Sukses

Spotify Wrapped 2023 Rilis, Ini Cara Lihat Deretan Konten Audio Favoritmu dalam Setahun

Spotify Wrapped telah hadir kembali untuk para pengguna, simak artikel berikut ini untuk mengetahui deretan konten audio teratasmu sepanjang 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Spotify Wrapped kembali hadir untuk para pengguna platform streaming audio tersebut. Wrapped sendiri merupakan rangkuman aktivitas pengguna Spotify selama setahun terakhir.

Untuk di tahun ini, Spotify Wrapped 2023 sudah bisa diakses seluruh pengguna, baik pengguna gratis maupun premium, sejak 29 November 2023.

Cara mengaksesnya pun cukup mudah, pengguna tinggal perlu memperbarui aplikasi Spotify mereka ke versi terbaru, baik di Android dan iOS.

Begitu membuka aplikasi, akses ke Wrapped akan langsung muncul di laman depan. Pengguna Spotify tinggal mengetuk menu Your 2023 Wrapped untuk melihat rangkuman aktivitas mereka selama di platform ini.

Mengutip informasi dari situs resminya, Kamis (30/11/2023), Spotify juga menghadirkan pengalaman baru untuk Wrapped di tahun ini. Sebab, untuk pertama kalinya, pengguna kini bisa mengakses informasi Wrapped dari browser lewat akses Spotify.com/Wrapped.

Selain itu, Spotify juga menghadirkan sejumlah fitur dan informasi baru untuk Wrapped yang dirilis tahun ini. Berikut adalah beberapa fitur dan informasi yang ada di Spotify Wrapped tahun ini.

  • Me in 2023 : Fitur ini akan menunjukkan kebiasaan mendengar pengguna di tahun ini. Selanjutnya, kebiasaan tersebut akan ditampilkan dalam karakter yang sesuai. Ada 12 karakter yang tersedia.
  • Sound Town : Fitur ini akan mencocokkan kebiasaan pengguna saat mendengarkan lagu atau artis dengan kota tertentu.
  • Top 5 Genres : Seperti namanya, fitur ini akan menampilkan lima genre musik teratas yang didengar oleh pengguna. Daftar itu lantas disajikan dalam bentuk sandwich yang menarik.
  • Top 5 Artist : Dengan fitur ini, pengguna dapat melihat waktu puncak ketika mendengarkan 5 musisi teratas di daftar Wrapped mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mirip Spotify Wrapped, Apple Music Replay 2023 Kini Sudah Bisa Diakses

Selain Spotify, Apple Music juga merilis Replay sebagai rangkuman akhir tahun dari lagu, artis, album, dan lainnya yang paling sering pengguna dengar. Fitur ini sudah tersedia di laman Apple Music. 

Meskipun baru meluncur pada 2019, Apple telah memberikan update besar-besaran pada fitur ini sejak tahun lalu. Karenanya, fitur ini disebut makin mirip dengan Spotify Wrapped. 

Namun tidak seperti Spotify Wrapped, yang menawarkan satu set tangga lagu yang dapat dibagikan, statistik yang disajikan di Apple Music Replay dianggap masih kalah menarik untuk diunggah secara online. 

Selain itu, fitur ini tidak tersedia secara langsung di aplikasi Apple Music. Kendati demikian, pengguna masih bisa mendengarkan playlist Replay 2023 di aplikasi Apple Music.

Seperti tahun lalu, Apple Music Replay akan menampilkan daftar lagu dan artis favorit kamu sepanjang tahun, serta berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk mendengarkannya. 

Dikutip dari The Verge, Kamis (30/11/2023), Apple Music Replay juga dilengkapi kemampuan memantau pencapaian, yang menunjukkan apakah kamu telah memenuhi target tertentu saat menggunakan layanan ini, seperti mendengarkan 1.000 lagu.

Untuk melihat Replay kamu tahun ini, buka replay.music.apple.com dan masuk dengan ID Apple kamu. Di situ, kamu bisa melihat semua statistik konten yang kamu dengarkan sepanjang tahun.

3 dari 4 halaman

TikTok Luncurkan Fitur Baru, Pengguna Bisa Tambahkan Lagu dari TikTok ke Apple Music

Di sisi lain, TikTok meluncurkan fitur baru yang menawarkan integrasi mendalam dengan aplikasi streaming musik, seperti Apple Music, Spotify, dan Amazon Music.

Seperti yang diungkapkan TikTok dalam unggahan blognya, "fitur tersebut akan muncul sebagai tombol bertuliskan Tambah Lagu (Add Music) di samping nama track di bagian bawah video FYP."

Kemudian, apabila pengguna menekan tombol Tambah Lagu tersebut, mereka dapat memilih untuk menyimpannya ke layanan streaming musik pilihan mereka dengan menekan tombol "Tambahkan ke Aplikasi Musik" (Add to music app).

Setelah penggunaan pertama fitur Tambahkan ke Aplikasi Musik, aplikasi musik yang dipilih akan menjadi layanan streaming musik default. 

Meski demikian, pengguna masih bisa mengubah layanan streaming musik default kapan saja di bawah pengaturan.

Pengguna juga dapat menggunakan fitur Tambahkan ke Aplikasi Musik dari Halaman Detail Suara artis.

Fitur tersebut diluncurkan secara bertahap. Untuk saat ini, fitur baru TikTok ini baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat dan Inggris. Namun, TikTok mengatakan bahwa fitur ini akan dihadirkan ke pengguna lain secara luas.

Di samping itu, sebelumnya TikTok juga telah luncurkan fitur Direct Post atau Unggahan Langsung dari aplikasi edit video pihak ketiga.

Dalam fitur ini, TikTok bekerja sama dengan aplikasi edit video, seperti Adobe Premiere Pro, aplikasi kreativitas AI Adobe Express, Twitch, SocialPilot, dan CapCut ByteDance.

(Dam)

4 dari 4 halaman

Infografis Pemblokiran Massal Web Streaming Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.