Sukses

WhatsApp Siapkan Fitur Profil Alternatif untuk Lindungi Privasi Pengguna

WhatsApp dilaporkan akan memungkinkan pengguna membuat profil alternatif sebagai opsi lain dari profil utama yang dimilikinya.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dilaporkan sedang bersiap untuk memperkenalkan fitur baru bagi pengguna yang ingin mempertahankan privasi mereka, tanpa mengungkapkannya ke semua orang. 

Fitur yang sedang dalam pengembangan ini disebut sebagai Profil Alternatif. Lewat fitur ini, pengguna WhatsApp bisa membuat profil tambahan untuk ditampilkan pada orang-orang yang tidak diizinkan melihat foto dan nama profil utama.

Seperti diketahui, pengguna WhatsApp saat ini memiliki beberapa pengaturan privasi untuk profil akunnya, seperti status terakhir kali dilihat, pembaruan status, dan siapa yang dapat melihat foto profil.

Namun, kehadiran fitur baru ini akan memberikan pengguna aplikasi WhatsApp kemampuan membuat profil tambahan dengan foto dan nama yang berbeda. Nantinya, profil itu yang akan ditampilkan kepada orang-orang yang tidak diizinkan melihat profil utama.

Pengguna WhatsApp dapat mengatur visibilitas foto profil tambahan dengan empat opsi: semua orang, kontak saya, tak seorang pun, dan kontak saya kecuali.

Meskipun fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum tersedia untuk penguji beta, fitur ini jelas menjadi solusi bagi pengguna aplikasi ini yang ingin memisahkan profil mereka sesuai kebutuhan, seprti akun pribadi atau pekerjaan. 

Untuk itu, seperti mengutip dari Android Police, Minggu (5/11/2023) mengingat fitur ini masih dalam pengembangan, ada kemungkinan WhatsApp masih akan melakukan penyesuaian. 

Terlebih, fitur ini datang setelah aplikasi chatting tersebut memperkenalkan dukungan global untuk peralihan akun yang memungkinkan pengguna menggunakan lebih dari satu akun WhatsApp dari ponsel yang sama tanpa aplikasi tambahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Rilis Update di iOS, Panggilan Grup Kini Bisa Dipakai Oleh 31 Peserta

Sebelumnya, WhatsApp meluncurkan pembaruan untuk para penggunanya di perangkat iOS. Pembaruan ini hadir untuk meningkatkan pengalaman panggilan grup. 

Dengan pembaruan tersebut, aplikasi WhatsApp milik Meta ini menambah jumlah maksimal peserta panggilan grup menjadi 31 orang. Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, dengan update ini, akan lebih banyak pengguna yang bergabung dalam panggilan grup.

Menurut keterangan Gadgets 360, Rabu (1/11/2023), dengan pembaruan terkini dari WhatsApp, pengguna bisa lebih efektif dalam melakukan panggilan grup.

Sebenarnya, pembaruan WhatsApp sebelumnya juga sudah mendukung panggilan grup hingga 32 peserta. Namun, pengguna di awal hanya dibatasi untuk memilih 15 kontak untuk memulai panggilan.

WhatsApp tidak menginformasikan peluncuran pembaruan panggilan grup ini di log perubahan resmi App Store. Namun, aplikasi ini telah mengonfirmasi bahwa pembaruan ini diluncurkan untuk semua pengguna iOS.

Di samping itu, WhatsApp telah meluncurkan fitur-fitur baru selama beberapa minggu terakhir, termasuk penggunaan dua akun dalam satu HP. Pengguna yang memiliki dua nomor telepon akhirnya dapat mendaftar WhatsApp dengan nomor kedua, menggunakan aplikasi yang sama.

WhatsApp juga telah menghadirkan dukungan kunci sandi  dan sidik jari untuk masuk ke aplikasi di Android. Ini merupakan autentikasi yang dirancang untuk mengganti penggunaan kata sandi dan menggunakan kriptografi kunci publik untuk melindungi informasi pengguna. 

