Sukses

Fans Ucapkan RIP Sir Bobby Charlton atas Meninggalnya Sang Legenda Manchester United

Fans Manchester United membagikan RIP Sir Bobby Charlton atas meninggalnya sang legenda Manchester United dan punggawa skuad Inggris yang membawa Inggris juarai Piala Dunia 1966.

Liputan6.com, Jakarta - Legenda sepak bola Manchester United, Robert Charlton atau yang kini karib disapa Sir Bobby Charlton, meninggal dunia di usia 86 tahun, Sabtu (21/10/2023).

Sir Bobby Charlton adalah bagian dari skuad Inggris yang turut membawa The Three Lions menjuarai Piala Dunia 1966. Ia menjadi pilar Manchester United dan meraup berbagai prestasi, salah satunya Piala Champions edisi 1968.

Dalam keterangan resmi, klub sepak bola Manchester United menyebut, Sir Bobby Charlton meninggal dunia, merupakan pesepak bola dengan kualitas luar biasa.

"Sir Bobby akan selalu dikenang sebagai seorang raksasa dalam permainan," tulis keterangan resmi klub berjuluk The Red Devils itu.

Kepergian Sir Bobby Charlton ini pun menorehkan duka cita bagi kalangan fans Manchester United. Warganet penggemar MU ramai-ramai membagikan ulang pengumuman atas kepergian Sir Bobby Charlton dari unggahan Instagram MU ke Instagram Stories.

Hal ini sekaligus jadi bentuk penghormatan atas karier sang legenda Manchester United sekaligus skuad Inggris tahun 1960an.

Sementara itu, di media sosial lain seperti Twitter, RIP Sir Bobby Charlton banyak digemakan oleh para warganet dan fans Manchester United, termasuk para pemain sepak bola.

Pesepak bola Spanyol sekaligus mantan kiper Manchester United David De Gea menulis, "Seorang legenda sekaligus pilar sejati Manchester United, kapan pun orang memikirkan klub ini, mereka mengingat Sir Bobby Charlton. Anda akan selalu dikenang di dunia sepak bola. RIP."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ucapan Duka Cita dari Warganet dan Fans MU

"RIP Sir Bobby Charlton," kata warganet lainnya.

"RIP Sir Bobby Charlton. Anda memberikan banyak kegembiraan pada fans Manchester United dan fans sepak bola di seluruh dunia," kata warganet yang lain.

"Rest in love Legend, Sir Bobby Charlton, Beliau merupakan Legenda besar yang pernah dimiliki MU dan Inggris," tulis warganet yang lainnya.

"RIP Legend, Sir Bobby Charlton," kata warganet lainnya.

Ada pula warganet yang membahas tentang tribut menyentuh dari kapten Manchester United Harry Maguire setelah kepergian Sir Bobby Charlton.

"Dunia akan merindukannya. Sebuah tribut menyentuh dari Harry Maguire setelah kepergian Legenda Manchester United dan Inggris, Sir Bobby Charlton," kata warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Sir Bobby Charlton Torehkan 249 Gol

Sekadar informasi, Charlton merupakan produk asli akademi MU. Dia mencetak 249 gol dalam 758 pertandingan selama 17 tahun bersama Setan Merah. Torehannya tersebut membantu MU menjuarai berbagai trofi.

Bersama Timnas Inggris, Sir Bobby Charlton tampil dalam 106 pertandingan dan mencetak 49 gol. Dia sempat menjadi top skor di level klub dan negara sebelum disalip generasi-generasi baru.

Diabadikan Melalui Patung

Charlton tetap mengabdi kepada Manchester United sebagai direktur selama 39 tahun setelah gantung sepatu. Kontribusinya bagi klub membuat Charlton diabadikan bersama Denis Law dan George Best melalui patung Holy Trinity di luar Old Trafford.

“Premier League sangat berduka atas meninggalnya Sir Bobby Charlton, salah satu pemain terhebat dalam sejarah sepak bola Inggris,” tulis keterangan resmi Premier League.

4 dari 4 halaman

Profil Sir Bobby Charlton

Bersama Timnas Inggris, Bobby Charlton tampil dalam 106 pertandingan dan mencetak 49 gol. Dia jadi bagian skuad Timnas Inggris yang menjuarai Piala Dunia 1966.

Charlton memiliki banyak rekor di level klub dan timnas yang baru bisa dipecahkan beberapa dekade berselang. Dia membela MU dalam 758 pertandingan. Capaiannya ini baru dipatahkan Ryan Giggs pada 2008.

Selama membela Manchester United, Charlton juga membukukan 249 gol untuk menjadi top skor sepanjang masa klub. Dia akhirnya digeser Wayne Rooney tahun 2017.

Di level timnas, Charlton sukses menyumbang 49 gol bagi tanah kelahirannya. Capaian tersebut disalip Rooney pada 2015.

"Sir Bobby adalah pahlawan bagi jutaan orang, tidak hanya di Manchester, atau Inggris, tapi di mana pun sepak bola dimainkan di seluruh dunia. Dia dikagumi karena sportivitas dan integritas, serta kualitasnya yang luar biasa sebagai pesepak bola; Sir Bobby akan selalu dikenang sebagai raksasa dalam permainan," tulis keterangan resmi MU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.