Sukses

iPhone SE 4 Digadang-gadang Akan Jadi yang Termurah, Segini Perkiraan Harganya

iPhone SE 4, penerus iPhone SE 3 rumornya memiliki desain mirip iPhone 14 dan harganya diprediksi mulai dari Rp 7,5 juta.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone SE 4 bisa menjadi pilihan bagi fans Apple (Apple fanboy) ingin mencari seri iPhone dengan anggaran terbatas.

iPhone SE 4 sendiri tampil sebagai penerus iPhone 3, lini ponsel Apple yang memang tampil dengan harga lebih terjangkau ketimbang model lainnya.

Walau Apple masih tutup mulut terkait iPhone SE 4 ini, rumor terkini mengungkap ponsel baru tersebut akan mengusung desain mirip dengan iPhone 14.

Kabarnya,  HP iPhone SE 4 ini akan sama-sama menggunakan panel layar OLED 6,1 inci dan notch seperti iPhone 14 dan iPhone 13.

Bicara soal performa, iPhone SE 4 diprediksi juga akan menggunakan chipset terpasang di iPhone 13 dan iPhone 14, yakni Apple A15 Bionic.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan Apple akan memasangkan chipset A16 seperti di iPhone 15.

Salah satu daya tarik utama iPhone SE 4 adalah harganya yang diprediksi akan tetap ramah di kantong.

Menurut Phone Arena, Sabtu (17/2/2024), harga iPhone SE 4 akan dibanderol mulai dari USD 499 (sekitar Rp 7,5 juta).

Harga ini terbilang murah dibandingkan iPhone 14 series dimulai dari USD 799 (sekitar Rp 12 juta).

Meskipun harganya murah, iPhone SE 4 tidak akan kehilangan fitur-fitur penting. HP Apple ini diyakini akan tampil dengan kapasitas memori internal paling kecil mulai dari 64GB.

iPhone SE sendiri memang terkenal tidak memiliki kemampuan kamera baik, sehubungan ponsel ini masuk ke dalam kategori "HP murah".

Rumor terkini, kamera iPhone SE 4 memiliki kemampuan 48MP. Ini peningkatan dari cuma 12MP di model sebelumnya.

iPhone SE 4 diprediksi akan menjadi pilihan ideal bagi pengguna menginginkan iPhone dengan harga terjangkau dan performa yang tangguh.

Desainnya ringkas dan nyaman digenggam, serta fitur-fitur lengkap, menjadikan iPhone SE 4 sebagai smartphone patut dipertimbangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain Mirip iPhone 14

Apple resmi umumkan iPhone SE (2020). (Doc: Apple)

Kata-kata Majin Bu yang menyebut iPhone SE 4 akan memiliki desain yang sangat mirip dengan iPhone 16 saat ini bisa aja merujuk pada iPhone 14, seperti yang disebutkan rumor-rumor sebelumnya.

Adapun penyebutan Majin Bu mengenai iPhone XR cukup mengalihkan perhatian. Apple Insider menilai, kemungkinan Bu merujuk pada iPhone SE 4 yang memiliki ukuran lebih besar ketimbang iPhone SE 3. Namun, iPhone SE 4 kemungkinan akan memakai desain iPhone 14 atau iPhone 16.

Sementara, rumor tentang satu kamera utama dan Dynamic Island sejalan dengan apa yang sebelumnya dibagikan.

 

3 dari 4 halaman

Usung Kamera 48MP

iPhone SE 2022 mengusung desain yang sama dengan iPhone SE 2020, dengan dukungan Touch ID. (Foto: Apple Newsroom).

Adapun kamera yang diusung kemungkinan adalah kamera 48MP agar sejajar dengan iPhone 15 dan iPhone 16 yang diduga juga menggunakan kamera 48MP.

Spesifikasi ini mungkin begitu wow untuk model budget Apple, namun di tahun 2025 atau tiga tahun setelah iPhone 14, hal ini akan jadi cukup umum.

Kalau bicara tentang bocoran dari Majin Bu, ia sebenarnya memiliki rekam jejak yang tak melulu benar seputar iPhone.

Pernah sebagian bocorannya begitu terpercaya, namun biasanya bocoran dari Bu justru serupa dengan bocoran dari orang lain.

 

4 dari 4 halaman

Baterai Besar?

Apple Rilis iPhone SE 2020: Wujud iPhone SE (2020). Apple resmi merilis smartphone terbaru mereka, yakni iPhone SE (2020). (Handout/Apple Inc./AFP)

iPhone SE 4 disebut-sebut akan debut di pasaran pada 2024, dan akan hadir dengan desain mirip iPhone 14.

Terkini, iPhone SE 4 bakal hadir dengan baterai yang Apple pakai untuk lini iPhone 14 mereka.

Informasi ini diungkap pertama kali oleh MacRumors, mengklaim prototipe iPhone SE 4 akan dilengkapi dengan baterai Li-Ion.

Mengutip GSM Arena, Senin (11/12/2023), baterai Li-Ion di iPhone SE 4 itu menggunakan kode A2863. Disebutkan, kode ini juga dipaki untuk iPhone 14 dan memiliki kapasitas 3,279 mAh.

Sumber anonim MacRumors mengklaim, dokumentasi desain internal iPhone SE 4 ini juga memperkuat rumor tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.