Sukses

iPhone Ini Masih Menyala Usai Jatuh dari Pesawat Alaska yang Jendelanya Lepas Saat Terbang

Unik tapi nyata, sebuah iPhone masih menyala usai diduga terjatuh dari pesawat Alaska Airlines nomor penerbangan ASA 1282 yang jendelanya lepas saat penerbangan dari Portland ke Ontario.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, viral sebuah pesawat yang jendelanya terlepas saat sedang terbang di ketinggian 4.876 meter.

Usut punya usut, pesawat itu merupakan milik maskapai Alaska Airlines jenis Boeing 737-9 Max dengan nomor penerbangan ASA 1282.

Pesawat ini terbang dari bandara Portland di negara bagian Oregon menuju bandara Ontario, California, AS. Namun tak lama setelah lepas landas, lubang mengaga akibat panel jendela terlepas di udara membuat pesawat Alaska Airlines ASA 1282 kembali ke bandara Portland.

Belakangan, ada kejadian unik tapi nyata yang menyertai insiden jendela pesawat copot itu. Sebagaimana dikutip dari Livemint, Rabu (10/1/2024), sebuah iPhone ternyata ikut terhempas ketika jendela pesawat tujuan Ontario itu terlepas.

Uniknya, iPhone milik seorang penumpang itu masih bisa menyala meski jatuh dari ketinggian yang dimaksud.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS mengonfirmasi bahwa mereka menemukan iPhone yang masih menyala setelah jatuh dari ketinggian ribuan kaki di atas tanah.

Hingga saat ini, model iPhone yang dimaksud belum ketahuan. Namun diduga merupakan iPhone 14 Pro atau iPhone 15 Pro.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone Masih Aman dan Tak Rusak

iPhone tersebut ditemukan masih terlindungi oleh hard case. Casing memang biasa dipakai oleh pengguna untuk melindungi ponsel saat terjatuh, tapi tentu bukan dimaksudkan untuk melindungi iPhone ketika jatuh dari pesawat ketinggian ribuan kaki di atas tanah.

Informasi ini pertama kali dibagikan di media sosial X alias Twitter oleh pengguna dengan akun @SeanSafyre atau Seanathan Bates. Dalam akun X-nya, ia mengunggah cuitan berupa sebuah gambar iPhone yang diduga jatuh dari pesawat Alaska Airlines ASA 1282.

"Menemukan sebuah iPhone di sisi jalan. iPhone ini masih dalam mode Pesawat dan baterainya masih separuh serta terbuka pada laman klaim bagasi untuk #AlaskaAirlines ASA1282. Selamat selama 16.000 kaki jatuh dan masih utuh sempurna.

3 dari 4 halaman

Bukan iPhone Pertama yang Ditemukan

Ketika saya melapor, Zoe di @NTSB mengatakan bahwa ini adalah telepon kedua yang ditemukan. Belum ada pintu hingga saat ini," katanya dengan emoji 😅

iPhone tersebut ditemukan di Barnes Road. iPhone yang ditemukan itu memperlihatkan daya tahan yang mengagumkan karena tetap dalam kondisi sempurna meski terjatuh bebas dari ketinggian ekstrem.

Perangkat tersebut tak hanya berfungsi, tetapi juga masih memiliki setengah daya baterai dengan mode Pesawat masih aktif serta mode panggilan SOS.

 

4 dari 4 halaman

65 Pesawat Alaska Airlines Tak Beroperasi

Sementara itu, menanggapi terjadinya insiden mengerikan di udara, maskapai Alaska Airlines sementara waktu menghentikan operasional 65 pesawat Boeing 737-9 nya.

Kejadian ini terjadi akibat pecahnya jendela dan sebagian bagian pesawat. Pada gilirannya, ini menyebabkan pendaratan darurat di Oregon. 174 penumpang dan enam anggota kru di dalamnya selamat saat pendaratan terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.