Sukses

Vivo Luncurkan Funtouch OS 14, Ini Sederet Fitur Barunya

Vivo resmi meluncurkan Funtouch OS 14 berbasis Android 14, berikut ini sejumlah fitur barunya.

Liputan6.com, Jakarta - Vivo secara resmi memperkenalkan Funtouch OS 14 berbasis Android 14 yang baru saja diluncurkan Google beberapa waktu lalu.

Dalam pembaruan ini, Vivo mengatakan fokusnya adalah pada peningkatan manajemen memori, kemampuan multitasking, personalisasi, privasi dan keamanan, serta menawarkan alat editing video baru.

Mengutip laman resminya, Minggu (8/10/2023), fitur yang diperkenalkan di Funtouch OS 14 adalah Smooth Envision, yang bertujuan untuk memperlancar pengalaman penggunaan OS.

Di sini, sistem operasi baru berbasis Android 14 ini mengurangi jumlah proses yang persisten dan mengoptimalkan penggunaan RAM.

"Fitur Penghemat RAM yang ditingkatkan ini menambah ruang RAM yang tersedia hingga 600 MB untuk perangkat dengan konfigurasi RAM 8 GB ke atas, membuat multitasking menjadi mudah," kata Vivo.

Selain itu, terdapat App Retainer baru untuk memastikan aplikasi yang masuk white list dan belum ditutup secara manual, selalu dapat kembali ke antarmuka terakhir.

Jadi, pengguna bisa dengan mudah melanjutkan pekerjaannya yang tertinggal sebelum beralih ke aktivitas lainnya.

Di model tertentu, Funtouch OS 14 menghadirkan Motion Blur, peningkatan dengan algoritme canggih untuk menyimulasikan motion blur, saat membuka dan menutup aplikasi di layar beranda.

Pendekatan berbasis perangkat lunak ini meningkatkan kehalusan tampilan dengan kecepatan refresh 60 Hz sebesar 18,7 persen, untuk memastikan transisi visual yang halus.

Peningkatan lain disematkan pada small window. Pengguna pun dapat mengaktifkan hingga 12 small window di latar belakang, serta terdapat dukungan untuk suspensi side-swipe.

Pengguna perangkat Vivo atau iQOO yang dapat OS ini nantinya juga dapat dengan mudah beralih di antara mode jendela kecil, dengan satu ketukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Editing Video hingga Keamanan

Untuk opsi personalisasi, pengguna Funtouch OS 14 dapat menyesuaikan gaya jam di layar kunci, dengan opsi untuk memilih dari tiga gaya tata letak jam dan delapan gaya font. Gaya Always-On Display dan tema minimalis baru juga diperkenalkan di sini.

Funtouch OS 14 juga hadir dengan kemampuan pengeditan video baru. Pengguna sekarang bisa mengekspor video dalam kualitas aslinya, di mana ini mendukung ekspor lossless.

Pengaturan kualitas video yang dapat disesuaikan, termasuk resolusi hingga 4K pada 60FPS. Selain itu, 25 filter telah ditambahkan untuk memudahkan pengeditan video.

Funtouch OS 14 juga memungkinkan pengguna menyesuaikan kecepatan pemutaran video, pemutaran berulang, menikmati pemutaran layar penuh, atau mengambil tangkapan layar.

Di sektor keamanan, Funtouch OS 14 memiliki fitur Smart Mirroring baru, yang memungkinkan pengguna bisa membagikan layar tanpa khawatir notifikasi akan muncul dan mengungkapkan informasi pribadi.

Selain itu, foto tersembunyi milik pengguna juga dapat dilindungi dengan verifikasi kata sandi tambahan.

Lebih lanjut, Funtouch OS 14 akan tersedia terlebih dulu di Vivo X90 Pro dan iQOO 11 mulai pertengahan Oktober 2023.

3 dari 4 halaman

Vivo V29 Rilis di Indonesia

Di Indonesia, Vivo baru saja meluncurkan smartphone terbarunya, Vivo V29.  Smartphone ini hadir dengan fitur andalan Ultimate Portrait yang didukung peningkatan dari sisi aspek pencahayaan, sebagai salah satu elemen krusial di portrait photography.

Salah satu peningkatan di Vivo V29 ditunjukkan dengan fitur Aura Light Portrait with Smart Lighting Control, agar pengguna dapat menangkap momen terbaik dengan kualitas ala studio foto profesional, meski dalam pencahayaan yang tidak ideal.

Vivo V29 hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,78 inci. Performa smartphone ini ditopang chipset Snapdragon 778G dengan dua pilihan memori yakni RAM 8GB/ROM 256GB dan RAM 12GB/ROM 512GB.

Vivo membenamkan baterai berkapasitas 4.600mAh yang mendukung fast charging 80W. Smartphone ini dibekali pula dengan teknologi 24-Dimension Security Protection untuk keamanan pengisian daya.

Selain itu, smartphone ini juga menggunakan Ultra Large Vapor Chamber Cooling System, dengan total area pendinginan lebih dari 35.000 mm persegi. 20 persen lebih besar dibanding pendahulunya.

 

4 dari 4 halaman

Harga Vivo V29 di Indonesia

Beralih ke departemen fotografi, HP Vivo ini hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari 50MP OIS Ultra-Sensing Camera, 8MP Super Wide-Angle, dan lensa monokrom 2MP. Kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 50MP AF Group Photo.

Vivo turut membenamkan sejumlah fitur untuk mendukung kemampuan pengambilan gambar seperti Super Night Video, Ultra Stable Video, Vlog Movie Creator, Food Mode, hingga Super Moon Mode + Astro Mode.

Smartphone ini juga telah melalui berbagai tes laboratorium dengan 42.000 kali Micro-Drop Test dan 150.000 kali. Vivo 29 tersedia dalam tiga pilihan warna yakni velvet red, peak blue, dan noble black.

Vivo V29 menjalankan Funtouch OS 13 berbasis Android 13. Vivo membanderol smartphone ini dengan harga Rp 5.999.000 (RAM 8GB/ROM 256GB) dan Rp 6.999.000 (RAM 12GB/ROM 512GB).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.