Sukses

Program Beta One UI 6 Bakal Berakhir, Samsung Siap Rilis Versi Stabil ke Publik

Menurut unggahan dari moderator di Samsung Members, program beta One UI 6 akan berakhir di pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung diketahui sudah menjalankan program beta untuk One UI 6 ke sejumlah pengguna. Karenanya kini, perusahaan asal Korea Selatan itu dilaporkan bersiap untuk merilis update tersebut ke seluruh pengguna perangkat Galaxy.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Kamis (26/10/2023), informasi soal perilisan One UI 6 ini diketahui dari moderator Samsung Members melalui unggahannya. Disebutkan, ini merupakan pekan terakhir untuk program beta One UI 6.

Untuk itu, Samsung tidak akan ada lagi rilis beta untuk One UI 6. Dan kini, Samsung disebut tengah melakukan pemeriksaan tahap akhir untuk semua versi beta One UI, sebelum merilis versi stabilnya. 

Kendati demikian, ada kemungkinan Samsung akan merilis One UI versi beta jika dirasa masih ada masalah yang perlu diperbaiki. 

Kendati demikian, informasi mengenai jadwal rilis One UI versi terbaru ini belum diketahui. Namun mengingat program beta-nya akan berakhir, ada kemungkinan One UI 6 akan digulirkan dalam beberapa minggu ke depan bersama patch keamanan Android Oktober 2023.

Untuk diketahui, Samsung telah memperkenalkan tampilan antarmuka terbarunya yakni One UI 6.0 pada 5 Oktober 2023. One UI 6.0 diprediksi akan hadir untuk berbagai macam perangkat. 

Beberapa perangkat yang akan mendapatkan pembaruan One UI berbasis Android 14 ini adalah Galaxy S23, Galaxy S23 Ultra, Galaxy Z Fold 5, dan Z Flip 5, hingga model lama seperti Galaxy S21, Galaxy S22, Galaxy A52 , Galaxy A53, dan beberapa model lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

One UI 6.0 Berbasis Android 14 Siap Rilis, Cek Deretan Pembaruan yang Akan Hadir

Mengutip dari Gizhchina, Kamis (19/10/2023), One UI 6.0 akan memanfaatkan berbagai fitur baru yang diperkenalkan di Android 14. One UI terbaru ini juga akan memperkenalkan banyak perubahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Misalnya, fungsionalitas kamera, konfigurasi dan penyesuaian perangkat, dan desain tipografi yang fresh. Sementara untuk tampilan pada One UI berbasis Android 14 ini, diperkirakan tidak jauh berbeda dengan One UI 5.1.

Meskipun telah diperkenalkan, sejauh ini tidak ada tanggal rilis resmi untuk One UI 6.0. Namun, mengingat One UI 5.0 diluncurkan pada akhir Oktober 2022, ada kemungkinan Samsung akan merilis One UI 6.0 semakin dekat. 

Kendati demikian, sejumlah peningkatan dan pembaruan di One UI 6.0 tetap menarik untuk diketahui. Untuk mengetahui deretan pembaruan yang dihadirkan Samsung lewat One UI 6.0 untuk fungsi kamera, simak beberapa di antaranya berikut ini: 

  • Desain aplikasi kamera yang telah diubah untuk meningkatkan intuisi, serta tombol di layar kini lebih ramah pengguna.
  • Garis kisi di aplikasi kamera kini menyertakan garis datar untuk membantu pengguna mengambil foto dan video dengan lebih akurat.
  • Penambahan widget kamera baru yang memungkinkan akses cepat ke berbagai mode pengambilan dengan satu ketukan.
3 dari 5 halaman

One UI 6.0 Tingkatkan Fitur Fotografi dan Video

1. Perbaikan Galeri:

  • Pengeditan cepat pada tampilan detail gambar atau video dengan menggesek layar dari bawah ke atas saat melihat foto atau video.
  • Menyimpan gambar yang dipotong sebagai stiker, serta menggunakannya di foto atau video lain.

2. Pembaruan Editor Foto:

  • Alat editor foto menjadi lebih mudah diakses.
  • Alat “Luruskan” dan “Perspektif” telah digabungkan dalam bagian “Transformasi”.
  • Opsi latar belakang baru dan gaya telah ditambahkan untuk penambahan teks saat mengedit foto.

3. Editor Video Baru – Studio:

One UI 6.0 memperkenalkan editor video baru, yang disebut Studio. Editor video ini memiliki kemampuan mengedit yang lebih kompleks dan kuat. 

4. Peningkatan Pemutar Video:

  • Pemutar video di One UI 6.0 menjadi lebih baik dengan kontrol lebih bersih untuk pengalaman yang lebih baik.
  • Akses ke tombol untuk mengatur kecepatan pemutaran video menjadi lebih cepat dan nyaman.
4 dari 5 halaman

Perubahan Utama One UI 6.0 pada HP Samsung Galaxy

1. Peningkatan Panel Pengaturan Cepat 

Dengan adanya peningkatan ini, pengguna kini dapat mengakses tombol koneksi WiFi khusus dan tombol koneksi Bluetooth hanya dengan dua gesekan dari atas layar.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengatur kecerahan layar dan mengaktifkan mode kenyamanan langsung melalui shortcut di bagian bawah layar. 

Pengguna juga memiliki opsi mengubah cara mengakses panel. Dengan mengonfigurasinya agar terbuka dengan satu gesekan dari atas, sedangkan gesekan ke bawah dari tengah layar akan mengakses panel notifikasi.

2. Perbaikan Panel Notifikasi:

Dengan One UI 6.0, kini notifikasi muncul secara terpisah dengan desain baru. Dengan demikian, pengguna dapat mengurutkan notifikasi berdasarkan prioritas atau waktu penerimaannya.

Selain itu, saat pengguna mendengarkan musik di HP Samsung, akan muncul tampilan sampul album yang ditingkatkan.

3. Penyempurnaan Layar Beranda:

Di One UI 6.0, penataan ulang ikon di layar beranda lebih mudah digunakan. Kini pengguna dapat menggunakan satu jari untuk menyeret ikon aplikasi dan jari kedua untuk beralih antar halaman beranda. Dengan demikian, tidak perlu lagi menyeret ikon ke tepi layar.

Selain itu, jika menggunakan navigasi gerakan di Galaxy Z Fold, pengguna dapat menyembunyikan bilah tugas. Dan untuk memunculkannya kembali, cukup geser ke atas dari bawah layar.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini