Sukses

Harga Bitcoin Tembus Rp 651 Juta, Ini Kata Analis

Harga Bitcoin naik hingga lebih dari USD 42.000 atau sekitar Rp 651,5 juta. Ini tanggapan analis...

Liputan6.com, Jakarta Harga Bitcoin naik hingga lebih dari USD 42.000 atau sekitar Rp 651,5 juta (asumsi kurs Rp 15.513 per dolar AS). Pencapaian ini dinilai sebagai awal dari siklus super kripto baru.

Chief Analyst dari Bitget Research, Ryan Lee, menilai level harga tinggi tersebut dapat menjadi titik awal baru bagi pasar bullish yang akan datang.

"Pada tingkat makro, antisipasi penurunan suku bunga oleh Federal Reserve telah mendorong harga-harga komoditas menjadi lebih tinggi, dengan emas yang mencapai ketinggian historis dan Bitcoin yang mengalami rebound sebesar hampir USD 15.000 (sekitar Rp 233 juta) selama sebulan terakhir," kata Ryan melalui keterangannya, Selasa (5/12/2023).

Mengingat adanya potensi resesi dalam perekonomian AS, ia menyebut para fund manager memprediksikan tingkat konsensus sebesar 80% bagi tren penurunan suku bunga di tahun 2024.

"Hal ini menandai tingkat konsensus tertinggi yang pernah tercatat. Pasar kripto telah memperhitungkan berita positif ini," ujar Ryan menambahkan.

Di pasar kripto, kata Ryan, Bitcoin sudah melampaui angka USD 40.000 tanpa menghadapi perlawanan berarti.

Dalam waktu 24 jam, posisi short pada kontrak Bitcoin senilai USD 54 juta (sekitar Rp 836 miliar) telah dilikuidasi, yang secara signifikan melemahkan kekuatan bearish. Ia menilai pasar dapat mengalami revisi akselerasi kenaikan secara keseluruhan.

"Selain itu, kategori aset terbaru dalam ekosistem Bitcoin, ORDI, melonjak selama akhir pekan, mengindikasikan sentimen spekulatif yang kuat di dalam pasar," Ryan memungkaskan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Harga Bitcoin Bakal Sentuh Rp 7,7 Miliar

Dilansir dari Coinmarketcap, Selasa (5/12/2023), kenaikan baru-baru ini akan mendorong mata uang kripto terbesar di dunia ini menjadi lebih dari USD 500.000 atau setara Rp 7,7 miliar.

BACA JUGA:Tengok Gerak Harga Kripto ARB Coin Hari ini 5 Desember 2023Menurut Bloomberg, para pendukung teori ini berpendapat Bitcoin mewakili tatanan moneter baru yang memikat Wall Street dan memicu “rasa euforia” dalam komunitas aset digital.

Kinerja harga Bitcoin yang luar biasa dalam beberapa bulan terakhir mengejutkan banyak orang, karena mata uang kripto ini membukukan kenaikan bulanan tiga kali berturut-turut, termasuk 11 persen lagi pada Desember.

Antusiasme seputar kenaikan harga Bitcoin telah menghasilkan prediksi optimis mengenai kenaikan lebih lanjut, seringkali berdasarkan intuisi atau analisis teknis.

Mata uang kripto ini telah mengalami kebangkitan harga yang signifikan pada 2023, dengan nilainya melonjak lebih dari 150 persen sejauh ini. 

Pengamat pasar mengaitkan lonjakan ini dengan meningkatnya antisipasi terhadap potensi persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin untuk diperdagangkan di Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan tersebut, prospek ETF telah menimbulkan kegembiraan dalam industri. CEO Coinbase Brian Armstrong berpendapat Bitcoin mungkin menjadi kunci untuk memperluas peradaban Barat.

Peluncuran ETF berbasis Bitcoin yang telah lama ditunggu-tunggu di Amerika Serikat bertujuan untuk memfasilitasi akses yang lebih mudah terhadap mata uang kripto bagi pengelola uang, yang berpotensi menarik miliaran dolar investasi baru ke dalam ruang tersebut.

3 dari 6 halaman

Bitcoin Sempat Sentuh Rp 649,8 Juta, Lanjutkan Reli Terbesar pada 2023

Sebelumnya diberitakan, Bitcoin lanjutkan penguatan dan berhasil mencapai USD 42.000 atau setara Rp 649,8 juta (asumsi kurs Rp 15.473 per dolar AS) memperluas reli token digital terbesar ini hingga lebih dari 150 persen tahun ini.

Dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (5/12/2023), Bitcoin terakhir berada pada level ini pada April 2022, sebelum keruntuhan stablecoin TerraUSD yang mempercepat penurunan aset digital senilai USD 2 triliun atau setara Rp 30.946 triliun. Harga tersebut berada di jalur kenaikan tahunan terbesar sejak 2020.

Token yang lebih kecil seperti Ether dan Dogecoin juga terdorong lebih tinggi. Bitcoin Cash melonjak 11 persen dan ukuran 100 koin kripto terbesar bertambah lebih dari 5 persen. Kemajuan luas mata uang kripto terjadi bahkan ketika pasar saham beragam, dengan indeks acuan di Tiongkok dan Hong Kong merosot.

Investor semakin yakin Federal Reserve (The Fed) telah selesai menaikkan suku bunga seiring dengan meredanya inflasi, sehingga mengalihkan fokus pada kemungkinan penurunan suku bunga acuan pada tahun depan. Perubahan latar belakang ini telah memicu reli di pasar global dan menghidupkan kembali minat spekulatif terhadap aset digital.

Industri kripto juga sedang menunggu hasil permohonan dari perusahaan seperti BlackRock Inc. untuk memulai ETF Bitcoin spot AS yang pertama. Bloomberg Intelligence mengharapkan sejumlah produk ini mendapatkan persetujuan Komisi Sekuritas & Bursa pada bulan Januari.

Kebangkitan Bitcoin dari kehancuran kripto 2022 telah melewati tindakan keras AS yang menempatkan Sam Bankman-Fried di balik jeruji besi karena penipuan di FTX dan menyerahkan laporan rap dan denda besar kepada bursa kripto terkemuka Binance dan pendirinya Changpeng Zhao.

4 dari 6 halaman

Harga Kripto pada 5 Desember 2023

Sebelumnya diberitakan, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Selasa (5/12/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau masih berada di zona hijau

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) masih menguat 4,80 persen dalam 24 jam dan 13,01 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 41.885 atau setara Rp 648,4 juta (asumsi kurs Rp 15.482 per dolar AS).

Ethereum (ETH) turut menguat. ETH naik 1,04 persen sehari terakhir dan 10,13 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 34,43 juta per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB naik 1,20 persen dan 2,18 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 3,58 juta per koin. 

Kemudian kripto Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA menguat 1,16 persen dalam 24 jam terakhir dan 7,21 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 6.220 per koin.

 

5 dari 6 halaman

Harga XRP

Adapun Solana (SOL) masih perkasa. SOL naik 4,45 persen dalam sehari dan 11,28 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 941.484 per koin. 

XRP terpantau kembali berada di zona hijau. XRP naik 0,56 persen dalam 24 jam dan 3,46 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 9.631 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) masih perkasa. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 4,09 persen dan 14,49 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.382 per token.

Harga kripto hari ini stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC) sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 1,55 triliun atau setara Rp 23.997 triliun. 

6 dari 6 halaman

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini