Sukses

YouTube hingga Mobile Legends Bikin Trafik Indosat Naik 11,5 Persen saat Natal dan Tahun Baru

Aplikasi YouTube, WhatsApp, hingga gim Mobile Legends diprediksi membuat trafik internet Indosat naik 11,5 persen saat momen Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Pada momen Natal dan Tahun Baru, operator seluler meningkatkan kapasitas jaringannya dibandingkan dengan hari biasanya. Pasalnya pada kedua momen ini, peningkatan trafik internet diprediksi jauh melampaui trafik normal harian.

Untuk menjaga komunikasi terutama internetan tetap lancar saat momen Natal dan Tahun Baru, Indosat Ooredoo Hutchison alias Indosat mengoptimalkan jaringan di 434 lokasi prioritas.

Perusahaan hasil merger Indosat Ooredoo dan Hutchison Tri Indonesia ini juga meningkatkan kapasitas jaringan di 527 titik.

Dengan penambahan ini, Indosat kini menyediakan kapasitas sekitar 33 persen lebih besar dibandingkan rata-rata trafik data harian.

Indosat memerkirakan, terjadi lonjakan trafik data sekitar 11,5 persen dibandingkan rata-rata trafik data harian.

Rupanya menurut perkiraan perusahaan, peningkatan trafik ini dipicu oleh penggunaan aplikasi-aplikasi populer. Aplikasi yang dimaksud antara lain:

Untuk memastikan layanannya tetap berjalan dengan baik, Indosat juga melakukan uji coba jaringan di wilayah yang diperkirakan jadi jalur perjalanan populer selama liburan Natal dan Tahun Baru.

Jalur yang dimaksud mulai dari Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, sampai ke Balikpapan. Menurut hasil pengujian Indosat, jaringan mereka cukup optimal dari segi kecepatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Command Center yang Didukung AI

Indosat pun mengaktifkan Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation Center (ISOC).

Command Center ini didukung oleh Network Operation Center berbasis Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi, untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan.

Command Center ini proaktif memonitor area publik yang diperkirakan akan mengalami lonjakan trafik. Misalnya bandara, alun-alun, terminal bus, stasiun kereta, pelabuhan, tempat ibadah, lokasi wisata, dan pusat perbelanjaan.

Selain itu, kota-kota yang menjadi tujuan liburan Natal dan Tahun Baru juga terus dipantau. Misalnya Bogor, Tegal, Kuningan, Lamongan, Nusa Tenggara Barat, Binjai, Banjarbaru, dan Gorontalo. Pasalnya kota-kota tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan trafik data tertinggi di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Menghubungkan Masyarakat Indonesia

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, menyatakan, Indosat memiliki tujuan untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

"Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, kami mewujudkan komitmen ini melalui penyediaan konektivitas terbaik agar masyarakat dapat melewati momen Natal dan Tahun Baru bersama orang terkasih dengan nyaman,” kata Vikram.

Adapun Indosat kini hadirkan layanan konektivitas melalui tiga brand, yakni IM3, Tri, dan Indosat HiFi.

 

4 dari 4 halaman

CSR Indosat

Masih di momen Natal dan Tahun Baru, menurut Vikram, Indosat juga berbagi kehangatan dengan anak-anak di Panti Asuhan dengan harapan dapat menambah kegembiraan mereka dalam merayakan Natal dan Tahun Baru.

Ada lebih dari 5600 anak yatim di seluruh Indonesia yang mendapatkan bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) di pilar Filantropi.

“Periode akhir tahun menjadi momentum yang tepat untuk menutup perjalanan Indosat selama satu tahun penuh dalam menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia. Memastikan konektivitas dan berbagi dengan mereka yang membutuhkan menegaskan konsistensi kehadiran Indosat sebagai bagian tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat di Indonesia” kata Vikram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.