Sukses

Stiker AI di WhatsApp dengan Prompt Palestina Tampilkan Anak-Anak Bersenjata Tuai Kecaman

Sejumlah pengguna menyorot perbedaan stiker hasil kreasi AI di WhatsApp yang menggunakan prompt Palestina dan Israel.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp tengah menjadi sorotan usai fitur kretor stiker mereka yang berbasis AI membuat hasil berbeda ketika diminta untuk membuat stiker dengan keyword Palestina dan Israel.

Mengutip informasi dari The Verge, Senin (6/11/2023), berdasarkan laporan The Guardian, stiker yang dibuat AI generatif di WhatsApp ternyata menunjukkan hasil yang berbeda saat diminta berkreasi dengan prompt Palestina dan Israel.

Saat diminta membuat stiker dengan prompt Palestina dan kata-kata sejenis, AI ini malah menampilkan stiker anak-anak yang menenteng senjata. Hal berbeda ditampilkan AI diminta untuk membuat stiker dengan prompt Israel.

Hasil yang dibuat dengan prompt Israel dan sejenisnya menunjukkan gambar biasa, bahkan tidak menyertakan senjata sama sekali. Akibat hal ini, banyak pengguna yang menyebut Meta selaku WhatsApp menerapkan moderasi konten yang bias.

Juru bicara Meta Kevin McAlister pun mengaku sudah mengetahui hal ini, dan menyatakan akan segera mengatasinya.

"Seperti yang kami katakan saat meluncurkan fitur ini, ada kemungkinan hasil gambar tidak akurat atau tidak sesuai seperti AI generatif kami. Karenanya, kami akan terus menyempurnakan fitur ini seiring waktu dan umpan balik yang diterima dari pengguna," tuturnya.

Sebagai informasi, WhatsApp memang baru saja meluncurkan fitur yang memungkinkan pengguna membuat stiker sendiri dengan bantuan AI aatau kecerdasan buatan. Fitur ini akan membuat stiker berdasarkan teks atau prompt yang dimasukkan oleh pengguna.

Setelah stiker dibuat, pengguna dapat melihatnya di opsi pengiriman dan membagikannya ke orang lain. Namun untuk sekarang, fitur pembuatan stiker di WhatsApp ini baru mendukung Bahasa Inggris saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Bikin Stiker AI di WhatsApp, Cuma Butuh 5 Menit!

Selain itu, fitur stiker kreasi AI di WhatsApp ini baru tersedia di beberapa negara, sehingga perlu diperiksa ketersediaannya di wilayah masing-masing.

Jika kamu tertarik untuk mencoba fitur Stiker AI di WhatsApp, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponselmu.
  • Buka obrolan yang diinginkan.
  • Ketuk ikon Smiley diikuti dengan ikon stiker.
  • Pilih opsi "Buat" dan lanjutkan sesuai petunjuk.
  • Masukkan deskripsi stiker yang diinginkan.
  • Aplikasi akan membuat 4 stiker berdasarkan deskripsi tersebut.
  • Pilih stiker favorit kamu atau edit deskripsi jika perlu.
  • Jika kamu puas dengan stiker tersebut, ketuk "Kirim" untuk membagikannya ke temanmu.

Namun, pastikan untuk memeriksa apakah fitur ini sudah tersedia di wilayah kamu sebelum mencobanya. Dengan Stiker AI, WhatsApp memberikan sentuhan baru pada cara kita berkomunikasi melalui aplikasi chatting ini.  

3 dari 5 halaman

WhatsApp Rilis Update di iOS, Panggilan Grup Kini Bisa Dipakai Oleh 31 Peserta

Di sisi lain, WhatsApp juga meluncurkan pembaruan untuk para penggunanya di perangkat iOS. Pembaruan ini hadir untuk meningkatkan pengalaman panggilan grup. 

Dengan pembaruan tersebut, aplikasi WhatsApp milik Meta ini menambah jumlah maksimal peserta panggilan grup menjadi 31 orang. Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, dengan update ini, akan lebih banyak pengguna yang bergabung dalam panggilan grup.

Untuk mendapatkan fitur baru ini,  pengguna WhatsApp di iPhone perlu menginstal pembaruan WhatsApp terbaru iOS 23.22.72.

Menurut keterangan Gadgets 360, Rabu (1/11/2023), dengan pembaruan terkini dari WhatsApp, pengguna bisa lebih efektif dalam melakukan panggilan grup.

Sekadar informasi, sebelumnya WhatsApp membatasi jumlah maksimal peserta panggilan grup hanya sebanyak 15 orang.

Sebenarnya, pembaruan WhatsApp sebelumnya juga sudah mendukung panggilan grup hingga 32 peserta. Namun, pengguna di awal hanya dibatasi untuk memilih 15 kontak untuk memulai panggilan.

WhatsApp tidak menginformasikan peluncuran pembaruan panggilan grup ini di log perubahan resmi App Store. Namun, aplikasi ini telah mengonfirmasi bahwa pembaruan ini diluncurkan untuk semua pengguna iOS.

 

4 dari 5 halaman

Fitur Baru WhatsApp Bakal Bisa Jawab Pertanyaan Pengguna Pakai AI

Selain itu, WhatsApp juga dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru WhatsApp yang memungkinkan mereka merespons pertanyaan bantuan dari pengguna memakai pesan yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI). 

Melalui pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android, fitur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan, dalam hal memberi respons yang lebih relevan dan bermanfaat kepada pengguna.

"Berkat pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.23.8, yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan bahwa WhatsApp memiliki rencana untuk meningkatkan kualitas layanannya dengan mengimplementasikan pesan-pesan yang dibuat oleh AI untuk bisa lebih baik dalam membantu pengguna di masa mendatang," kata WABetaInfo.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, fitur ini diharapkan dapat memperbaiki interaksi pengguna, mengurangi waktu respons, dan meningkatkan efisiensi pengalaman bantuan pengguna. 

(Dam)

5 dari 5 halaman

Infografis Rentetan Konflik Terbaru Israel - Palestina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini