Sukses

ATVI Bersama TDA Gelar Workshop Fotografi: Maksimalkan Foto Produk dengan Teknik Foto dan AI

Akademi Televisi Indonesia (ATVI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan komunitas pengusaha Tangan Di atas (TDA) Regional Jakarta Barat.

Liputan6.com, Jakarta Akademi Televisi Indonesia (ATVI) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan komunitas pengusaha Tangan Di atas (TDA) Regional Jakarta Barat di Studio 3 Indosiar Jakarta, Jumat (22/09/2023).

Kesepakatan ini ditandatangani oleh Direktur ATVI, Melitina Tecoalu dan Ketua TDA Jakarta Barat, Syafli Antia.

TDA sendiri adalah komunitas pengusaha yang saling memberdayakan dan terus mengeksplorasi sumber daya bisnis berbasis teknologi.

Sebagai bentuk awal kerja sama, ATVI dan TDA menggelar workshop fotografi bertema 'Sukses Foto Produk dengan Teknik Foto dan AI', yang bertujuan mengajarkan cara-cara praktis menghasilkan karya foto dengan smartphone, untuk memaksimalkan promosi produk dari para peserta workshop.

Sebagai pemateri, dosen fotografi ATVI, Erwin Mulyadi, memaparkan materi dan berbagi tips praktis untuk memaksimalkan karya foto dengan teknik yang benar, plus dibantu AI.

<p>Dosen fotografi ATVI, Erwin Mulyadi, memaparkan materi di workshop fotografi bertema 'Sukses Foto Produk dengan Teknik Foto dan AI'. Dok: ATVI</p>

Acara yang berlangsung selama dua jam ini dihadiri 40 orang yang umumnya adalah pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Jakarta.

Sementara itu, Direktur ATVI Melitina Tecoalu dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini menjadi wujud komitmen ATVI dalam berbagi pengetahuan untuk membawa Indonesia lebih unggul di masa mendatang.

"ATVI juga bertekad mengisi kebutuhan SDM di bidang kreatif dan spesifik dengan rencana membuka tiga program studi S1 yaitu S1 Kajian Film, TV dan Media, S1 Seni Pertunjukan, serta S1 Bisnis Digital, sehingga mengubah status ATVI menjadi Institut Media Digital Emtek (IMDE)," ungkap Melitina.

Adapun untuk Prodi Vokasional Sarjana Terapan Produksi Media, untuk penerimaan mahasiswa baru tahun depan, sudah bisa melakukan pendaftaran early bird hingga 30 November 2023 dengan mendapat potongan biaya kuliah hingga 30 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

ATVI Jajaki Kerjasama dengan Korea Selatan, Siapkan Mahasiswa Hadapi Industri 4.0

Sebelumnya, ATVI menegaskan akan terus semakin memperluas jaringan kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri.

Hal ini diwujudkan dengan ATVI menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan empat universitas di Korea Selatan, yaitu Sehan University, Kyungdong University, Jungwon University, dan Mokpo Science University.

Adapun MoU tersebut ditandatangani oleh Direktur ATVI, Dr. Melitina Tecoalu, bersama dengan perwakilan dari keempat universitas Korea Selatan.

Acara ini difasilitasi oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 3 di Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Kampus Juanda, Bekasi, pada Rabu (20/09/2023).

MoU ini juga ditandatangani oleh 10 perguruan tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah III, 6 Perguruan Tinggi di lingkungan LLDIKTI Wilayah X, serta 4 Perguruan Tinggi dari Korea Selatan.

Kerjasama ini merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Melalui program ini, mahasiswa ATVI dapat mengambil kuliah di universitas mitra di Korea Selatan selama satu tahun dan mendapatkan gelar ganda.

“Kami sangat senang dengan kerjasama ini karena Korea Selatan adalah salah satu negara yang terkenal dengan industri entertainment-nya,” ujar Dr. Melitina dalam keterangan resmi, Sabtu (23/9/2023).

"Hal ini sangat relevan dengan ATVI yang merupakan bagian dari Emtek Group, salah satu perusahaan media dan entertainment terbesar di Indonesia," katanya.

Salah satu realisasi dari MoU tersebut, antara lain Program Double Degree, seperti 3+1, dimana mahasiswa ATVI dapat berkuliah 3 tahun di ATVI dan 1 tahun di Univ pilihannya di Korsel tersebut. "Dengan demikian, saat lulus 4 tahun memperoleh dual degree."

3 dari 5 halaman

Tingkatkan Kompetensi dan Keterampilan Mahasiswa ATVI

Menurut Dr. Melitina, program ini akan memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa ATVI dalam belajar tentang budaya, bahasa, dan teknologi Korea Selatan.

Selain itu, program ini juga akan meningkatkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa ATVI dalam bidang televisi dan media digital.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ir. Afriansyah Noor, M.Si, yang hadir dalam acara tersebut. Beliau mengatakan bahwa kemampuan berbahasa asing adalah salah satu faktor penting untuk memasuki pasar kerja global.

“Indonesia memiliki banyak potensi pekerja yang diminati oleh negara-negara asing, termasuk Korea Selatan. Namun, mereka harus mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa asing. Oleh karena itu, saya mengapresiasi kerjasama ini yang dapat membantu mahasiswa ATVI untuk menguasai bahasa Korea,” kata Ir. Afriansyah.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof. Toni Toharudin, S.Si, M.Sc, mengungkapkan bahwa kerjasama antara perguruan tinggi di Indonesia dan Korea Selatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

4 dari 5 halaman

Persiapkan SDM dengan Kebutuhan Industri 4.0

“Kerjasama ini dapat membuka peluang bagi mahasiswa dan kampus untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman. Ini juga dapat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) nomor 6 yang telah ditetapkan oleh pemerintah, yaitu kemitraan di tingkat program studi,” jelas Prof. Toni.

Dari pihak Korea Selatan, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul, Gogot Suharwoto, PhD, menyambut baik kerjasama ini sebagai bentuk konkret dari hubungan bilateral antara kedua negara.

“Kerjasama ini dapat menjadi salah satu cara untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul dan sesuai dengan kebutuhan industri 4.0. Kami berharap lulusan dari program ini dapat menjadi agen perubahan bagi pembangunan Indonesia di masa depan,” tutur Gogot.

Dengan adanya kerjasama ini, ATVI semakin menunjukkan komitmennya untuk menjadi institut pendidikan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing di bidang televisi dan media digital. ATVI juga berharap dapat menjalin kerjasama dengan lebih banyak perguruan tinggi luar negeri lainnya di masa mendatang.

5 dari 5 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Pasar Tanah Abang dan Produk UMKM Tergerus Lapak Online. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini