Sukses

Deretan Teknologi di Asian Games 2023: 5G, Augmented Reality Sampai Energi Terbarukan

Asian Games Hangzhou 2022 menampilkan teknologi hijau dan inovatif, menunjukkan komitmen Tiongkok terhadap pembangunan berkelanjutan dan energi ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta - Asian Games ke-19 Hangzhou dilirik banyak orang karena menampilkan teknologi hijau yang inovatif. Teknologi hijau ini dianggap yang mencerminkan komitmen Tiongkok terhadap pembangunan rendah karbon dan berbasis inovasi green energy. 

Dalam acara ini, berbagai aspek teknologi hijau telah digunakan, mulai dari tempat olahraga berbasis energi terbarukan hingga aplikasi teknologi canggih augmented reality.

Tempat olahraga hijau adalah salah satu sorotan utama Asian Games kali ini. Tempat-tempat ini dilengkapi dengan sumber energi bersih seperti angin dan fotovoltaik– alat konversi radiasi matahari menjadi energi. 

Seperti halnya di Zhejiang Power Exchange Center, energi hijau digunakan dari berbagai sumber, termasuk angin lepas pantai dan fotovoltaik dari berbagai wilayah di Tiongkok.

Menurut laporan Global Times, Rabu (27/9/2023), 65 tempat dan fasilitas terkait perlombaan telah mengadopsi pasokan listrik ramah lingkungan, dan mencapai 100 persen pasokan listrik bersih. 

Bangunan yang hemat energi juga menjadi bagian dari upaya perlombaan untuk menjalankan konsep ramah lingkungan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangunan Hemat Energi

Contohnya, di Arena Olahraga Akuatik Hangzhou Olympic Sports Centre, sistem pemandu cahaya cerdas digunakan untuk menghemat energi dengan memaksimalkan pemanfaatan cahaya alami.

Selain itu, berbagai tempat olahraga juga mengadopsi elemen penghijauan untuk mengurangi dampak lingkungan. 

Di Pusat Olahraga Air Fuyang, penanaman berbagai jenis tanaman hijau telah meningkatkan penghijauan arena dan membantu menangkap karbon serta meningkatkan kenyamanan termal.

3 dari 4 halaman

Penggunaan Obor Digital

Selain infrastruktur fisik, penggunaan teknologi juga menjadi bagian dari pendekatan hijau Asian Games ini.

Aplikasi teknologi termasuk bus tanpa pengemudi dan pembawa obor digital berteknologi augmented reality, yang mencerminkan komitmen Tiongkok terhadap inovasi menciptakan perlombaan olahraga berkelanjutan.

Melalui Asian Games Hangzhou, Tiongkok berharap untuk memberikan contoh bagi kota-kota lain di negara ini dalam mengadopsi pendekatan hijau dan berteknologi tinggi dalam pembangunan mereka. 

Ini adalah langkah positif dalam mendukung pembangunan berkelanjutan dan mengurangi dampak lingkungan dalam penyelenggaraan acara olahraga besar seperti Asian Games.

4 dari 4 halaman

AI, 5G hingga Bus Tanpa Pengemudi

Masih dari Global Times, adanya pengumuman bahwa upacara pembukaan Asian Games ke-19 menggunakan metanol nol karbon untuk pertama kalinya merupakan langkah yang signifikan dalam menjadikan acara ini carbon-neutral.

Penggunaan bahan bakar metanol yang diregenerasi dari limbah karbon akan membantu mengurangi emisi karbon selama acara tersebut dan menjadi contoh nyata komitmen Tiongkok terhadap transformasi hijau dan tujuan karbon ganda.

Selain itu, kecerdasan buatan (AI) dan teknologi digital telah menjadi fitur utama dalam Asian Games Hangzhou.

Penggunaan teknologi pemandu kawat 3D dalam upacara pembukaan menciptakan pengalaman digital yang unik, sementara infrastruktur teknologi seperti jaringan 5G, pengisian energi baru, dan sistem manajemen cerdas akan memastikan pengalaman yang lebih baik bagi para penonton.

Kehadiran bus tanpa pengemudi yang cerdas juga mencerminkan komitmen Hangzhou untuk transformasi cerdas dalam transportasi umum.

Ini adalah langkah yang baik dalam mengoptimalkan struktur energi kota dan mengembangkan industri hijau dan cerdas.

Seluruh acara Asian Games Hangzhou akan menjadi platform untuk mendemonstrasikan model-model baru dalam manajemen perkotaan, layanan publik, dan pembangunan berkelanjutan.

Hal ini akan mempromosikan integrasi konsep pembangunan hijau, rendah karbon, dan berkelanjutan dalam acara olahraga besar ini, memberikan contoh bagi kota-kota lain di Tiongkok dan di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini