Sukses

CTO Dell Bicara Penggunaan AI di Masa Depan, Gandeng Nvidia dan Intel

Dell menjadikan produk mereka sebagai kombinasi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan kecerdasan (AI), serta bermitra dengan penyedia akselerator lain.

Liputan6.com, Jakarta - AI (kecerdasan buatan) bukanlah hal baru. AI sebagai konsep penggunaan mesin dan algoritma untuk melakukan pengambilan keputusan telah ada selama beberapa dekade.

Untuk pertama kalinya, dunia dihadapkan pada sesuatu yang disebut AI generatif, kelas baru dari sistem AI berskala besar dan didasarkan pada model bahasa besar (large language model/LLM).

Dell telah memiliki strategi AI selama hampir 7 tahun, yang dikenal sebagai AI-in, AI-for, dan AI-with. John Roese, Global CTO Dell Technologies, mengungkapkan bahwa selama lebih dari 5 tahun, setiap produk yang dibuat Dell memiliki semacam kecerdasan mesin di dalamnya.

Dell meyakini produk mereka merupakan kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, dan kecerdasan. 

Mereka juga telah mengenal AI aktif hampir 4 tahun lalu, yakni ketika manusia membangun dan menerapkan sistem AI, bahkan sebelum adanya AI generatif.

"Sistem tersebut sangat kompleks dan menuntut. Kami memberi tahu pelanggan bahwa mereka harus menganggap AI bukan sebagai beban kerja, melainkan sebagai pengguna kelas baru," ungkap Roese.

Dell mulai membangun sistem yang dioptimalkan untuk AI, dengan produk pertamanya DSS 84-40. Itu adalah server berskala besar dengan 2 CPU dan hingga 20 akselerator. Server tersebut dibangun untuk memberikan pelatihan model AI berskala besar yang efisien.

Kini, saat memasuki era gen A, Dell melakukan perluasan portofolio yang dramatis. Perusahaan bekerja sama dengan penyedia akselerator lain, seperti server seri 9.000 baru dengan Nvidia. Mereka juga memiliki platform edge yang dioptimalkan untuk AI dan penyimpanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mitra Strategis

Meskipun kebanyakan orang menganggap AI adalah masalah komputasi, Dell bukanlah sekadar penyedia komputasi. Sebagai pemimpin besar dalam penyimpanan, mereka menyatukan kedua sistem.

"Jadi AI-on adalah tentang kita membangun kelas infrastruktur baru yang memungkinkan pelanggan menerapkan, membangun, dan mengoperasikan sistem AI. Sedangkan AI-for adalah tentang penggunaan AI di dalam Dell ," Roese menjelaskan.

Dell telah mengidentifikasi dan menjalankan 100 proyek yang mencakup hal-hal seperti mengoptimalkan dan meningkatkan proses penjualan, kemampuan layanan, dan cara mengelola konten.

Dell juga melihat peluang besar untuk meningkatkan kemampuan proses menggunakan AI secara mendalam untuk mengalihkan pekerjaan ke mesin dan mengubah cara menjalankan proses serta mendorong produktivitas dan efisiensi.

Perusahaan telah membangun ekosistem dengan Nvidia, Intel, dan lainnya. Tidak hanya itu, perusahaan telah membuat solusi mudah didapatkan oleh pelanggan dengan mudah melalui Apex dan lainnya.

"Jadi misi kami bukan hanya menyediakan teknologi, tetapi juga menjadi mitra strategis yang membantu pelanggan bekerja di ekosistem yang kompleks ini agar benar-benar dapat diproduksi," ungkap Roese.

3 dari 4 halaman

Dell Bocorkan Aset Perusahaan Tembus Rp 31,4 Triliun

Dell mengungkapkan catatan keuangannya beberapa minggu lalu. Presiden Asia Pasifik dan Jepang Dell Technologies Peter Marrs membocorkan, perusahaan memiliki aset lebih dari USD 2 miliar atau Rp 31,4 triliun.

Semua adalah tentang peluang yang dimiliki oleh Dell . "Jadi Anda melihat USD 55 miliar (Rp 865,1 triliun), kami sedang melihat pemberi tag sebesar 23 persen dan peluang AI. Ini akan meningkat dua kali lipat dalam beberapa tahun ke depan," ungkap Marrs berdasarkan perkiraan perusahaan dari IDC.

Data Dell berada di pusat data lokal sebesar 83 persen. Dan bagian lainnya hanya sekitar 50 persen dari pengeluaran untuk server yang dipercepat GPU.

"Saya ingat ketika PC, revolusi PC terjadi dan kemudian kita menambahkan .com atau internet dan saya melihatnya sebagai peluang yang lebih besar dan lebih besar lagi," ucap Marrs.

Peluang besar dan area pertumbuhan besar menjadi fokus yang dikendalikan Dell. Perusahaan membicarakan tentang desain yang telah divalidasi, hal-hal yang dihadirkan, dan kerja sama dengan mitra untuk mewujudkan hal ini.

4 dari 4 halaman

Dell Bermitra dengan Berbagai Sektor Berbeda

Dell memiliki banyak mitra baru yang menawarkan GPU sebagai layanan, baik untuk pengguna lama hingga pemerintah. Perusahaan tradisional juga terlibat untuk persyaratan uji coba awal dan kesimpulan.

Marrs mengungkapkan, "Kami memiliki beberapa perbedaan di Asia dibandingkan dengan pasar lain. Dan mitra tradisional juga bersandar pada desain tervalidasi yang selaras dengan penawaran multi-cloud kami untuk AI."

Dia juga mengungkapkan kerja sama Dell dengan beberapa mitra, seperti perusahaan periklanan digital besar di Jepang, bank global BFSI, perusahaan manufaktur besar, telekomunikasi, dan lainnya.

Dengan demikian, aset yang ada saat ini diperkirakan meningkat dua kali lipat dalam beberapa tahun ke depan, didorong oleh AI generatif dan jelas kami adalah pemimpin pasar.

Dell mengaku memiliki solusi terbaik di industri ini dan akan terus menyempurnakannya. Seiring dengan berkembangnya perusahaan, mereka akan menjadi penyedia solusi yang berbeda untuk setiap permasalahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.