Sukses

Threads Tambahkan Fitur Edit Postingan Gratis, Beda dengan X Alias Twitter

Threads, aplikasi pesan dari Meta, merilis pembaruan fitur termasuk tombol edit untuk memperbaiki kesalahan.

Liputan6.com, Jakarta - Meta terus berinovasi dengan merilis pembaruan berbagai fitur untuk Threads. Salah satu yang terbaru, Threads kini dilengkapi dengan tombol edit.

Dengan adanya tombol edit, memungkinkan pengguna untuk memperbaiki kesalahan tanpa harus menghapus dan memposting ulang.

Meta mengakui pentingnya fitur ini, terutama jika dibandingkan dengan Twitter yang membutuhkan waktu 16 tahun untuk menambahkan tombol edit, dan bahkan perlu membayar untuk mengakses fitur tersebut. 

Di sisi lain, Threads memperkenalkan opsi serupa dalam waktu kurang dari tiga bulan peluncuran, dan yang lebih baik lagi, fitur ini gratis untuk semua pengguna, baik di ponsel maupun web.

Sayangnya, Threads tidak menyediakan riwayat pesan yang diedit. Ini mungkin menjadi kekurangan dalam hal transparansi, terutama jika ada perubahan signifikan pada postingan yang diedit.

Menurut Engadget, dikutip Minggu (15/10/2023), fitur ini dapat digunakan dalam rentang waktu 5 menit setelah postingan diunggah, berbeda dengan Twitter yang menawarkan rentang waktu hingga satu jam. 

Selain tombol edit, Threads juga kenalkan opsi unik untuk memposting klip suara dengan fitur "Karaoke-style Transcription". Fitur ini memungkinkan pengguna yang lebih suka berbicara, agar dapat membuat thread tanpa mengetik. 

Selain itu, kabarnya, aplikasi pesan milik Mark Zuckerberg ini juga sedang menggarap fitur trending topics, salah satu fitur yang sangat berguna di platform kompetitornya milik Elon Musk, X alias Twitter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Threads Hadirkan Trending Topics

Selain itu, Threads juga dilaporkan sedang bersiap untuk menghadirkan fitur Trending Topics. Fitur ini disebut merupakan langkah Threads bersaing dengan X alias Twitter.

Dikutip dari Tech Crunch, Rabu (11/10/2023), seorang pengguna Threads melihat pembaruan dalam tangkapan layar yang diposting secara tidak sengaja oleh karyawan Threads pada akhir pekan.

Unggahan tersebut menunjukkan daftar topik yang sedang tren serta berapa banyak “threads” yang secara aktif mendiskusikan setiap item.

Namun, tidak seperti di X Twitter, terlihat daftar tren utama Threads tidak disertai dengan daftar tren lainnya berdasarkan topik. Misalnya, Berita, Olahraga, Hiburan, atau daftar Tren yang dipersonalisasi “For You”.

Meskipun demikian, penambahan fitur baru ini disebut akan menjadi langkah bagi Threads lebih kompetitif dengan X, mengingat X juga terus menerus melakukan perubahan pada aplikasinya. Karenanya, langkah ini diharapkan bisa menarik pengguna ke Threads.

Threads dengan cepat meluncurkan fitur-fitur baru untuk menyempurnakan aplikasi. Mulai dari feed yang disusun kronologis, aplikasi web, peralihan profil yang mudah, cara untuk melihat postingan yang disukai, serta kemampuan penelusuran.

Kendati demikian, semua fitur tersebut belum dianggap mampu membuat Threads menyaingi X. Kombinasi fitur search dan tren telah menjadikan X sebagai jaringan untuk mendapatkan berita terkini.

Sementara Threads belum menghadirkan fitur tersebut dalam aplikasinya hingga sekarang. Karenanya, kehadiran fitur Trending Topics disebut bisa membuat aplikasi tersebut makin bersaing dengan X. 

 

3 dari 5 halaman

Fitur Hapus Akun Threads Tanpa Lenyapkan Instagram

Beralih dari kabar tersebut, baru-baru ini, Meta mengungkapkan bahwa mereka tengah bersiap meluncurkan fitur hapus akun Threads tanpa hapus akun Instagram, yang direncanakan akan mulai bergulir pada bulan Desember 2023.

Michel Protti, chief privacy officer for product, Meta, dalam acara TechCrunch Disrupt mengatakan, pada awalnya perusahaan sudah banyak mempertimbangkan cara menangani permintaan penghapusan.

Namun ia menyebut, secara teknis sulit untuk memisahkan kedua akun tersebut saat Threads dirilis.

"Secara teknis, sangat sulit untuk mengizinkan penghapusan akun Threads terpisah tanpa menghapus akun Instagram Anda secara keseluruhan," kata Protti mengutip Tech Crunch, Senin (2/10/2023).

"Jadi kami memberikan perhatian khusus untuk memastikan pengguna masih dapat menggunakan hak penghapusannya, dengan menonaktifkan akun untuk menyembunyikan semua konten, menyetelnya ke pribadi, atau menghapus thread individual."

"Anda dapat menonaktifkan profil Threads kapan saja, tetapi profil Threads hanya bisa dihapus dengan cara menghapus akun Instagram Anda," kata Meta dalam kebijakannya terkait hapus akun Threads.

4 dari 5 halaman

Instagram Sudah Tahu Kritik Pengguna

Head of Instagram, Adam Mosseri, mengungkapkan bahwa pihak perusahaan sudah tahu tentang masalah dan protes dari pengguna ini, di mana ia mengaku juga dapat beberapa pertanyaan soal itu.

Melalui akun Threads-nya, seperti dikutip Senin (10/7/2023), Mosseri pun mengatakan bahwa nantinya, pengguna akan bisa menghapus akun media sosial itu, tanpa harus menghapus akun Instagram mereka.

"Untuk memperjelas, Anda dapat menonaktifkan akun Threads Anda, yang menyembunyikan profil dan konten Threads Anda, Anda dapat menyetel profil Anda ke pribadi, dan dapat menghapus setiap kiriman utas – semuanya tanpa menghapus akun Instagram Anda."

Selain itu, Adam Mosseri juga mengungkapkan Meta sedang mencoba mencari cara agar akun Threads dan Instagram bisa dihapus secara terpisah, tanpa harus menghilangkan satu sama lain.

"Threads diberdayakan oleh Instagram, jadi saat ini hanya satu akun, tetapi kami sedang mencari cara untuk menghapus akun Threads Anda secara terpisah," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini