Sukses

GTA 6 Rilis ke PS5 dan Xbox Series X/S di 2025, Gamer PC Siap-Siap Tunggu Lebih Lama

Bersama dengan perilisan trailer perdana, Rockstar Games juga mengumumkan jadwal kehadiran GTA 6 untuk konsol generasi terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - GTA 6 dipastikan akan sebagai seri terbaru dari game Grand Theft Auto atau yang dikenal dengan GTA. Informasi ini dipastikan setelah Rockstar Games merilis trailer pertama dari game tersebut.

Trailer perdana GTA 6 sendiri meluncur lebih cepat dibandingkan jadwal sebelumnya. Kehadiran trailer ini sekaligus bertepatan pula dengan ulang tahun ke-25 Rockstar Games.

Selain merilis trailer perdana, studio juga mengungkap jenis konsol yang bisa memainkan game ini. Dijelaskan, game ini hanya akan mendukung konsol generasi terbaru, yakni PS5 dan Xbox Series X/S.

Dengan kata lain, pengguna konsol generasi lebih lawas, seperti PS4 dan Xbox One dipastikan tidak bisa memainkan game ini. Selain itu, Rockstar Games juga belum mengungkap apakah game ini akan menyambangi perangkat PC.

Namun, merujuk dari sebelumnya, Rockstar Games memang terbiasa untuk merilis GTA lebih dulu ke perangkat konsol, baru kemudian di PC. Sebagai gambaran, GTA V pertama kali rilis di konsol pada 2013, baru kemudian hadir ke PC pada 2015.

Apabila pola ini berlanjut, ada kemungkinan hal yang sama juga berlaku ke GTA 6. Dengan jadwal peluncuran GTA 6 pada 2025, pengguna PC yang ingin memainkan game ini tentu harus menunggu waktu lebih lama.

Sekadar informasi, GTA VI sendiri telah hadir lewat trailer perdana. Lewat video berdurasi 1 menit 30 detik tersebut, untuk kali pertama, GTA akan memainkan karakter wanita bernama Lucia. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Trailer Pertama GTA 6 Dirilis, Rockstar Games Perkenalkan Protagonis Wanita Pertama di Seri GTA

Berdasarkan trailer tersebut, pemain juga akan kembali ke salah satu kota paling terkenal di dalam seri Grand Theft Auto ini, yaitu Vice City.

Yup, kota Vice City pertama kali diperkenalkan lewat game Grand Theft Auto: Vice City yang dirilis Rockstar Games pada 29 Oktober 2002 dengan karakter utama bernama Tommy Vercetti.

Kembali ke GTA 6, berbagai cuplikan kejahatan banyak terjadi di Vice City. Selain itu, game ini juga sepertinya mengangkat kondisi nyata terjadi di dunia saat ini.

Salah satunya adalah dengan semakin populernya platform media sosial--seperti Instagram, TikTok dkk, akan menjadi peranan penting di dalam game ini.

Terlihat juga kejahatan terkait mobil terjadi di mana-mana, dan paling unik dari trailer GTA 6 adalah munculnya seekor aligator di tempat umum.

Rockstar Games menutup trailer ini dengan menunjukkan karakter laki-laki bersama dengan Lucia, yang kemungkinan adalah kekasih sekaligus mitra kejahatan.

Penasaran seperti apa GTA VI ini? Gamer harus tetap bersabar memainkan game ini karena tanggal rilis GTA 6 ini 2025. 

3 dari 5 halaman

Rockstar Jadwalkan Rilis Trailer GTA VI

Sebelumnya, Rockstar Games seperti dikutip dari akun media sosial dan situs resminya, Minggu (3/12/2023) mengungkapkan tanggal rilis dari trailer pertama sebuah game, yang kabarnya adalah GTA 6.

Dalam gambar yang mereka unggah, terdapat logo Rockstar dengan tulisan "Trailer 1. Tuesday. Desember 5. 9AM ET."

Ini berarti trailer GTA 6 tersebut akan rilis Selasa, 5 Desember, pukul 9 pagi Eastern Time atau jam 9 malam Waktu Indonesia Barat (WIB).

Visual ini juga tidak mengungkapkan apa pun soal cerita, hanya menunjukkan siluet pohon kelapa, dengan latar belakang langit yang tampaknya sore hari saat matahari terbenam.

Bahkan, Rockstar juga tidak menyebutkan tentang GTA VI di sana. Namun, banyak gamer yang mempercayai gim inilah yang akan diungkap trailernya pada 5 Desember mendatang.

4 dari 5 halaman

Seri GTA yang Paling Lama Dirilis

Untuk diketahui, game GTA 6 juga menjadi seri terlama GTA yang pernah dirilis. Sebagai informasi, GTA 5 memulai debut pada 2013 atau 10 tahun lalu.

Durasi rilis yang begitu lama ini disebut tidak lepas dari persiapan studio untuk menghadirkan game yang berkualitas tinggi. Sekadar diketahui, GTA 5 hingga saat ini masih diakui sebagai salah satu gim dengan grafis yang mumpuni.

Oleh sebab itu, ada kemungkinan studio sedang mempersiapkan teknologi untuk memastikan game GTA 6 hadir sebagai game dengan visual kelas atas. 

Rumor tentang kehadiran GTA 6 sudah sendiri mencuat sejak Grand Theft Auto 5 meluncur di pasaran pada 10 tahun lalu.

Pada tahun 2020, Kotaku sempat melaporkan Rockstar sedang berupaya mengurangi proses pengembangan game secara terburu-buru. Baru pada 2022, perusahaan mengatakan game GTA 6 sedang dalam pengembangan.

5 dari 5 halaman

Infografis Bisnis Game di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.