Dukungan untuk kunci sandi telah mulai diterapkan di Android dan fitur ini terintegrasi dengan pengelola kata sandi Google. Namun, tidak ada informasi apakah fitur ini akan tersedia di iOS sebagai bagian dari pembaruan di masa mendatang.

 
3 dari 4 halaman

Fitur Baru WhatsApp Bakal Bisa Jawab Pertanyaan Pengguna Pakai AI

Selain itu, WhatsApp dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru WhatsApp yang memungkinkan mereka merespons pertanyaan bantuan dari pengguna memakai pesan yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI). 

Melalui pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android, fitur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan, dalam hal memberi respons yang lebih relevan dan bermanfaat kepada pengguna.

"Berkat pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.23.8, yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan bahwa WhatsApp memiliki rencana untuk meningkatkan kualitas layanannya dengan mengimplementasikan pesan-pesan yang dibuat oleh AI untuk bisa lebih baik dalam membantu pengguna di masa mendatang," kata WABetaInfo.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, fitur ini diharapkan dapat memperbaiki interaksi pengguna, mengurangi waktu respons, dan meningkatkan efisiensi pengalaman bantuan pengguna. 

Pesan yang dihasilkan oleh AI juga memiliki potensi memberikan solusi yang lebih personal dan efektif untuk menjawab pertanyaan pengguna. Pesan tersebut juga dapat memberikan tanggapan instan, bahkan di luar jam kerja reguler.

Selain fitur bantuan, aplikasi WhatsApp juga sedang mengembangkan kemampuan yang memungkinkan pemilik channel menambahkan admin baru. 

WhatsApp Channels akan semakin aktif dan efisien dengan adanya admin baru yang dapat mengunggah konten tambahan, demikian dikutip dari News18, Minggu (29/10/2023). 

Ini membantu memastikan channel selalu ter-update secara berkala. Fitur ini pun jadi hal penting seiring dengan bertambahnya ukuran atau aktivitas saluran.

Kedua fitur ini menunjukkan upaya WhatsApp untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna dan efektivitas layanannya. Meskipun masih dalam pengembangan, harapan akan keberhasilan dan manfaat fitur-fitur ini di masa mendatang.

4 dari 4 halaman

Channel WhatsApp Bakal Kehadiran Fitur Baru, Admin Kini Bisa Kirim Pesan Suara dan Stiker

Di samping itu, setelah meluncurkan layanan Channel beberapa waktu lalu, baru-baru ini WhatsApp dikabarkan sedang mengerjakan fitur berbagi pesan suara dan stiker di layanan tersebut.

"Tampaknya WhatsApp sedang mengembangkan fitur-fitur baru bagi admin Channel untuk meningkatkan interaksi mereka dengan pengikutnya," tulis WABetaInfo mengenai fitur baru WhatsApp Channel ini seperti dikutip dari situsnya, Rabu (25/10/2023).

"Berkat pembaruan WhatsApp Beta terbaru untuk Android 2.23.23.2, yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan WhatsApp berencana menambahkan fitur pesan suara dan stiker ke Channel di masa mendatang."

Saat ini, jenis pesan yang dapat dibagikan dalam WhatsApp Channel hanya teks, foto, video, dan GIF. Dan dengan kehadiran fitur pesan suara dan stiker, WhatsApp menawarkan cara komunikasi yang lebih dinamis dan ekspresif.

Fitur ini juga dipastikan bisa menghasilkan interaksi yang lebih baik dengan para follower di WhatsApp Channel. Selain itu, fitur ini juga disebut dapat membantu admin Channel menjangkau pemirsa lebih luas dengan membuat layanan ini tidak terlalu statis dan lebih menarik. 

Untuk saat ini, fitur berbagi pesan suara dan stiker di Channel sedang dalam pengembangan. Jadi, pengguna WhatsApp perlu menunggu kehadirannya melalui update aplikasi selanjutnya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.