Sukses

Apple Watch Ultra 2 Resmi Diperkenalkan, Ini Sederet Fiturnya

Berikut ini spesifikasi dan fitur yang dihadirkan di Apple Watch Ultra 2 yang baru diluncurkan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam Apple Event pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB, selain iPhone 15 dan Watch Series 9, Apple juga memperkenalkan Apple Watch Ultra 2.

Jeff Williams, chief operating officer di Apple, mengklaim bahwa Apple Watch Ultra generasi baru ini sebagai Apple Watch tercanggih mereka, dengan performa yang luar biasa dan pembaruan fitur.

Apple Watch Ultra 2 menggunakan S9 SiP, chip yang hadir dengan sejumlah fitur baru dan peningkatan, termasuk gestur double tap dan kemampuan Siri langsung dalam perangkat.

Sama seperti Apple Watch Series 9, pengguna dapat meminta Siri melihat data kesehatan miliknya dengan aman.

Apple Watch Ultra 2 juga memiliki Neural Engine 4-inti baru, yang dapat memproses tugas pembelajaran mesin hingga dua kali lebih cepat dari Apple Watch Ultra pertama.

Dengan gestur double tap baru, smartwatch Apple Watch Ultra 2 bisa dikontrol hanya dengan satu tangan tanpa menyentuh layar, seperti di Watch Series 9.

Pengguna bisa mengetukkan jari telunjuk dan ibu jari di tangan yang memakai jam dua kali secara bersamaan, untuk melakukan gestur yang paling mudah di Watch Ultra 2 dengan cepat dan nyaman.

Pengguna bisa tap dua kali untuk membuka Smart Stack, dan tap dua kali lagi untuk scrolling melalui widget.

Fitur di Watch Ultra 2 ini juga dapat dipakai untuk mengontrol tombol utama di aplikasi, sehingga bisa untuk menghentikan timer, memutar dan menjeda musik, atau menunda alarm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat Kecerahan Maksimal

Gestur ini juga bisa digunakan untuk menjawab dan mengakhiri panggilan telepon, atau mengambil foto dengan Camera Remote di Apple Watch.

Algoritma yang dibawa di perangkat ini mendeteksi tanda unik dari gerakan kecil pergelangan tangan dan perubahan aliran darah saat jari telunjuk dan ibu jari melakukan ketukan dua kali.

Fitur gestur double tap sendiri baru akan tersedia dalam pembaruan perangkat lunak bulan depan.

Untuk layar, Apple Watch Ultra 2 memiliki kecerahan maksimal sampai 3000 nits, atau 50 persen lebih terang dibandingkan perangkat generasi pertama.

Untuk ruangan gelap atau dini hari, tampilan juga bisa diturunkan menjadi satu nit saja agar tidak mengganggu orang di sekitar.

Flashlight juga mendapat manfaat dari arsitektur tampilan yang baru, sementara memutar Digital Crown untuk sementara akan menggandakan kecerahan, sehingga dapat menerangi jalan dengan lebih baik.

 

3 dari 3 halaman

Precision Finding

Apple Watch Ultra 2 juga diklaim sudah diuji untuk kondisi ekstrem, mulai dari 500 meter di bawah permukaan laut, hingga 9.000 meter ketinggian.

Selain itu, fitur Precision Finding dengan S9 SiP juga didukung chip Ultra Wideband generasi kedua, untuk membantu pengguna menemukan iPhone 15 yang memiliki chip serupa.

Apple Watch Ultra 2 tersedia dalam ukuran 49 mm, dan netral karbon saat dipasangkan dengan Trail Loop atau Alpine Loop baru.

Warna band baru tersedia dalam varian Alpine Loop (biru, nila, zaitun), Trail Loop (oranye/krem, hijau/abu-abu, biru/hitam), dan Ocean Band (biru, oranye).

Semua tali jam Apple Watch Trail Loop dan Alpine Loop baru bersifat netral karbon dan mengandung lebih dari 30 persen konten daur ulang.

Harga Apple Watch Ultra 2 di Amerika Serikat adalah USD 799 (sekitar Rp 12,2 juta).

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.