Sukses

Asus ROG Phone 8 Series Rilis Januari 2024, Ini Bocoran Spesifikasinya

ASUS baru-baru ini membocorkan soal waktu peluncuran ROG Phone 8 yang disebut akan debut pada Januari 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Asus baru-baru ini membocorkan informasi soal smartphone seri ROG Phone 8 untuk pasar global. Dari bocoran, smartphone ini disebut akan memakai chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Chipset ini disebut akan dipasangkan dengan solusi pembuangan panas termutakhir dari Asus untuk menghadirkan pengalaman bermain game yang optimal di ROG Phone 8

Dikutip dari Gizmochina, Sabtu (16/12/2023), perusahaan juga kini telah mengonfirmasi kalau perangkat tersebut akan debut di Tiongkok pada 16 Januari 2024 pukul 19:30 waktu setempat.

Pengumuman tersebut tidak mengungkapkan rincian baru apa pun tentang ROG Phone 8 Series ini. Namun, model baru ini akan menampilkan modul kamera berbentuk persegi, yang terpotong dari tepi kanan, sehingga secara teknis menjadikannya segi lima. 

Sementara itu, pada bagian atasnya akan terdapat tiga modul kamera, beserta lampu flash LED. Lalu, varian standar ROG Phone 8 disebut tidak akan dibekali dengan lampu LED RGB. 

Menurut prediksi dan laporan, ada tiga model ROG Phone baru yang akan diperkenalkan, yakni ROG Phone 8, ROG Phone 8 Pro, dan ROG Phone 8 Ultimate. Ketiganya sudah terdaftar pula di Geekbench. 

Dari informasi di Geekbench, diketahui varian standar dari ROG Phone 8 akan memiliki RAM 16GB. Sementara varian Pro dan Ultimate akan memiliki RAM 24GB. 

Selain itu, ROG Phone 8 vanilla diperkirakan hadir dengan Snapdragon 8 Gen 3 standar. Sementara untuk model Pro dan Ultimate, Asus akan menggunakan varian yang sudah di-overclock. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bocoran Terbaru HP Android Asus ROG Phone 8

ROG Phone 8 akan menjadi ponsel terkini Asus yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini, dan sudah mengusung spesifikasi tinggi di kelasnya.

Sebelumnya, spesifikasi ROG Phone 8 Ultimate muncul di Geekbench dengan chipset terbaru milik Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 3 dan dipasangkan dengan RAM 24GB.

Terkini, Asus mengunggah gambar ROG Phone 8 di akun X resmi mereka. Terlihat, perusahaan asal Taiwan itu mengadopsi desain bodi belakangan berbeda dari seri sebelumnya.

Tak hanya itu, Asus sepertinya akan tetap mempertahankan port di sisi bodi ponsel untuk pengisian daya lebih mudah dan nyaman saat bermain game.

Sementara untuk bodi HP Asus baru ini, tampaknya perusahaan akan menggunakan material kaca dan menghilangkan beberapa akses desain ikonik di ROG Phone sebelumnya.

Mengutip GSM Arena, Senin (11/12/2023), Asus kabarnya akan meluncurkan HP ROG Phone 8 ini pada awal 2024 dengan dua model, yaitu ROG Phone 8 dan ROG Phone Pro.

Selain dari chipset dan RAM digunakan, smartphone gaming milik Asus ini sudah menggunakan OS Android 14 dengan balutan ROG UI.

Sebelumnya beredar bocoran lain, menyebutkan seri penerus ROG Phone 7 series ini menawarkan pengisian fast charging 65W.

Rumor lain menyebutkan, ROG Phone 8 series ini akan menggunakan layar AMOLED dengan dukungan refresh rate tinggi setidaknya seperti di ROG Phone 7 series.

3 dari 5 halaman

ROG Phone 7 Sudah Meluncur di Indonesia

Sebelumnya, Asus telah meluncurkan ROG Phone 7 series mereka di Indonesia. Di sini, ada dua model yang dirilis di Indonesia yaitu ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate.

"ROG Phone 7 Series merupakan ponsel gaming yang diciptakan untuk memenuhi ekspektasi gamer," kata Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia, mengutip siaran pers, Kamis (19/7/2023).

Harga Asus ROG Phone 7 yang dijual di Indonesia adalah Rp 10.999.000 untuk 8GB/256GB, serta Rp 13.999.000 untuk varian 12GB/256GB.

Sementara, versi ROG Phone 7 Ultimate 16GB/512GB dengan bundling Aero Active Cooler 7, dijual dengan harga Rp 18.999.000. 

Untuk spesifikasi Asus ROG Phone 7, volume efektif speaker untuk seri ini telah ditingkatkan sebesar 50 persen, dan tim ROG Gaming telah menyetel sistem bekerja sama dengan spesialis audio Dirac.

Seri ROG Phone 7 kini menghadirkan channel suara 2.1 saat disandingkan dengan pemasangan aksesori AeroActive Cooler 7 yang dapat menghasilkan subwoofer yang kuat.

Di sisi dapur pacu, Asus menyematkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 3,2 Ghz yang 15 persen lebih cepat dan 15 persen lebih hemat dibandingkan generasi sebelumnya.

Ponsel ini juga didukung RAM LPDDR5X 8533 Mbps hingga 16 GB, dan ROM UFS 4.0 512 GB, serta WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm FastConnect 7800, yang mendukung kecepatan tinggi 320 MHz dan Multi-Link operation.

Asus ROG Phone 7 juga menyematkan teknologi Snapdragon Elite Gaming, untuk mendukung mendukung ray tracing percepatan komputasi waktu nyata pada perangkat keras.

4 dari 5 halaman

Layar Asus ROG Phone 7

Untuk layar ROG Phone 7 menggunakan layar Samsung AMOLED 165 Hz, memiliki touch sampling rate 720Hz dengan warna Delta E <1. Tingkat kecerahannya juga bisa ditingkatkan sampai 1.500 nits.

Di sisi lain, ROG Vision pada ROG Phone 7 Ultimate, membawa tampilan warna metriks unik di bagian belakang ponsel.

Fitur ROG Vision ini dapat menampilkan animasi yang dipicu peristiwa sistem seperti status pengisian daya, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan lain-lain. Gamer juga dapat membuat animasi yang dipersonalisasi.

Untuk meminimalkan konsumsi daya tanpa mengorbankan kinerja, seri ROG Phone 7 memanfaatkan peningkatan efisiensi daya 15 persen yang ditawarkan Snapdragon 8 Gen 2, disempurnakan dengan sistem pendingin GameCool 7.

Sementara Di ROG Phone 7 Ultimate, pendinginan ditingkatkan lebih jauh lagi dengan AeroActive Portal.

Di bagian perangkat lunak, terdapat fitur X Sense untuk membantu gamer untuk mendeteksi peristiwa penting di layar, seperti saat item baru yang penting muncul di peta atau musuh mendekat dengan notifikasi pop-up.

5 dari 5 halaman

Infografis Duel Pasar Smartphone Tiongkok Vs Lokal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini