu.

Kini, Galaxy Ring kembali nongol dalam ajang teknologi besar tahunan di Barcelona, yakni Mobile World Congress (MWC) 2024.

Jangan terlalu bergembira terlebih dahulu, karena cincin pintar milik Samsung yang tampil di MWC 2024 itu masih tahap prototipe.

Meski begitu, kita dapat mengetahui beberapa informasi tambahan tentang cintin pintar pertama milik perusahaan asal Korea tersebut.

Mengutip Engadget, Senin (26/2/2024), Samsung Galaxy Ring bakal hadir dalam tiga pilihan warna, perak platinum, emas, dan hitam keramik.

Disebutkan, Samsung bakal mulai menjual Galaxy Ring ini pada akhir tahun ini. Sesuai rumor sebelumnya, perangkat ini akan berpusat pada kesehatan dan kebugaran.

Beberapa gambar tambahan dari Samsung menunjukkan, perangkat ini memiliki desain cincin cekung dan tebal--seperti Oura Ring.

Ketebalan cintin ini tidak mengejutkan, mengingat perusahaan harus memasukkan sejumlah perangkat elektronik di dalamnya.

Meski tertanam sejumlah perangkat dan sensor di dalamnya, The Verge mencatat, cincin pintar ini lebih ringan dari yang diduga.

Samsung tampaknya bakal menyediakan beberapa ukuran cincin pintarnya ini, mulai dari 5 hingga 13 dengan tanda S hingga XL di bodi cincin.

Dilansir, The Verge, ukuran baterai dan masa pakai akan bervariasi tergantung ukuran Galaxy Ring, mulai dari 14,5mAh hingga 21,5mAh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Galaxy Ring

Samsung ungkap kehadiran cincin pintar atau smart ring, Galaxy Ring, di Unpacked Januari 2024 (YouTube Samsung)

Menurut blog VP Samsung Dr. Hon Pak, cincin tersebut bakal mampu melacak tidur berdasarkan detak jantung, gerakan, dan pernapasan, kemudian memberikan saran kepada pengguna berdasarkan hal tersebut.

Galaxy Ring juga akan menawarkan fitur baru bernama My Vitality Score, berfungsi mengukur kewaspadaan sehingga pengguna dapat melihat apakah mereka dalam kondisi terbaik.

Feedback akan tersedia melalui "Booster Cards" menawarkan tips berbasis sains tentang tidur, dan data lain dikumpulkan oleh perangkat.

Galaxy Ring akan menjadi bagian dari ekosistem Samsung Health dan kompatibel dengan Galaxy Watch.

Ini berarti, pengguna dapat pakai kedua perangkat sekaligus untuk memantau kesehatan dan mendapatkan data berkualitas lebih tinggi.

Selain dari itu, masih belum diketahui tentang berapa harga Galaxy Ring, tanggal rilis, dan sensor apa saja yang dipakai Samsung. Kami baru dapat mengetahui hal tersebut dalam beberapa bulan mendatang.

3 dari 4 halaman

Samsung Ungkap Galaxy Ring di Galaxy Unpacked 2024

Dalam gelaran Galaxy Unpacked 2024, Samsung tak cuma meluncurkan lini Galaxy S24 Series, namun juga memberikan teaser mengenai kehadiran Galaxy Ring.

Dalam acara yang diselenggarakan di San Jose, Amerika Serikat pada Rabu (17/1/2024) waktu setempat itu, Samsung menyebut Galaxy Ring sebagai perangkat kesehatan dan kebugaran yang kuat dan mudah diakses.

Pengumuman mengenai Galaxy Ring ini disampaikan oleh Dr. Matthew Wiggins, Clinical Research Scientist di Samsung Research, usai mempresentasikan tentang dukungan Galaxy AI untuk Samsung Health.

Wiggins mengatakan, Samsung Galaxy Ring adalah "perangkat kesehatan dan kebugaran yang kuat dan mudah diakses," yang hadir "untuk mengubah bentuk kesehatan masa depan seperti yang hanya bisa dilakukan Samsung."

Samsung memang belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapan cincin pintar ini diluncurkan, atau berapa harganya, meski kabarnya, mereka akan hadir tahun ini.

 

4 dari 4 halaman

Paten Galaxy Ring Sudah Muncul Sejak 2023

Biasanya, Samsung akan menggelar Galaxy Unpacked di pertengahan tahun, untuk meluncurkan seri terbaru dari ponsel lipat mereka, Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip. Bukan tidak mungkin Galaxy Ring juga akan diperkenalkan di sini.

Mengutip Gizmochina, kabar soal kehadiran Samsung Galaxy Ring memang sudah beredar sebelumnya, di mana perangkat ini kemungkinan punya dukungan EKG (elektrokardiogram) dan kontrol smart home.

Berdasarkan pengajuan paten yang dilihat pada Februari 2023, cincin pintar pertama Samsung ini akan punya fitur pelacakan, pengukuran, pemantauan, dan pengunggahan informasi terkait kesehatan, kebugaran, hingga tidur.

Samsung juga mungkin akan menyematkan berbagai fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) ke dalam smart ring mereka ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.