Sukses

Situs KawalPemilu: Cara Mudah dan Cerdas untuk Mengawal Hasil Pemilu 2024

Situs KawalPemilu 2024 adalah platform yang mengajak masyarakat untuk mengawal suara Pilpres 2024 dengan cara Unggah-Tulis-Kirim data formulir C.Hasil PPWP dari tiap TPS.

Liputan6.com, Jakarta - Semangat demokrasi kembali berkobar di Indonesia! Bertepatan dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, situs KawalPemilu kembali hadir.

Sempat vakum setelah Pilpres 2019, situs KawalPemilu hadir sebagai cara agar pemilih dapat mengawal suara mereka dalam pesta demokrasi di Indonesia.

Situs KawalPemilu terbuka untuk digunakan khalayak ramai, baik relawan dan saksi dari partai-partai politik, petugas KPPS, KPU, Bawaslu, maupun masyarakat.

Platform ini tidak memandang pilihan politik, dan didesain untuk mendeteksi berbagai kemungkinan kesalahan, seperti salah penjumlahan atau total perolehan suara melebihi jumlah pemilih.

Kehadiran situs KawalPemilu sendiri karena sampai sekarang belum ada pengumuman resmi terkait kelanjutan Situng KPU.

Selain itu, juga belum ada kepastian apakah formulir C.Hasil Salinan-PPWP akan dibuka ke publik seperti tahun 2014 dan 2019.

Apa Sih Platform KawalPemilu?

KawalPemilu adalah platform inisiatif urun-daya (crowdsourcing) warganet di Tanah Air dengan mengandalan data atau Pro Data.

Didirikan sejak 2014, platform ini bertujuan menjaga keabsahan suara rakyat di pemilu menggunakan teknologi real count cepat dan akurat.

Disebutkan, misi utama dari KawalPemilu adalah untuk mengawasi dengan cermat pelaksanaan dan penghitungan hasil Pemilu di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia.

Pihak umum atau politik dapat mengakses platform ini melalui tautan, yakni https://kawalpemilu.org/ untuk mengetahui perolehan sementar dari Pemilu 2024.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masyarakat Diundang Berpartisipasi!

KawalPemilu 2024. Liputan6.com/Iskandar

KawalPemilu mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam mengawal suara Pilpres 2024. Caranya mudah, ikuti langkah Unggah-Tulis-Kirim (UTK):

1. Unggah: Foto halaman 2 Formulir C.Hasil PPWP setelah penghitungan suara di TPS ke situs kawalpemilu.org.

2. Tulis: Masukkan angka perolehan suara tiap pasangan calon presiden/wakil presiden di kolom yang disediakan.

3. Kirim: Tekan tombol Kirim dan data Anda akan terkirim ke sistem KawalPemilu.

Siapapun Bisa Berpartisipasi!

Situs KawalPemilu terbuka untuk semua kalangan, baik relawan, saksi dari partai politik, petugas KPPS, KPU, Bawaslu, maupun masyarakat umum. Platform ini didesain untuk mendeteksi berbagai kemungkinan kesalahan, seperti salah penjumlahan atau total perolehan suara yang melebihi jumlah pemilih.

Harapan untuk Keterbukaan Data

Meskipun tanpa akses ke formulir C.Hasil Salinan-PPWP, KawalPemilu tetap berharap KPU akan membuka hasil pindai formulir tersebut ke publik. Hal ini penting untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas proses penghitungan suara.

Mari Kawal Suara Kita Bersama!

KawalPemilu 2024 merupakan bukti bahwa demokrasi di Indonesia terus berkembang. Partisipasi aktif rakyat dalam mengawal suara adalah kunci untuk mewujudkan pemilu yang bersih, jujur, dan adil.

3 dari 4 halaman

Respons Campur Aduk Warganet Lihat Hasil Quick Count Pemilu 2024

Ilustrasi X alias Twitter (Liputan6.com/Giovani Dio Prasasti)

Hasil quick count Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada hari ini, Rabu (14/2/2024), dari berbagai lembaga survey sudah masuk.

Berdasarkan hasil quick count LSI Denny JA dengan suara masuk 53,75 persen, Prabowo-Gibran memimpin perolehan suara sebesar 59.58 persen.

Sedangkan Anies-Muhaimin mengantongi suara sebesar 22,36 persen, dan Ganjar-Mahfud 18,06 persen.

Hasil ini perhitungan cepat Pemilu 2024 serentak ini juga menjadi sorotan warganet, khususnya di platform media sosial (medsos) X--dulunya bernama Twitter.

Sebagian besar netizen di Indonesia merasa terkejut, dan pasrah dengan hasil quick count 2024 sejumlah lembaga survey di Tanah Air tersebut.

4 dari 4 halaman

Respons Campur Aduk Warganet Soal Hasil Quick Count Pemilu 2024

Petugas melakukan pencoblasan surat suara saat simulasi Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Simulasi digelar untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait proses pemungutan dan penghitungan suara pemilu serentak tahun 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berikut adalah beberapa respons campur aduk warganet, sebagaimana dirangkum dari medsos X.

"Jujur gua sedih ngeliat hasil quick count, walau sebetulnya dah ketebak, tapi gue tetep kaget. kayak, bener-bener gak ada harapan kah? at least setidaknya w bangga ada di barisan ini. semangat semuanya," cuit @H****.

Akun @h**** di X menulis, "udah lemes bgt ini kak, gamau liat quick count lg😞."

"Anxiety nunggu hasil quick count sama kaya waktu gw nunggu hasil sbmptn," kata akun @n**** di medsos dulunya bernama Twitter.

"GUE DEG DEGAN WOY TIAP LIAT HASIL QUICK COUNT PEMILU😭😭," ucap @p****.

Akun @l**** mencuitkan, "hasil quick count ngagetin sih. Kirain bakal sengit gataunya overpower banget 02. Pas dibuka suara per daerah lebih ngagetin lagi wkwkwkwk jateng bali yg biasanya pdip, skrg mayoritas ke 02. Gilaaa."

"Masih berusaha optimis. ini baru quick count... kan?" cuit @m****.

"Melihat hasil quick count sementara ini, dapat dilihat pendukung 02 mulai meramaikan di X, padahal X merupakan basis pendukung 01 dan 03. Ini merupakan bukti bahwa pendukung 02 itu silent voters. Dia m diam menghanyutkan.....," tulis @B**** di medsos X Twitter. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.