Sukses

Oppo Find N3 Vs Samsung Galaxy Z Fold 5: Perbandingan Desain, Layar, Hingga Kamera

Perbandingan HP layar lipat terbaru Oppo Find N3 dan Galaxy Z Fold 5

Liputan6.com, Jakarta - Produsen ponsel dunia kini berlomba-lomba mengembangkan HP layar lipat atau foldable phone. Di Indonesia sendiri, Samsung telah lama menjadi pemasok tunggal hingga akhirnya Oppo masuk untuk memperketat persaingan.

Oppo mengenalkan seri terbaru mereka Oppo Find N3, sebagai pesaing tangguh untuk Samsung Galaxy Z Fold 5, yang sebelumnya memegang dominasi sebagai HP layar lipat di pasar.

Meskipun keduanya mengusung teknologi layar lipat ala buku, Oppo dan Samsung memberikan sentuhan inovatif yang berbeda dalam berbagai aspek. Mulai dari desain tampilan, kemampuan kamera, hingga performa, keduanya menawarkan pengalaman pengguna yang unik.

Dua-duanya menawarkan kehebatan ala PC di kantong pengguna, yang artinya, pendekatan keduanya cukup mirip dengan mengusung tema produktivitas dalam genggaman tangan.

Untuk mengungkap beragam fitur yang ditawarkan oleh kedua perangkat ini, tim Tekno Liputan6.com akan meninjau lebih jauh perbedaan antara Oppo Find N3 dan Samsung Galaxy Z Fold 5. Apa saja aspek yang membedakan keduanya? Temukan jawabannya dalam ulasan kami berikut ini.

Desain

<p>Perbandingan Desain HP Layar Lipat Oppo Find N3 (kanan) dan Samsung Galaxy Z Fold 5 (kiri). (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Sama-sama mengusung konsep PC minimalis, baik Oppo Find N3 maupun Samsung Galaxy Z Fold 5 menawarkan HP layar lipat yang ringan dan bertenaga.

Dari segi desain, Find N3 hadir dengan ukuran 7,8 inci dengan ketebalan hanya 5,8 mm ketika dibuka, yang membuatnya terlihat tipis. Tak hanya itu, HP ini terasa lebih ringan karena memiliki berat hanya 239 gram.

Di sisi lain, Galaxy Z Fold 5 didesain memiliki ukuran 7,6 inci dengan ketebalan 6,1 mm ketika dibuka. Bobot dari HP ini juga sedikit lebih berat dengan 253 gram.

Perasaan ketika menggenggam keduanya juga berbeda. Oppo memilih pendekatan bentuk proporsional HP model candybar pada umumnya. Sementara Z Fold 5 tampil lebih menyerupai bentuk remote televisi.

Find N3 memiliki 3 speaker audio dan telah mendukung penyuaraan audio spasial, sementara Samsung cukup dilengkapi dengan dua speaker audio saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Performa dan Penyimpanan

Kedua HP layar lipat ini membenamkan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 dengan fabrikasi 4 nm yang merupakan salah satu chipset terbaik di pasaran saat ini. Chipset ini mampu menawarkan performa gahar ketika diajak bermain game, tanpa khawatir ponsel cepat panas. 

Salah satu hal yang membedakan keduanya adalah Z Fold 5 memiliki satu inti lebih besar yakni inti 3.36 GHz Cortex-X3, sedikit lebih baik dari Find N3 yang membenamkan inti 1x3.2 GHz Cortex-X3.

Sementara dalam hal memori, keduanya telah dibekali UFS 4.0 yang menjamin kecepatan berbagi dan pembacaan data. Oppo Find N3 hadir di Indonesia dengan konfigurasi RAM 16 GB dan memori 512 GB.

Sementara Samsung, menawarkan varian memori lebih banyak untuk Galaxy Z Fold 5. Dengan konfigurasi RAM 12 GB, pengguna dapat memilih besaran memori mulai dari 256 GB, 512 GB, hingga yang paling besar 1 TB.

Layar dan Lipatan

<p>Perbandingan Layar Nyala HP Layar Lipat Oppo Find N3 dan Samsung Galaxy Z Fold 5. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Berpindah ke bagian inovatif keduanya, Samsung memasangkan layar lipat Dynamic AMOLED 2X 120Hz yang mendukung HDR10+ dengan kecerahan maksimal 1750 nits.

Sementara Oppo, menggunakan layar LTPO3 OLED 120Hz, dilengkapi Dolby Vision dan ProXDR, dengan kecerahan maksimum 2800 nits.

Selain itu, layar Oppo Find N3 resolusi 2268 x 2440 pixel dengan kepadatan 426 ppi yang lebih detail dari Z Fold 5 dengan resolusi 1812 x 2176 pixel yang hanya memiliki kepadatan 373 ppi.

