Sukses

Samsung Bakal Bekali Galaxy Z Flip 6 dengan Baterai Lebih Besar

Menjawab persoalan baterai Galaxy Z Flip 5 yang dianggap terlalu kecil, Samsung dilaporkan berencana untuk meningkatkan kapasitas baterai Galaxy Z Flip 6.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan bakal meningkatkan kemampuan baterai penerus Galaxy Z Flip 5. Hal ini disebut untuk menjawab persoalan baterai seri Flip yang dianggap terlalu kecil.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (31/1/2024), Samsung dikabarkan akan menjawab persoalan tersebut. Dari laporan terbaru, Galaxy Z Flip 6 akan memiliki baterai berkapasitas 4.000mAh, naik dari pendahulunya yang hanya memiliki 3.700mAh.

Sama seperti perangkat layar lipat lainnya, menurut laporan, kapasitas total baterai smartphone ini akan dibagi dua. Satu bagian akan memiliki kapasitas 1.097mAh, sedangkan sisi lainnya memiliki kapasitas 2.790mAh.

Secara keseluruhan, gabungan kedua baterai Galaxy Z Flip 6 itu berjumlah 3.887mAh. Namun kapasitas tersebut biasanya akan diartikan memiliki kapasitas 4.000mAh.

Selain kapasitas baterai, bocoran lain juga sempat mengungkap spesifikasi lain dari smartphone ini. Dari bocoran sebelumnya, Galaxy Z Flip 6 disebut akan memiliki layar cover berukuran 3,9 inci.

Ukuran tersebut sedikit lebih besar dari Galaxy Z Flip 5 yang memiliki layar cover 3,4 inci. Sementara untuk lensa utama, HP layar lipat ini dikabarkan akan beresolusi 50MP, naik dari 12MP yang ada di pendahulunya.

Bersama dengan Galaxy Z Flip 6, Samsung juga dilaporkan akan meluncurkan Galaxy Z Fold 6. Pada versi terbaru ini, Samsung disebut akan melakukan sejumlah perubahan. 

Berdasarkan informasi dari tipster kenamaan naver, Galaxy Z Fold 6 akan memiliki layar luar dan dalam lebih besar, dari sisi rasionya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bocoran Terbaru Samsung Galaxy Z Fold 6: Usung Layar Lebih Lebar dan Bodi Ringan

Selain dari ukuran layar luar dalam, Naver menyebutkan desain penerus Galaxy Z Fold 5 ini juga akan diadopsi Samsung ke lini Galaxy S25 mendatang.

Sebagai gambaran, layar luar Galaxy Z Fold 5 memiliki ukuran aspek rasio 23.1:9. Namun rumor beredar, layar di ponsel lipat tersebut akan menggunakan ukuran 19.5:9--seperti di Galaxy S23.

Disebutkan, perusahaan juga sedang mencari cara agar ponsel layar lipat barunya itu lebih ringan dan mengurangi bekas lipatan.

Sumber yang sama juga mengatakan, Galaxy Z Flip 6 bakal mengalami peningkatan ukuran layar menjadi lebih besar. 

Tak hanya itu, ponsel ini juga akan hadir dengan bezel lebih tipis ketimbang di HP Samsung Galaxy Z Flip 5 yang berukuran 3.4 inci.

 

3 dari 3 halaman

Samsung Berencana Rilis Galaxy Z Fold 6 Versi Murah

Di samping itu, berdasarkan laporan The Elec via 9to5Google seperti dikutip dari Android Police, Minggu (27/1/2024), Samsung mempertimbangkan untuk meluncurkan alternatif seri Galaxy Z Fold yang dibanderol dengan harga lebih murah.

Disebutkan, smartphone ini diprediksi akan diluncurkan bersama dengan seri Galaxy Z Fold 6 dan Galaxy Z Flip 6. Menurut laporan, kedua smartphone itu akan diluncurkan pada paruh kedua 2024.

Langkah ini disebut menjadi strategi Samsung untuk merengkuh lebih banyak pasar HP layar lipat di Tiongkok. Sekadar informasi, pemain HP layar lipat di negara itu terbilang sudah cukup banyak, mulai dari Huawei, Honor, Xiaomi, hingga Oppo.

Samsung sendiri, berdasarkan data firma riset pasar Omdia, berada di posisi ketiga pangsa pasar smartphone layar lipat di Tiongkok. Adapun Honor berada di urutan pertama, dan disusul oleh Huawei.

Oleh sebab itu, strategi ini disebut menjadi langkah perusahaan asal Korea Selatan tersebut untuk menjangkau pasar lebih luas, terutama konsumen yang menginginkan HP layar lipat dengan harga lebih terjangkau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.