Sukses

Acer Manufacturing Dukung Industri Laptop Dalam Negeri yang Patuh TKDN 

12 tahun sejak kehadiran pertamanya di Indonesia, Acer Manufacturing Indonesia (AMI) berupaya mendukung industri laptop dalam negeri, salah satunya dengan mematuhi TKDN, komitmen keberlanjutan, hingga melakukan transfer teknologi terhadap para pekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Fasilitas produksi Acer di Indonesia yang berada di bawah naungan Acer Manufacturing Indonesia (AMI) kini telah 12 tahun beroperasi di Indonesia, sejak hadir pada Januari 2012.

Fasilitas produksi ini berupaya memproduksi produk laptop dengan standar global untuk pasar dalam negeri maupun yang diekspor ke luar negeri.

Berbagai produk yang telah dibuat AMI meliputi laptop, desktop, all-in-one PC, mini PC, proyektor, server, hingga monitor. Bahkan AMI berencana hadirkan lini produk baru untuk mendukung smart office hingga pendidikan interaktif melalui interactive flat panel (IFP).

AMI juga mengklaim kalau pihaknya terus berupaya mengembangkan talenta-talenta lokal serta memakai sumber daya dalam negeri dan lakukan transfer teknologi. Chief Operator Officer Acer Indonesia Leny Ng menyebut, selama 12 tahun Acer berkomitmen menghadirkan produk-produk inovatif yang diterima pelanggan.

"Melalui fokus terhadap peningkatan kualitas produk yang berkelanjutan, AMI secara konsisten menghadirkan produk buatan dalam negeri dengan standar global yang dapat memenuhi kebutuhan teknologi pasar Tanah Air dan ekspor," kata Leny, dikutip dari keterangan, Minggu (28/1/2024).

Dukung Industri Dalam Negeri Lewat TKDN

Acer juga berkomitmen mendukung industri nasional dan mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk laptop lokal melalui hadirnya Acer Manufacturing Indonesia (AMI).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komitmen Penuhi TKDN Laptop

Saat ini, Acer mencapai BMP dan TKDN dengan nilai lebih dari 40 persen untuk berbagai produknya. Misalnya, Chromebook Acer dengan TKDN tercatat mencapai 41 persen.

Lalu, laptop Windows Acer TravelMate P414 dengan TKDN mencapai 43,88 persen, desktop Acer Veriton M dengan kandungan TKDN mencapai 43,50 persen, serta mini PC dengan kontribusi TKDN mencapai 41,45 persen.

Untuk menjamin mutu produk yang dihasilkan, AMI juga menerapkan sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Kualitas dan Peningkatan Mutu. Lalu juga ISO 14001:2015 untuk Sistem Manajemen Lingkungan, dan tidak lupa ISO 45001:2018 untuk Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Dengan seluruh sertifikasi tersebut, AMI menjamin proses produksi yang berjalan sesuai dengan standar nasional dan internasional.

3 dari 4 halaman

Pangsa Pasar Acer di Indonesia Sentuh 50 Persen

Berbagai sertifikasi yang dimiliki membuat Acer jadi salah satu perusahaan ICT terdepan dalam hal inovasi serta kontributor dalam riset dan pengembangan untuk produk produk IT.

Saat ini, Acer menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar nasional. Acer juga jadi pemimpin pasar laptop dengan TKDN di kalangan lembaga pemerintah.

Acer juga mengklaim kalau perusahaannya mendukung pelestarian lingkungan. Hal ini diwujudkan dengan integrasi material ramah lingkungan berupa ocean-bound plastic pada sejumlah perangkat laptop yang diproduksi oleh AMI.

4 dari 4 halaman

Penggunaan Material Daur Ulang untuk Kemasan Laptop

Kemasan seluruh produk yang diproduksi AMI juga memakai material daur ulang untuk memastikan upaya keberlanjutan.

Dalam hal penyerapan tenaga kerja, AMI pun ikut mengembangkan potensi anak muda melalui pelatihan dan pengembangan dan pada gilirannya berkontribusi pada perekonomian Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.