<p>Gap Tengah Layar Samsung Galaxy Z Fold 5. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>
 

Dalam segi lipatan layar, Oppo kembali mengungguli Samsung dengan tampilan Invisible Crease, yang artinya memiliki lipatan layar tak kasat mata. Hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan melihat tampilan dan penggunaan.

Oppo juga menggunakan engsel zero gap yang membuatnya terhindar dari debu dan air di tengah layar saat dilipat, berbeda dengan Z Fold 5 yang masih memiliki celah saat dilipat.

3 dari 4 halaman

Cover Screen

Samsung menggunakan layar cover Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120Hz. Layar ini memiliki ukuran 6,2 inci dengan resolusi 904 x 2316 pixel dengan rasio 23.1:9.

Sementara itu, Oppo menanamkan layar LTPO3 OLED yang dilengkapi Dolby Vision dengan kemampuan refresh 120Hz. Layar ini berukuran 6,31 inci dan beresolusi 1116 x 2484 pixel.

Baterai dan Ketahanan

Ke sektor daya, Samsung Galaxy Z Fold 5 dibekali dengan baterai kapasitas 4400 mAh, sementara Oppo menggunakan baterai 4805 mAh. 

Kemudian, guna menyokong daya yang besar ini, Oppo menyiapkan pengisian daya cepat 67 W untuk Find N3. Di sisi lain, Z Fold 5 menggunakan pengisian daya cepat 25 W.

Berbeda dengan Oppo, Samsung membekali HP layar lipat mereka dengan teknologi wireless charging 15 W dan reverse wireless 4,5 W. Sedangkan Oppo hanya memilliki kemampuan reverse wired charging.

Galaxy Z Fold 5 memiliki rating IP X8 yang memberikan label tahan air pada perangkat tersebut. Sebaliknya, Find N3 memiliki rating IP X4 yang menawarkan ketahanan terhadap percikan air (splash resistant).

Samsung tak hanya membanggakan ketahanan fisik melalui rating IP X8, tetapi juga membekali Galaxy Z Fold 5 dengan rangka alumunium yang berfungsi sebagai armor. Keunggulan ini diakui dapat meningkatkan ketahanan terhadap benturan dan goresan, menjadikannya lebih tangguh dibandingkan pesaingnya.

 
4 dari 4 halaman

Kamera

Masuk ke sektor pengambilan gambar, Oppo berani membuat standar kamera HP layar lipat baru dengan menggandeng brand kamera kenamaan dunia Hasselblad.

Galaxy Z Fold 5 menghadirkan konfigurasi kamera dengan resolusi 50 MP pada lensa wide (f/1.8, 23mm), dilengkapi dengan Dual Pixel PDAF dan OIS, perangkat ini menawarkan kemampuan fotografi stabil. 

Selain itu, terdapat juga kamera telefoto 10 MP f/2. dengan PDAF, OIS, dan dukungan zoom optik 3x. Dan yang terakhir lensa ultrawide 12 MP (f/2.2, 123Ëš, 12 mm) memberikan sudut pandang yang luas untuk mengabadikan momen dengan perspektif yang unik.

Oppo Find N3 juga tak kalah menarik dalam sektor kameranya. Dengan konfigurasi kamera 48 MP pada lensa wide f/1.7 yang mendukung multi-directional PDAF dan OIS, perangkat ini menjanjikan hasil foto yang tajam dan jernih. 

Ditambah dengan kamera telefoto 64 MP f/2.6 yang memiliki PDAF, OIS, dan mendukung zoom optic 3x, membuatnya unggul dari pesaingnya. 

Tidak ketinggalan, kamera ultrawide 48 MP (f/2.2, 14 mm, 114˚) dengan PDAF menambah dimensi baru dalam mengabadikan momen dengan sudut pandang yang luas dan detail yang kaya. Baik lensa telefoto maupun ultrawide Oppo telah menggunakan sensor sebesar 1/2“ yang membuatnya unggul dari Samsung.

Bagian cover, Samsung membawakan kamera dengan spesifikasi 10 MP, f/2.2, 24 mm dengan ukuran sensor, 1/3". Sementara itu, Oppo membawakan kamera beresolusi tinggi 32MP, f/2.4, 22 mm, membawa sensor 1/3.14".

Pada kamera depan, Galaxy Z Fold 5 membenamkan kamera di bawah layar dengan resolusi 4 MP, f/1.8, 26 mm. Di sisi lain, Oppo menggunakan kamera 20MP, f/2.2, 20mm dengan ukuran lensa 1/4“

Galaxy Z Fold 5 menawarkan perekaman video dengan resolusi 8K 30 FPS di kamera belakang. Sementara Oppo mampu merekam hingga resolusi 4K 60 FPS.

Akan tetapi, dengan sensor ketiga kamera belakang Oppo yang lebih besar, hasil gambar yang ditawarkan Oppo Find N3 akan lebih tajam dan jernih ketimbang Galaxy Z Fold 5.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini