Sukses

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android, Enggak Pakai Ribet!

Berikut cara memulihkan foto dan video yang tak sengaja terhapus di galeri HP Android kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna smartphone Android, menyimpan foto dan video di galeri adalah hal yang biasa dilakukan. Belum lagi, menyimpan foto di galeri juga memudahkanmu untuk berbagi ke aplikasi lain.

Kamu mungkin pernah mengalami foto atau video tak sengaja terhapus dan ingin mengembalikannya. Beruntungnya, galeri sekarang memiliki sistem "Trash" atau Sampah yang dapat menyimpan foto dan video yang dihapus dari galeri

Foto dan video yang ada di folder Sampah ini akan terhapus otomatis dalam 30 hari atau kamu dapat menghapusnya sendiri secara permanen. Untuk memulihkan foto, kamu dapat mencoba cara ini sebelum melewati 30 hari. 

  1. Buka Galeri di Android kamu.
  2. Scroll ke bawah dan buka tab Sampah atau "Trash".
  3. Pilih foto dan video yang ingin kamu pulihkan.
  4. Ketuk Pulihkan Gambar atau "Restore".

Jika menyimpan foto dan video kamu di aplikasi penyimpanan cloud seperti Google Photos, kamu dapat menerapkan cara ini untuk mengembalikan fotomu yang terhapus.

  1. Buka Google Photos.
  2. Ketuk "Library".
  3. Ketuk folder Sampah.
  4. Pilih item yang ingin dihapus atau dipulihkan.

Mengutip GadgetsNow, Rabu (13/9/2023), foto dan video yang kamu hapus dari folder Sampah tidak akan terhapus secara permanen. Penting untuk segera pulihkan foto yang tidak ingin kamu hapus, sebelum terhapus otomatis dalam 30 hari di Galeri, dan 60 hari di Google Photos.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

HP Android Kamu Lemot? Ini Cara Cepat dan Gratis untuk Meningkatkan Kinerjanya

Di sisi lain, pernahkah seseorang menghampiri kamu dan menanyakan solusi smartphone lemot mereka? Jika kamu bukan seorang teknisi, ada cara mudah mempercepat kinerja smartphone, cukup dengan membuka pengaturan.

Untuk menjawab pertanyaan orang tersebut, kamu dapat mengubah kecepatan animasi melalui pengaturan. Cara ini gratis dan aman dilakukan tanpa harus mengubah banyak hal dalam ponsel.

 

3 dari 5 halaman

1. Aktifkan Opsi Pengembang

Sebelum kamu dapat mengakses pengaturan kecepatan animasi, kamu perlu mengaktifkan Opsi Pengembang terlebih dahulu.

Opsi Pengembang berisi daftar pengaturan kinerja dan antarmuka disembunyikan secara default karena ditujukan untuk para pengembang HP Android. Untuk mengaktifkannya, buka Pengaturan kamu > scroll ke bawah hingga bagian Tentang Ponsel > ketuk Informasi Perangkat Lunak > dan kemudian ketuk "nomor Build" kamu tujuh kali.

Jika ini kali pertama kamu melakukannya, ponsel kamu akan menampilkan informasi berapa kali lagi kamu perlu mengetuk teks tersebut.

Jika berhasil, Opsi Pengembang akan diaktifkan. kamu dapat kembali ke halaman pengaturan default dan menavigasi ke bagian bawah daftar.

4 dari 5 halaman

2. Ubah Kecepatan Animasi

Setelah berhasil membuka Opsi Pengembang di ponsel, kamu akan melihat daftar pengaturan, tombol pengaktifan, dan sakelar. Scroll ke bawah daftar hingga kamu menemukan bagian "Gambar". Di sana, kamu akan melihat tiga pengaturan skala animasi:

  • Skala Animasi Jendela: Kecepatan aplikasi dan jendela yang muncul.
  • Skala Animasi Transisi: Kecepatan perpindahan antara panel layar utama dan dalam aplikasi.
  • Skala Durasi Animator: Kecepatan animasi antarmuka umum, seperti membuka dan menutup aplikasi, membuka kunci ponsel, dll.

Ketuk masing-masing pengaturan dan ubah nilai skala dari 1x (default) menjadi 0.5x. Semakin rendah angka, semakin cepat animasi berjalan di layar smartphone.

Jika kamu ingin menghilangkan semua animasi pada ponsel kamu, kamu juga dapat mengatur nilainya menjadi "off".

Pada tahap ini, geser-geser ponsel kamu, lakukan aktivitas biasa, dan perhatikan apakah kamu merasakan perubahan kecepatan yang terasa lebih cepat.

Dengan pengaturan sederhana ini, ponsel Android kamu akan kembali responsif, menjadikan interaksi sehari-hari lebih lancar dan cepat.

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.