Sukses

Samsung Luncurkan Android 14 Beta untuk Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy S21

Samsung telah merilis versi beta Android 14 untuk Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4, serta seri Galaxy S21. Pengguna dapat mendaftar untuk menguji coba OS baru milik Google ini melalui aplikasi Samsung Members.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Google Pixel saat ini sudah dapat menggunakan OS Android 14, namun sejumlah pengguna HP Android saat ini masih belum dapat mencicipi OS baru milik Google itu.

Mengutip 9to5Google, Minggu (15/10/2023), pemilik Galaxy Z Fold 4, Galaxy Z Flip 4, dan Galaxy S21 series dapat download Android 14 versi beta lewat program One UI 6.0.

Samsung membuka program beta One UI 6.0 pada bulan Agustus 2023 untuk seri Galaxy S23. Sejak itu, perusahaan memperluas akses ke Galaxy S22, Galaxy Z Fold 5 dan Flip 5, serta perangkat lainnya.

Tertanggal mulai pekan ini, Samsung telah merilis pembaruan beta Android 14 untuk Galaxy Z Fold 4 dan Flip 4, yang merupakan smartphone layar lipat keluaran 2022 perusahaan asal Korea Selatan ini. 

Meskipun pembaruan ini baru tersedia di Korea Selatan, pengguna berharap agar OS Android 14 dapat diuji coba di Indonesia, dan pasar global lainnya dalam beberapa minggu mendatang.

Sementara di AS, program beta yang sama sedang berlangsung untuk seri Galaxy S21. Pengguna Galaxy S21, S21+, dan S21 Ultra dapat mendaftar untuk mengakses beta Android 14 melalui aplikasi Samsung Members. 

Samsung tampaknya bergerak dengan cepat dalam menggelar versi beta Android 14-nya, dan jika berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, kita mungkin dapat mengharapkan pembaruan yang stabil sesegera mungkin

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Siap Rilis One UI 6 Berbasis Android 14

Seperti yang ita tahu, Samsung diketahui tengah menyiapkan One UI 6 untuk pengguna perangkat smartphone Galaxy. Saat ini, Samsung juga sudah mulai menggulirkan versi beta dari One UI terbaru. 

Meski masih sebatas versi beta, One UI 6 yang berbasis Android 14 ini dilaporkan hadir dengan beberapa fitur baru. Pengguna di beberapa negara yang sudah mendapatkan akses beta pun sudah merasakan beberapa fitur baru yang ditawarkan. 

Nah untuk mengetahui apa saja fitur baru yang ditawarkan di One UI 6 ini, simak beberapa di antaranya seperti dikutip dari Android Authority, Senin (25/9/2023).

Kendati demikian, informasi mengenai jadwal rilis One UI baru ini belum banyak diungkap. Karenanya, menarik untuk menunggu pengumuman resmi dari Samsung.  

Tampilan Homescreen

Ketika masuk ke homescreen One UI 6, hal pertama yang akan kamu lihat adalah font baru yang digunakan dan label ikon yang lebih sederhana. Samsung memiliki font default baru yang digunakan di semua bagian sistem sekarang.

Widget

One UI 6 diketahui memiliki beberapa widget baru. Kini, ada widget insight cuaca baru yang memberikan informasi lebih lanjut tentang kondisi cuaca setempat.

Samsung juga menghadirkan widget kamera baru yang lebih berfungsi sebagai pintasan khusus untuk mode kamera yang telah ditetapkan pengguna. Jika kamu lebih menyukai kombinasi pengaturan kamera tertentu, widget ini akan sangat berguna.

Layar kunci

Dengan One UI 6, jam lockscreen sekarang memiliki beberapa penyesuaian yang tersedia. Pengguna Samsung Galaxy dapat mengubah ukurannya, termasuk memilih lebih banyak font dan gaya.

3 dari 4 halaman

Panel Quick Settings di One UI 6

Panel Quick Settings

Panel Quick Settings (QS) telah mendapatkan banyak perhatian dalam pembaruan One UI 6. Pengaturan Wi-Fi dan Bluetooth sekarang mendapatkan barisnya sendiri di bagian atas panel QS. 

Sementara beberapa fitur lain, seperti mode kenyamanan mata dan mode gelap, di bagian bawah.

Sebelumnya, kamu bisa mengklik ikon pengaturan Wi-Fi dan Bluetooth untuk mengaktifkan dan menonaktifkannya dengan cepat. Lalu, mengetuk teks akan membuka menu mini yang memungkinkan kamu memilih fitur tertentu.

Sekarang, pengguna juga dapat mengaktifkan akses instan QS, sehingga pengguna bisa mengusap layar sisi kanan untuk mengakses versi penuh dari QS. Sementara, mengusap layar dari kiri ke bawah akan menampilkan notifikasi. 

Panel Notifikasi

Bersamaan dengan perubahan pada panel QS, panel notifikasi juga sudah mendapatkan penyesuaian. Panel notifikasi sekarang akan memiliki pemisah antar aplikasi, membuatnya tidak menyatu seperti dahulu.

Pengguna sekarang bisa mengurutkan notifikasi berdasarkan waktu. Jadi, pengguna dapat melewatkan urutan prioritas notifikasi jika diperlukan.

Lebih jauh lagi, notifikasi pemutar musik juga telah berubah. Artwork album lagu sekarang ditampilkan menutup seluruh latar belakang notifikasi, serta tampilan visual yang lebih apik. 

4 dari 4 halaman

Tampilan Emoji Berbeda di One UI 6

App Drawer

App Drawer sekarang memungkinkan kamu mencari fungsi penekanan lama khusus aplikasi. Jadi, kamu dapat dengan cepat masuk ke tindakan tertentu dalam aplikasi secara langsung.

Gaya Emoji Baru di Samsung Keyboard

Samsung telah menyegarkan tampilan emoji di keyboard Samsung. Mereka kehilangan beberapa tampilan mengkilap tetapi tetap terlihat bersih.

Aplikasi Kamera

One UI 6 membuat menu pindah resolusi di aplikasi kamera lebih muda. Baik dalam opsi foto dan video. 

Pengaturan Watermarks sekarang memisahkan opsi tanggal dan waktu. Jadi, pengguna bisa memilihnya satu per satu, termasuk lokasinya.

Fitur pemindaian dokumen mendapatkan pengaturan tersendiri, terpisah dari Scene Optimizer. Aplikasi kamera sekarang memiliki tiga pengaturan pengoptimalan kualitas untuk foto, serta pengaturan auto-FPS baru untuk video.

Aplikasi Galeri

Aplikasi Galeri memiliki tampilan detail baru yang memungkinkan pengguna menerapkan efek dan pengeditan ke gambar atau video secara lebih cepat.

Selain itu, pengguna juga hanya perlu mengusap ke atas dari bagian bawah layar untuk membuka tampilan detail. Lalu, ada pula fitur two-handed drag-and-drop.

Editor Foto

Editor Foto dalam aplikasi Galeri telah menerima beberapa perubahan:

  • Menu Tools yang baru, menata ulang fitur pengeditan.
  • Sekarang, kamu bisa membatalkan dan mengulang beberapa lapisan pengeditan.
  • Pengeditan teks sekarang menyertakan beberapa gaya dan latar belakang yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.