Sukses

iOS 17.2 Hadirkan Opsi Ubah Nada Notifikasi Default iPhone, Begini Cara Menggunakannya

Apple merilis iOS 17.2 dan menyertakan opsi untuk mengubah nada notifikasi default di iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Nada default Rebound yang disertakan dalam pembaruan iOS 17 beberapa waktu lalu tidak terlalu menarik bagi pengguna. Namun, kini pengguna memiliki opsi untuk mengubah nada notifikasi default tersebut.

Baru-baru ini, Apple merilis iOS 17.2 dan menyertakan opsi untuk mengubah nada notifikasi default di iPhone. Demikian seperti dikutip dari News18, Jumat (29/12/2023).

Apple telah mengizinkan pengguna untuk menyesuaikan nada dering default, nada teks, dan bahkan mengatur peringatan berbeda untuk email dan pengingat. 

Adapun untuk menggunakan fitur baru di iOS 17.2 ini, pengguna bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka aplikasi Pengaturan di iPhone.
  • Cari 'Sound and Haptics', kemudian pilih.
  • Ketuk 'Peringatan Default'.
  • Pilih salah satu nada dari berbagai pilihan yang disediakan oleh Apple, atau bisa pula membeli nada baru dari iTunes Store.

Selain menghadirkan opsi untuk mengubah notifikasi default, iOS 17.2 juga menghadirkan pembaruan lain, seperti aplikasi Jurnal baru dan kemampuan merekam Video Spasial untuk headset realitas campuran Vision Pro yang akan datang.

Dalam update iOS 17.2 ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu juga menambahkan opsi Translate untuk Action Button di iPhone 15 Pro, playlist Favorite di Apple Music, dan lainnya.

Untuk diketahui, iOS 17.2 tersedia untuk semua perangkat yang mendukung pembaruan iOS 17, termasuk iPhone XS dan versi lebih baru mendapatkan fungsi ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Fitur-Fitur Baru pada iOS 17.2

1. Journal

Update iOS 17.2 akhirnya memperkenalkan aplikasi Journal, setelah sebelumnya Apple mengumumkan aplikasi ini saat peluncuran iOS 17 beberapa bulan lalu.

Disebutkan, pengguna iPhone dapat mencatat seluruh aktivitas dan ide sehari-hari mereka di Journal. Tak hanya itu, Apple juga menyediakan petunjuk opsional sebagai inspirasi ide dan aktivitas sehari-hari.

Pengguna iPhone dapat menambahkan entri di aplikasi Journal ini dengan mengetuk tombol "+", dan memilih saran sebagai dasar penulisan.

Atau pengguna cukup pilih "New Entry" atau "Entri Baru" untuk mulai menulis apa pun yang diinginkan di Journal App.

2. Stiker Reaksi di Apikasi Messages

Pengguna iPhone dengan iOS 17.2 dapat menambahkan respons stiker di aplikasi Messages, dengan cara menekan lama gelembung chat.

Tap "Add Sticker" atau "Tambahkan Stiker" memungkinkan pengguna iPhone untuk memilih stiker atau emoji dipakai saat chatting di iMessage.

3 dari 4 halaman

3. Perekaman Video Spasial

Khusus untuk pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, kini Anda dapat merekam video spasial setelah update ke iOS 17.2.

Nantinya, hasil rekaman spasial ini dapat dilihat di aplikasi Photos pada headset Vision Pro yang akan dirilis tahun depan.

Anda dapat mengaktifkan fitur perekaman video spasial ini dengan membuka aplikasi Pengaturan > Kamera > Format, dan aktifkan "Video Spasial untuk Apple Vision Pro.

Perusahaan engatakan, agar hasil rekaman video spasial lebih bagus maka iPhone harus stabil dalam orientasi lanskap saat merekam video.

Video direkam pada 30 frame per detik pada 1080p, dan video satu menit saja berukuran 130MB.

4. Opsi Translate di Action Button

Fitur khusus untuk pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max adalah opsi Translate untuk Action Button.

Bila Action Button diatur untuk Translate atau Terjemahkan, maka Anda cukup tahan tombol di iPhone untuk memunculkan jendela Translate.

Nantinya, aplikasi akan mendengarkan pembicaraan. Apple mengatakan, fitur Translate ini dapat menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Cek Apa iPhone Kamu Dapat Update iOS 17.2

  • Pertama, kamu bisa masuk ke Setting di iPhone kamu.
  • Lalu, dari situ pilih opsi General/ Umum.
  • Selanjutnya kamu cek Update Software atau Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Jika update software tersedia, akan muncul nama software terbaru yang bisa kamu update.
  • Lalu, pilih Download and Install.
  • Sementara, kalau tak ada sistem operasi terbaru, iPhone kamu akan memperlihatkan tidak ada software baru untuk diunduh.

Tulisan yang muncul di layar iPhone adalah tipe software iOS dan "Your software is up to date."

Sayangnya tidak semua iPhone akan mendapatkan update iOS 17. Satu-satunya cara Anda dapat menikmati OS baru Apple ini adalah dengan meng-upgrade iPhone lawas ke yang lebih baru.

Perlu diingat, Anda harus mempersiapkan kapasitas storage sebesar 3GB untuk download iOS baru ini, daya baterai di atas 30 persen, dan koneksi internet yang stabil dan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.