Sukses

iPhone Tak Bisa Update ke iOS 17, Ini Hal yang Bisa Kamu Lakukan

Bagi kamu pemilik iPhone yang tidak mendapatkan update ke iOS 17, cek sejumlah hal yang bisa kamu lakukan di artikel berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta - iOS 17 resmi digulirkan Apple untuk semua pengguna iPhone yang mendukung. Namun seperti biasa, ada pula beberapa iPhone yang tidak bisa lagi menjajal pengalaman iOS versi terbaru ini.

Untuk iOS 17, daftar iPhone yang sudah tidak bisa lagi menerima pembaruan adalah iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X. Karenanya, pengguna ketiga iPhone tersebut sudah tidak bisa lagi merasakan pengalaman memakai iOS versi terbaru.

Lantas, bagaimana dengan mereka yang masih menggunakan tiga iPhone tersebut dan tidak bisa mendapatkan update ke iOS 17?

Simak beberapa hal yang bisa dilakukan bagi mereka yang tidak bisa lagi melakukan update iOS terbaru, seperti dikutip dari Make Use Of, Selasa (19/9/2023).

Pakai Aplikasi Pihak Ketiga untuk Rasakan Sejumlah Fitur Baru iOS 17

Seperti diketahui, iOS 17 membawa sejumlah pembaruan fitur untuk para pengguna iPhone. Namun, bagi mereka yang tidak lagi bisa melakukan update, tentu tidak bisa merasakan deretan fitur baru tersebut.

Kendati demikian, bukan berarti kamu sepenuhnya tidak bisa merasakan sejumlah fitur baru tersebut. Seperti diketahui, App Store memiliki banyak aplikasi untuk iPhone yang sebenarnya menawarkan pengalaman serupa.

Sebagai contoh, ada aplikasi Day One Journal yang bisa menggantikan fitur aplikasi Journal di iOS 17. Lalu, ada aplikasi Life360 yang sebenarnya memiliki fungi serupa fitur Check In.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hal Lain yang Bisa Kamu Lakukan

Tingkatkan Performa iPhone

Mengingat iPhone milikmu tidak bisa mendapatkan update terbaru, ada kemungkinan performanya tidak akan seoptimal dulu. Namun bukan berarti, kamu tidak bisa lagi menggunakannya.

Untuk itu, selalu pastikan menjaga performanya agar tetap bisa digunakan. Salah satunya adalah selalu memasang update yang digulirkan Apple, meski itu bukan iOS 17.

Perlu diketahui, iPhone yang tidak mendapatkan iOS 17 tidak jarang masih mendapatkan update keamanan dan bug fixes. Karenanya, pastikan untuk memasangnya ketika pembaruan itu dirilis.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah membersihkan memori dan cache yang ada di iPhone. Dengan demikian, performa iPhone tersebut masih bisa diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari

Upgrade ke iPhone Terbaru

Selain dua cara di atas, hal yang tentu perlu menjadi pertimbangan tentu beralih ke iPhone terbaru yang sudah mendukung iOS 17. Jadi, kamu sepenuhnya bisa mendapatkan pengalaman memakai iOS terbaru.

Hanya perlu diingat, hal ini tentu perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang kamu miliki. Bukan berarti, kamu harus beralih ke iPhone paling baru.

 

3 dari 4 halaman

3 iPhone Ini Tak Dapat Update iOS 17, Apa Alasannya?

Lantas, apa sebenarnya yangmenjadi alasan Apple memutus dukungan iOS 17 untuk perangkat lawas mereka?

Salah satunya terkait untuk memberikan performa optimal untuk model ponsel sebelum iPhone 15 series, dan tidak memiliki performa setara dengan deretan iPhone dua atau tiga tahun belakangan ini.

Tak hanya itu, sejumlah fitur baru iOS 17 tentunya belum tentu bisa terpenuhi oleh kemampuan iPhone lawas dengan chipset A11 Bionic, sebagaimana dikutip dari Make Use Of, Selasa (19/9/2023).

Walau iPhone X mengusung teknologi Neural Engine, nyatanya hal tersebut tidak mampu mengakomodir fitur-fitur baru yang ditawarkan Apple lewat update iOS 17 ini.

Dengan ini, Apple dapat fokus untuk "memoles" fitur yang ingin dihadirkan dalam iOS 17 dan dapat digunakan pengguna iPhone lawas tanpa terkendala dan performa stabil.

Namun, tidak lagi mendukung iPhone lawas ini dapat menjadi cara "jitu" agar pengguna iOS untuk meng-upgrade ponsel Apple lama mereka ke yang lebih baru atau terkini, seperti iPhone 15 series.

Walau iPhone 8 ke bawah yang tidak kebagian iOS 17 masih bisa mengoptimalkan perangkat mereka. Model ini tetap mendapatkan update keamanan dan bug.

4 dari 4 halaman

Cek Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17, Apa Saja?

iOS 17 akhirnya resmi meluncur untuk pengguna iPhone di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, setelah Apple umumkan kapan ketersediannya di Apple Event 2023.

iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max adalah deretan ponsel baru Apple yang langsung hadir menggunakan iOS 17. Lalu bagaimana dengan HP iPhone di pasaran saat ini?

Apakah iPhone yang Anda pakai saat ini kebagian update OS terbaru milik Apple tersebut, dan bisa menikmati sejumlah fitur barunya?

Berikut ini adalah daftar iPhone yang kebagian dan menikmati sejumlah fitur baru iOS 17, sebagaimana dikutip dari laman Apple.com, Selasa (19/9/2023).

Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17:

  • iPhone XR
  • iPhone XS Max
  • iPhone XS
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone SE (2nd generation)
  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 13
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone SE (3rd generation)
  • iPhone 14
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Pro Max

Sayangnya, selain iPhone di atas ini tidak akan mendapatkan update iOS 17. Satu-satunya cara Anda dapat menikmati OS baru Apple ini adalah dengan meng-upgrade iPhone lawas ke yang lebih baru.

Perlu diingat, Anda harus mempersiapkan kapasitas storage sebesar 3GB untuk download iOS baru ini, daya baterai di atas 30 persen, dan koneksi internet yang stabil dan lancar.

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.