Sukses

6 Fitur Tersembunyi One UI 6 yang Wajib Diketahui Pengguna HP Samsung

Samsung telah meluncurkan One UI 6 untuk beberapa lini smartphone Samsung, namun beberapa pengguna smartphone Samsung belum mengetahui beberapa fitur tersembunyi dari One UI 6. Berikut adalah enam fitur tersembunyi dari One UI 6.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung meluncurkan update mayor Android untuk perangkat smartphone dan tablet Samsung melalui update One UI. Pada Oktober 2023 lalu, Samsung meluncurkan One UI 6 untuk lini Galaxy S23.

One UI 6 menghadirkan sejumlah perbaikan, kinerja software yang ditingkatkan, penambahan optimalisasi dan penambahan fitur baru yang lebih beragam.

Terdapat desain baru yang berupa font baru, ikon baru dan label ikon yang lebih disederhanakan.

One UI 6 hadir dengan Android 14, yang menandakan akan ada update Android 14 dengan tambahan fitur khas One UI seperti Samsung DeX, Separate App Sound, Samsung Knox, Game Booster, dan lain sebagainya.

Namun, masih ada beberapa fitur One UI 6 yang belum banyak diketahui oleh pengguna Samsung. Mengutip Mashable SE Asia, Rabu (21/2/2024) terdapat beberapa fitur bermanfaat dari One UI 6 yang mungkin belum Anda kamu. Berikut Ulasannya.

1. Lock Screen Customization

One UI 6 memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam penataan lock screen, dibandingkan dengan UI dari merek lain.

One UI 6 memberikan berbagai style yang dapat disesuaikan dengan selera desainmu, serta kostumisasi font dan opsi orientasi yang memberikan kesan unik dan segar setiap kali kamu melihat lock screen.

2. Bixby Text Call

Fitur Bixby Text Call dapat digunakan ketika kamu melakukan panggilan telepon namun tidak dapat berbicara dengan suara lantang. Fitur ini memungkinkan kamu menelpon dengan menggunakan teks.

Ketika kamu ingin beralih dari mode panggilan suara ke mode teks dalam panggilan, kamu bisa mengetikkan apa yang ingin disampaikan ke penelpon, dan Bixby Text Call akan membacakan teks yang kamu ketik ke penelpon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. AI Image Clipping

Dengan peningkatan kemampuan AI yang tertanam pada kamera smartphone Samsung, kamu bisa langsung memotong objek di dalam gambar dan menyimpan objek tersebut sebagai stiker.

Stiker yang telah dipotong dapat ditempelkan ke foto atau video saat kamu ingin mengedit, atau kamu bisa menyimpan stiker yang telah dipotong untuk digunakan kapanpun.

Dengan berkembangnya sosial media dan aplikasi chat yang berfokus pada stiker, fitur ini akan terasa menyenangkan dan kamu akan sering memakai fitur ini.

4. Customizable Camera Widgets

Bagi kamu pecinta fotografi, kini One UI 6 memungkinkan kamu untuk menambahkan widget kamera khusus ke layar beranda Anda.

Widget ini berfungsi lebih dari sekedar shortcut ke aplikasi kamera, widget ini memungkinkan kamu memilih terlebih dahulu pengaturan kamera spesifik yang sesuai dengan keinginanmu, seperti mode malam atau panorama yang bisa diakses dengan satu tombol.

 

 

3 dari 5 halaman

5. App Auto Blocker

Keamanan dan privasi menjadi hal yang sangat penting ketika kamu memakai smartphone Samsung.

Fitur Auto Blocker yang dibawakan oleh One UI 6 dapat memungkinkan kamu melindungi smartphone Galaxy dan data pribadimu.

Auto Blocker mencegah instalasi aplikasi dari sumber yang tidak sah, dengan penambahan pemeriksaan tambahan untuk mencegah malware berbahaya masuk ke smartphone Galaxy pengguna.

Untuk mengaktifkan fitur App Auto Blocker, pergi ke Pengaturan, lalu ke Keamanan dan Privasi, kemudian atur Pemblokir Otomatis menjadi aktif.

6. Quick Settings

Kini One UI 6 menghadirkan cara yang lebih cepat untuk mengakses pengaturan yang paling sering kamu pakai.

Dengan fitur Quick Settings, kamu bisa swipe ke bawah dari sudut kanan atas layar untuk melewati notification center dan langsung mengakses pengaturan yang paling sering digunakan.

Pengguna yang ingin mengaktifkan fitur ini dapat melakukannya dengan mengetuk ikon pensil di Quick Toggle Panel, dan aktifkan fitur Quick Settings.

 
4 dari 5 halaman

Sistem One UI yang Selalu Berkembang

Fitur yang dijelaskan diatas hanya segelintir perbaikan dan penambahan fitur yang telah dilakukan pada sistem One UI.

Sebagian user masih akan mengharapkan fitur yang lebih bermanfaat untuk muncul di perangkat Samsung Galaxy melalui update software.

Dengan jaminan antara tiga hingga empat tahun update software untuk seluruh perangkat Samsung Galaxy, kamu tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan dan privasi saat menjelajah web, kerja melalui online, atau scrolling di sosial media.

5 dari 5 halaman

Infografis Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini