Sukses

Canva Ungkap 5 Tren Desain yang Bakal Populer di 2024, Cocok Buat Ide Konten Visual

Canva mengungkapkan ada lima tren desain 2024 yang bisa dicoba dalam membuat konten visual tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Di pengujung tahun 2023 kemarin, platform desain Canva mengungkapkan sejumlah desain yang mereka prediksikan bakal banyak digunakan di tahun 2024 ini.

Hal ini dimuat dalam 2024 Design Trends Report Canva, yang memberikann gambaran mengenai tren mana saja yang akan jadi besar tahun ini.

Gambaran ini berdasarkan desain dari 170 juta pengguna global Canva, sehingga bisa jadi informasi yang penting buat para desainer, pemasar, dan siapa pun yang sering menciptakan konten visual tahun 2024.

Mengutip keterangan tertulisnya, Jumat (5/1/2024), berikut ini lima desain yang akan jadi tren di tahun 2024, menurut Canva:

1. Pixelation

Tren desain grafis ini memiliki dasar dari video game dan animasi komputer 8-bit klasik, untuk memberikan rasa nyaman dan nostalgia. Huruf berbentuk kotak dan pixel art sangat cocok dengan tren ini.

2. Flow and Form

Flow and Form menggabungkan bentuk-bentuk geometrik dan organik. Tren ini sepenuhnya mengenai vibe yang profesional dan penuh kehidupan melalui blob art yang playful, bentuk-bentuk yang mengalir di mural dan merek-merek yang berjiwa muda.

3. Motion Collage

Tren desain motion collage berasal dari kultur zine, scrapbook buatan tangan dan kolase foto untuk menciptakan tampilan yang rumit dan berubah-ubah.

4. Surrealism

Desain ini terinspirasi dari pergerakan seni di abad ke-20, seni fantasi, desain ethereal dan aneh. Hubungan di bawah sadar adalah inti dari tren ini. Menurut Canva, ini akan jadi salah satu tren desain 2024.

5. The Bold Rebrand

Bayangkan skema warna cerah dan berpendar serta huruf sans serif bulat. Organisasi yang ingin berubah secara generasional akan menggunakan tren ini untuk menyalurkan hal positif, keseruan dan optimisme.

Canva mengatakan seiring dengan evolusi berbagai perusahaan di industri yang sangat kompetitif, untuk memberikan pengalaman pengguna dan persepsi brand yang sangat baik, bisa jadi yang terdepan dalam tren desain dengan cepat menjadi prioritas bisnis.

"Bisa tetap selaras dengan tren-tren ini memungkinkan para desainer untuk menciptakan produk yang sesuai dengan audiens target mereka – menangkap perhatian dan memberikan kesan pertama yang positif," kata perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Aplikasi Desain Canva

Untuk menggunakan aplikasi desain Canva, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan situs web Canva.com atau menginstal aplikasi Canva di Google Play Store.

Caranya cukup mudah, kunjungi situs web Canva.com atau buka aplikasi Canva yang telah terinstal di perangkat kamu. Kemudian klik "Sign Up". Ketikkan alamat email kamu yang aktif, atau bisa juga pilih authorize access dengan menggunakan akun google atau Facebook kamu.

Langkah selanjutnya, lengkapi data diri kamu dan klik "Sign Up" untuk mengaktifkan akun. Setelah aktif, kamu sekarang bisa mengakses semua layanan gratis dari Canva.

Namun, apabila kamu ingin mendapatkan layanan dan fitur-fitur yang lebih lengkap, kamu bisa meng-upgrade akun Canva kamu menjadi premium atau berbayar.

Layanan yang hanya bisa digunakan oleh pengguna berbayar adalah fitur penghapus latar belakang pada foto, penggunaan template; elemen; dan font tanpa batas, serta penghapus objek pada foto.

3 dari 3 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Canva

Sebagai aplikasi desain yang populer dan memberikan banyak fitur gratis, tentunya Canva memiliki nilai plus bagi para penggunanya. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, hal ini tidak membuat Canva terlepas dari adanya kekurangan.

Kelebihan-kelebihan aplikasi ini selain memberikan layanan gratis adalah kemudahan aksesnya diberbagai perangkat. Canva tersedia dalam cersi aplikasi dan situs web.

Selain itu, penyimpanannya otomatis. Jadi jika kamu tanpa sengaja keluar dari kertas desain yang sedang dikerjakan, jangan khawatir. Desain kamu akan otomatis tersimpan.

Adapun kekurangannya adalah dalam mengoperasikan aplikasi ini harus dalam keadaan online dan jaringan internet yang digunakan harus benar-benar bagus. Fitur-fitur gratis juga hanya tersedia terbatas.

Meskipun demikian, aplikasi ini sangat berguna dan membantu pengguna dalam mengerjakan desain yang dibutuhkan. Terbukti aplikasi ini telah diunduh sebanyak 100 juta lebih dan mendapat rating 4,8 di Google Play Store.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.