Sukses

Telegram Rilis Fitur Transkripsi Pesan Suara dan Video, Cukup Sekali Pencet

Telegram merilis pembaruan signifikan untuk pengguna iOS dan Android, menyajikan fitur baru seperti transkripsi pesan suara gratis hingga reaksi video dalam cerita.

Liputan6.com, Jakarta - Telegram baru-baru ini meluncurkan update signifikan untuk aplikasi iOS dan Android, dengan membawakan serangkaian fitur baru dan peningkatan yang memperkaya pengalaman pengguna. 

Salah satu pembaruan utama adalah ketersediaan transkripsi pesan suara dan video untuk semua pengguna, tidak hanya untuk pelanggan premium. 

Meskipun fitur ini dibatasi, pengguna gratis masih  bisa mengubah dua pesan per minggu menjadi teks dengan mudah. 

Caranya, cukup ketuk ikon →A pada pesan suara untuk segera mendapatkan versi teks dari memo tersebut. Harap dicatat bahwa fitur ini diluncurkan secara bertahap, sehingga mungkin tidak segera tersedia untuk semua pengguna Telegram.

Selain itu, Telegram meningkatkan fitur penemuan saluran dengan menawarkan rekomendasi saluran publik yang serupa setiap kali kamu bergabung dengan suatu saluran. 

Dikutip dari Engadget, Kamis (7/12/2023), rekomendasi ini didasarkan pada kesamaan dalam basis pelanggan, memberikan pengalaman yang lebih personal.

Fitur baru Telegram lainnya termasuk kemampuan untuk menyertakan komentar atau reaksi video dalam cerita. Kamu bisa mengubah ukuran pesan video, memindahkannya di sekitar layar, dan menambahkan pesan video untuk memberikan sentuhan pribadi pada cerita kamu. 

Selain itu, proses repost cerita orang lain menjadi lebih mudah dengan menekan tombol bagikan dan memilih opsi repost. Penting untuk dicatat bahwa hanya cerita dengan visibilitas publik yang dapat di-repost.

Beragam fitur baru yang dibawakan Telegram pada pembaruan ini terlihat cukup niat untuk memperkaya pengalaman penggunanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Baru Telegram Bikin Chatting Makin Seru dan Mudah

Sebelumnya, Telegram juga memperkenalkan fitur-fitur baru dan canggih untuk para penggunanya. Dan beberapa elemen yang diluncurkan hanya tersedia untuk pengguna Telegram Premium.

Mengutip Gadgets 360, Jumat (3/11/2023), pembaruan tersebut mencakup beberapa perubahan inovatif pada fitur balasan dasar. Selain itu, dengan adanya pembaruan ini pengguna juga bisa memformat kutipan dan menyesuaikan pratinjau tautan.

Cerita Telegram juga menerima beberapa peningkatan kecil dengan rilis versi terbaru. Untuk pengguna tertentu, Telegram memberikan opsi untuk dapat menyesuaikan warna akun, termasuk saluran di atas level tertentu.

Sebelumnya, Telegram juga telah memperkenalkan stiker reaksi dan mode kamera ganda. Telegram juga telah mengonfirmasi pengerjaan pembaruan berikutnya di postingan blognya.

Dengan fitur baru Telegram ini, pengguna dapat mengutip bagian tertentu dari pesan apa pun dan membalasnya. Dengan demikian, responsnya menjadi lebih tepat. 

Untuk melakukan ini, pengguna perlu mengetuk sebuah pesan, lalu tahan dan seret untuk memilih teks yang diinginkan dan pilih Kutipan (Quote). 

Pengguna juga dapat memilih untuk membalas pesan dari satu obrolan ke obrolan lainnya - baik itu secara pribadi melalui pesan langsung, atau dalam obrolan grup atau saluran lain yang relevan. 

Pengguna bisa memilih pesan yang ingin dibalas, lalu pilih Balas di Obrolan Lain (Reply in Another Chat), dan pilih obrolan yang relevan. Jika pemirsa/penerima memiliki akses, mereka dapat membuka pesan di obrolan asli dengan mengetuk balasannya. 

3 dari 4 halaman

Fitur-fitur Lain di Telegram

Selain bisa mengutip sebagian teks, pengguna juga bisa memformat kutipan apa pun. Misalnya, mencetak tebal, miring, dll, sebuah pesan atau bagian dari pesan yang dipilih untuk dikutip. Pengguna juga dapat menambahkan lebih dari satu kutipan dalam satu balasan.

Saat membagikan tautan, Telegram kini menawarkan pengguna otonomi tambahan untuk menyesuaikan pratinjau tautan sesuai keinginan. Pengguna dapat mengubah ukuran thumbnail, memilih apakah pratinjau muncul di atas atau di bawah pesan, dan memilih tautan mana yang akan dipratinjau jika melampirkan beberapa tautan dalam satu pesan. 

Pengguna dapat membuka tautan tersebut dengan mengetuk di mana saja pada bagian pratinjau.

Selain itu, di bagian Cerita Telegram, kini pengguna bisa mempercepat dan memundurkan cerita video dengan menahan layar lalu menggeser ke kanan atau ke kiri.

Pengguna juga bisa menggunakan fitur flash depan dan menyesuaikan kehangatan dan intensitasnya untuk setiap gambar atau video yang dipilih untuk diambil dari segmen Story.

 
4 dari 4 halaman

Menyesuaikan Warna Akun Bagi Pengguna Telegram Premium

Di samping itu, bagi pengguna Telegram Premium, pembaruan ini memungkinkan mereka untuk dapat menyesuaikan warna atau kombinasi warna untuk akunnya.

Saluran level 5 atau lebih tinggi juga diperbolehkan mengakses fitur ini. Dengan ini, warna nama pengguna di semua grup, warna tautan yang dibagikan, serta balasan pesan selalu muncul dalam warna atau kombinasi warna yang dipilih pengguna.

Untuk melakukan menyesuaikan warna, Pengguna Telegram Premium di ponsel Android dapat masuk ke Pengaturan > Pengaturan Obrolan > Ubah Warna Nama untuk mengaksesnya.

Bagi Pengguna iOS, mereka harus membuka Pengaturan > Tampilan > Warna Nama Anda untuk mengatur warna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini