Sukses

Cara Bikin Spotify Wrapped 2023 via Aplikasi dan Browser Buat Dibagikan di Medsos

Berikut ini cara bikin Spotify Wrapped 2023 baik melalui aplikasi maupun browser, untuk kemudian dibagikan di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify sudah merilis salah satu fitur yang banyak dinanti penggunanya setiap jelang akhir tahun, Spotify Wrapped.

Kali ini, Spotify Wrapped 2023 sudah bisa diakses oleh semua pengguna baik gratisan maupun Premium, sejak 29 November 2023.

Buat yang belum tahu atau belum familiar, Spotify Wrapped biasanya merangkum aktivitas pengguna platform streaming musik dan audio ini, dalam setahun terakhir.

Pengguna Spotify akan bisa mengaksesnya lewat aplikasi mobile baik di Android maupun iOS, atau bisa menggunakan situs web, yang mana menjadi pertama kalinya Wrapped bisa dibuka melalui website.

Cara Bikin Spotify Wrapped 2023

Berikut ini langkah-langkah untuk bikin Spotify Wrapped 2023, melalui aplikasi mobile dan situs web.

Cara Bikin Spotify Wrapped 2023 Pakai Aplikasi

  1. Update dulu aplikasi Spotify di Android atau iOS ke versi terbaru
  2. Nantinya, saat kamu membuka aplikasi Spotify di perangkat, akan muncul banner "Kilas Balik" atau "Your 2023 Wrapped is here"
  3. Cukup klik banner yang muncul di laman Spotify-mu, dan nantinya akan dimainkan rekap atau rangkuman aktivitasmu di platform tersebut selama setahun.
  4. Kamu juga akan dapat membagikan hasil rangkuman seperti artis atau lagu favorit dari situ, ke media sosial (medsos) dengan klik "Share"

Cara Bikin Spotify Wrapped 2023 Pakai Browser

  • Masuk ke laman Spotify.com/Wrapped dengan browser-mu
  • Login ke akun Spotify-mu dengan memasukkan nama pengguna atau email beserta password-nya.
  • Sama seperti di aplikasi, kamu nantinya akan bisa melihat rangkuman aktivitasmu di Spotify selama satu tahun hanya dengan browser.
  • Kamu juga akan dapat membagikan hasil rangkuman seperti artis atau lagu favorit dari Spotify Wrapped 2023, ke medsos dengan klik "Share"

Selain itu, kamu juga akan bisa melihat playlist khusus yang dibuat oleh Spotify berdasarkan lagu-lagu favoritmu di tahun 2023, melalui Your Top Songs 2023.

Sementara buat para artis atau musisi yang karyanya sudah ada di Spotify, juga akan bisa mendapatkan Wrapped-nya sendiri, melalui aplikasi Spotify for Artist. Bedanya, isinya adalah rangkuman aktivitas pendengar pada karyamu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spotify Wrapped 2023 Hadir untuk Seluruh Pengguna

Yang menarik, di Wrapped tahun ini, Spotify menghadirkan beberapa fitur baru yang bisa diakses pengguna. Ada fitur Sound Town yang akan menunjukkan kota tertentu dengan kesamaan selera musik seperti pengguna.

Lalu, ada fitur Me in 2023 yang menunjukkan karakter pengguna Spotify berdasarkan kebiasaan mendengarkan musik mereka. Ada 12 karakter berbeda yang nantinya akan dimunculkan sesuai aktivitas mereka.

Selain itu, pengguna juga bisa membagikan top songs mereka dengan orang-orang terdekat lewat fitur Top Songs Blend. Seperti biasa, hasil di Spotify Wrapped akan ditampilkan dalam konten story yang bisa dibagikan langsung ke media sosial.

Tidak hanya menampilkan konten lagu yang didengar pengguna, Spotify Wrapped 2023 juga menampilkan deretan konten audio teratas yang sering didengarkan pengguna, seperti podcast. Sekadar informasi, Spotify Wrapped sendiri diperkenalkan pertama kali pada 2016.

Berdasarkan tahun-tahun sebelumnya, Spotify diketahui biasa merilis fitur ini pada pekan terakhir November atau awal Desember. Untuk menjajal fitur ini, pengguna bisa langsung mengaksesnya di laman depan Spotify, baik aplikasi maupun situs web. 

3 dari 3 halaman

Fitur dan Informasi di Spotify Wrapped 2023

Berikut adalah beberapa fitur dan informasi yang ada di Spotify Wrapped tahun ini.

  • Me in 2023 : Fitur ini akan menunjukkan kebiasaan mendengar pengguna di tahun ini. Selanjutnya, kebiasaan tersebut akan ditampilkan dalam karakter yang sesuai. Ada 12 karakter yang tersedia.
  • Sound Town : Fitur ini akan mencocokkan kebiasaan pengguna saat mendengarkan lagu atau artis dengan kota tertentu.
  • Top 5 Genres : Seperti namanya, fitur ini akan menampilkan lima genre musik teratas yang didengar oleh pengguna. Daftar itu lantas disajikan dalam bentuk sandwich yang menarik.
  • Top 5 Artist : Dengan fitur ini, pengguna dapat melihat waktu puncak ketika mendengarkan 5 musisi teratas di daftar Wrapped mereka. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.