Sukses

Nintendo Switch 2 Bakal Usung Layar Berukuran 8 Inci?

Nintendo Switch 2 dikabarkan akan memiliki layar 8 inci, lebih besar dari generasi sebelumnya. Namun, Nintendo belum mengonfirmasi kebenaran rumor ini atau mengungkap spesifikasi konsol barunya.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, tersiar kabar Nintendo Switch 2 akan hadir dengan ukuran layar lebih besar dari generasi sebelumnya.

Menurut laporan analis Omdia, Hiroshi Hayase, via Bloomberg, Minggu (28/1/2024), Nintendo Switch 2 bakal hadir dengan layar berukuran 8 inci.

Walau belum dapat dikonfirmasi, konsol baru milik Nintendo tersebut dijadwalkan meluncur pada tahun ini.

Berdasarkan laporan dari Sharp--produsen layar---pada 2023, Switch 2 diyakini menggunakan panel layar LCD--sama seperti generasi pertama, dan lebih rendah ketimbang dari Nintendo Switch OLED.

Bila rumor ini benar, maka ukuran layar 8 inci terbilang besar untuk sebuah konsol handheld gaming yang mobile alias dibawa kemana-mana.

Sebagari perbandingan, konsol generasi pertama Switch memiliki ukuran layar 6,2 inci, Switch OLED 7 inci, dan Steam Deck OLED menggunakan layar 7,4 inci.

Meski ukuran layar ini dapat memperlihatkan grafis lebih luas, akan menarik bagaimana Nintendo mendesain Switch 2 agar tidak terlihat besar dan berat.

Nintendo dapat mengurangi lebar bezel lebih jauh, namun akan sulit untuk memuat layar 8 inci pada bodi Switch saat ini.

Perusahaan Jepang itu juga belum secara terbuka mengonfirmasi keberadaan konsol berikutnya, apalagi mengatakan tentang bentuk atau spesifikasi Switch 2.

Sebelumnya, perusahaan video game ini akan merilis produk terbarunya, Nintendo Switch OLED: Mario Red. Edisi ini merupakan edisi spesial Mario, karakter video game terpopuler Nintendo.

Dilansir Engadget, edisi terbaru ini menampilkan konsol, dock, dan pengontrol Joy-Con dengan warna merah yang identik dengan tokoh Mario.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nintendo Switch OLED: Mario Red

Nintendo Switch Mario Red. (nintendo.com)

Di bagian belakang dock terdapat siluet Mario dan terdapat koin tersembunyi. Desain baru ini hanya tersedia pada model OLED, yang mana ini adalah model andalan perusahaan.

Dilaporkan Cnet, Nintendo Switch edisi terbaru ini akan dirilis menjelang perilisan Super Mario Bros. Wonder.

Platformer 2D yang akan dirilis pada 20 Oktober mendatang, akan dibintangi oleh Mario dan karakter-karakter lainnya, seperti Luigi, Yoshi, Princess Peach, Toad, dan Daisy. Termasuk juga gajah yang kini telah turut ditampilkan serta bor dan gelembung baru pada permainan.

Nintendo Switch OLED: Mario Red akan dirilis pada 6 Oktober 2023. Meskipun baru akan dirilis bulan depan, saat ini kamu sudah bisa melakukan pre-order di situs web toko online resmi Nintendo.

Video game ini dibaderol USD 350 atau setara dengan Rp 5,3 juta. Harga ini sama dengan harga Nintendo OLED standar.

Dan untuk pengirimannya sendiri, diperkirakan akan dimulai pada Oktober setelah perilisan produk video game ini. 

3 dari 4 halaman

Nintendo Pernah Merilis Nintendo Switch Edisi Mario pada 2021

Nintendo Switch Mario Red and Blue telah dulu rilis pada tahun 2021. (Pexels/Pixabay)

Ternyata bukan kali ini saja Nintendo merilis edisi spesial Mario. Pada tahun 2021 lalu, perusahaan video game ini juga mengeluarkan edisi Mario, Nintendo Switch Mario Red and Blue.

Dilansir IGN, edisi ini dirilis pada bulan Februari 2021 dan diperbanyak stoknya untuk merayakan Hari Mario yang jatuh setiap tanggal 10 Maret.

Fungsi pada Nintendo Switch ini sama seperti pada Switch lainnya. Nintendo Switch Mario Red and Blue dirangkai sesuai dengan pakaian yang dikenakan oleh Mario.

Sama dengan Nintendo Switch OLED: Mario Red, tampilan dari Nintendo Swicth yang dirilis hampir tiga tahun lalu ini memiliki tampilan berwarna merah pada bagian Joy-Cons, casing, dan dudukannya. Hanya saja yang, membedakan adalah pegangan Joy-Con dan tali pergelangan Joy-Con pada Nintendo Switch Mario Red and Blue diberi warna biru. 

4 dari 4 halaman

Super Mario Bros. Wonder Bakal Rilis

Nintendo Resmi Memperkenalkan Switch Lite (sumber: Nintendo)

Nintendo resmi mengumumkan game Super Mario terbaru yang mengusung konsep side-scrolling 2D. Game baru bernama Super Mario Bros. Wonder ini akan hadir untuk Nintendo Switch dan memiliki karakter yang lebih ekspresif. 

Meskipun telah memiliki banyak proyek game Mario 3D yang populer dan sukses di pasaran, Nintendo rupanya tidak ragu untuk kembali ke pengalaman permainan klasik.  

Kembali ke mode klasik, Nintendo menggambarkan game baru Super Mario ini sebagai evolusi berikutnya dari mekanisme side scrolling 2D di seri ini.

Perlu diketahui, game side scrolling adalah salah satu jenis game dengan sudut pandang kamera di samping karakter dan seolah-olah mengikuti pergerakan pemain untuk mencapai target atau suatu lokasi. 

Bagi pemain Nintendo Switch yang tertarik dengan game ini, Super Mario Bros. Wonder sudah bisa dipesan melalui masa pre-order dengan harga USD59,99 atau sekitar Rp 900 ribuan. 

Namun, game ini baru akan dirilis secara resmi dan dapat dimainkan pada tanggal 20 Oktober 2023 mendatang.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.