Sukses

Isra Miraj Trending di X Twitter, Linimasa Banjir Doa dan Ucapan dari Warganet

Isra Miraj adalah peristiwa luar biasa yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Simak kisah, hikmah, dan ucapan selamat dari warganet di media sosial X.

Liputan6.com, Jakarta - Isra Miraj yang jatuh pada hari ini, Kamis (8/2/2024), diperingati meriah oleh umat muslim di seluruh negara di dunia.

Isra Miraj adalah dua perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Isra sendiri berarti perjalanan malam, dan Miraj adalah naik ke atas dengan tangga.

Ini menjadi salah satu bukti kebesaran Allah SWT dan keistimewaan Nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya, sebab pada peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapat perintah untuk menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.

Tak hanya disemabut meriah di dunia nyata, peringatan Isra Mikraj juga mendapat antusiasme tinggi di dunia maya, khususnya di platform media sosial X--sebelumnya Twitter.

Berbagai ucapan, doa, dan renungan bermunculan dengan menggunakan tagar #IsraMiraj, dan keyword Allah SWT dan Rasulullah SAW pun trending topic di X hari ini.

Hingga berita ini di-publish, sudah ada sekitar 1,234 unggahan di platform media sosial milik Elon Musk tersebut.

Berikut beberapa ucapan selamat yang mengalir di media sosial X:

"Baru kali ini dengar tauziah ttg cerita di balik Isra Miraj...Dn gada kalimat yg tepat utk menggambarkan kekaguman ku ...Masyaa Allah," kata @A****.

"Selamat memperingati Isra Mi'raj.. Semoga kita selalu menjalankan teladan Rasulallah. Aamiin 🤲🙏," cuit @r**** di X Twitter.

Akun @h**** menulis, "On this holy occasion of Al Isra’a Wal Mi’raj 2024 wishes you peace and happiness🇵🇸🫶🏻."

"Selamat memperingati Isra Miraj 1445 H. Semoga setiap perjalanan yang kita tempuh mendapatkan hidayah dan ridho-Nya. 🙏 #IsraMiraj #IsraMiraj1445H," ujar @m****.

Akun @B**** mencuit di Twitter, "Isra Miraj merupakan momen penting yang dijalani Nabi Muhammad SAW hingga berbuah perintah Allah SWT untuk menjalankan salat lima waktu. Maka jangan pernah tinggalkan salat. #IsraMiraj"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Kebiasan Unik di Indonesia Saat Isra Miraj

Ilustrasi Isra Miraj. (Image by pikisuperstar on Freepik)

Indonesia, dengan keragaman budaya dan tradisinya, memiliki beragam kebiasaan yang unik dan menarik. Beberapa di antaranya telah menjadi bagian dari sejarah panjang negara ini, bahkan mungkin terkait dengan peristiwa-peristiwa besar seperti Isra Miraj.

Di bawah ini adalah lima kebiasaan unik yang mungkin dilakukan oleh masyarakat Indonesia sebelum atau saat perayaan Isra Mi'raj. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia:

1. Membaca Al-Quran Bersama-sama

Sebagai peringatan peristiwa Isra Mi'raj, masyarakat Indonesia sering kali mengadakan acara membaca Al-Quran bersama-sama di masjid atau rumah-rumah. Ini adalah kebiasaan yang menunjukkan rasa solidaritas dan kebersamaan dalam merayakan peristiwa penting dalam agama Islam.

2. Menghias Rumah dengan Lampu-lampu

Sebelum atau saat Isra Mi'raj, banyak rumah di Indonesia yang dihias dengan lampu-lampu atau lentera-lentera, terutama di daerah-daerah pedesaan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan dan perayaan terhadap malam yang dianggap sakral dalam agama Islam.

 

3 dari 3 halaman

3. Memperbanyak Amalan Keagamaan

Ilustrasi Peristiwa Isra’ dan Mi’raj (Sumber: Bersamadakwah)

Di tengah semangat menjalankan ibadah di bulan yang dianggap istimewa ini, masyarakat Indonesia cenderung memperbanyak amalan keagamaan, seperti shalat sunnah, sedekah, dan dzikir. Kebiasaan ini mencerminkan pentingnya spiritualitas dan ketaatan agama dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menyajikan Hidangan Khas

Saat merayakan peristiwa Isra Mi'raj, banyak keluarga di Indonesia yang menyajikan hidangan khas untuk bersama-sama dinikmati. Hidangan ini bisa berupa makanan tradisional seperti ketupat, opor ayam, atau kue-kue khas yang menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi perayaan agama di Indonesia.

5. Melakukan Tahlilan dan Selawatan Bersama

Selain membaca Al-Quran, kegiatan tahlilan dan selawatan juga menjadi bagian dari tradisi peringatan Isra Mi'raj di Indonesia. Masyarakat berkumpul di masjid atau di rumah-rumah untuk bersama-sama mengingat dan memuji Allah SWT serta memohon berkah dan rahmat-Nya.

Kebiasaan-kebiasaan ini bukan hanya merupakan ekspresi dari keimanan dan kebersamaan umat Islam di Indonesia, tetapi juga menjadi warisan budaya yang berharga yang terus dilestarikan dari generasi ke generasi. Dengan menjaga dan menghargai keberagaman ini, Indonesia terus mengukuhkan identitasnya sebagai negara yang kaya akan nilai-nilai agama dan budaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini