Sukses

Duolingo Hadirkan Fitur Baru, Belajar Musik dengan Lagu-Lagu Populer dan Latihan Interaktif

Duolingo mengonfirmasi akan segera menyertakan pelajaran Matematika dan musik.

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi pembelajaran bahasa Duolingo secara resmi mengonfirmasi peluncuran produk terbarunya, Duolingo Music. Duolingo mengumumkan hadirnya "pengalaman multi-mata pelajaran" baru yang mencakup Duolingo Math, Duolingo Music, dan pembelajaran bahasa andalannya.

Diberitakan oleh TechCrunch, Kamis (7/9/2023), perusahaan ini merekrut ahli musik pada bulan Maret 2023 lalu dengan memasang lowongan pekerjaan untuk para komposisi musik lepas dan konsultan kurikuler.

Melalui lowongan pekerjaan yang sempat dibuka oleh Duolingo, diketahui aplikasi ini akan mengajarkan konsep dasar teori musik menggunakan lagu-lagu populer dan pengajar.

Untuk pembelajaran musik ini, Duolingo telah menyertakan gambar tuts piano dan drum. Tidak hanya itu, terdapat pula baris kode merujuk pada sesi musik, lagu, dan review unit musik.

Perusahaan mencatat, Duolingo Music akan berisi ratusan pelajaran serta lebih dari 200 lagu menyenangkan dan familier. Aplikasi ini juga akan memanfaatkan pembelajaran gamified khas Duolingo dan latihan interaktif.

Dengan demikian, para pengguna aplikasi ini dapat belajar sambil mempraktikkan.

Duolingo juga mengatakan, keputusannya untuk terjun ke dunia musik dipengaruhi oleh kebutuhan pendidikan musik di AS. Lebih dari 3,6 juta siswa tidak memiliki akses terhadap pendidikan musik.

Hal ini dikarenakan mahalnya biaya pendidikan musik dan les privat di sana. Dalam satu pelajaran dapat menghabiskan biaya sebesar USD 400 atau Rp 6,1 juta.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan belajar musik dapat membantu keterampilan lain. Misalnya, keterampilan verbal, membaca, mendengarkan, dan matematika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sebelum Duolingo Music, Duolingo Math Telah Lebih Dulu Diluncurkan

Perlahan aplikasi pembelajaran bahasa ini berkembang dengan menghadirkan beberapa proyek tambahan baru. Misalnya, Duolingo English Test yang merupakan ujian sertifikasi online untuk menguji kemahiran berbahasa.

Selain itu, selama pandemi Covid-19 Duolingo juga meluncurkan Duolingo ABC. Ini adalah aplikasi gratis yang berfokus pada literasi bahasa Inggris untuk anak usia 3 sampai 6 tahun.

Dilansir sumber yang sama, Kamis (7/9/2023), pada Oktober 2022 lalu aplikasi ini menghadirkan pembelajaran matematika yang bernama Duolingo Math. Aplikasi ini merupakan perluasan mata pelajaran pertama yang dibuat Duolingo.

Meskipun awalnya aplikasi ini dibuat untuk anak-anak, tetapi Duolingo kini telah memperkenalkan versi aplikasi yang berfokus pada orang dewasa.

Di masa yang akan datang, Duolingo Math mungkin akan menampilkan matematika tingkat yang lebih tinggi. Seperti aljabar linear atau matematika tingkat perguruan tinggi.

Sammy Siegel selaku insinyur utama mengatakan bahwa aplikasi ini dirancang untuk mencakup pelajaran singkat, latihan interaktif, coretan, dan kegembiraan animasi.

3 dari 4 halaman

Duolingo Akan Mengonfirmasi Lebih Lanjut Pada Konferensi Duocon 11 Oktober Mendatang

Upaya pengembangan Duolingo Music ini menunjukkan bahwa aplikasi ini akan berfokus pada pelajaran piano, drum, dan pelatihan musik. Dikutip dari TechCrunch, Kamis (7/9/2023), pekerjaan pengembangan ini ditemukan oleh developer dan reverse engineer iOS Steve Moser.

Ia menemukan gambar dan kode tersembunyi di dalam aplikasi seluler Duolingo yang mencakup gambar tuts, piano dan drum, merek "Duolingo Music" dan berbagai baris kode.

Duolingo sendiri akan memberikan konfirmasi mengenai rencananya seputar aplikasi pembelajaran musik terbarunya ini pada 11 Oktober mendatang pada konferensi Duocon.

Perusahaan ini juga akan menawarkan pengalaman baru yang mendalam di acara tersebut. Duolingo Music dan pengalaman multi-subjek dalam aplikasi baru akan terungkap sepenuhnya pada konferensi mendatang.

4 dari 4 halaman

Duolingo Perkenalkan Paket Langganan Baru dengan Fitur OpenAI GPT-4

Platform pembelajaran bahasa online Duolingo, meluncurkan fitur Premium Super Duolingo untuk wilayah Asia Tenggara, serta memperkenalkan tingkat langganan Duolingo Max yang mendukung fitur berbasis AI dari GPT-4 OpenAI.

Fitur Premium Super Duolingo bakal menggantikan Duolingo Plus dan memiliki tampilan yang lebih elegan. Selain itu, maskot Duo yang sebelumnya warna hijau cerah akan jadi Super Duo dengan gradasi warna hijau, biru, dan pink.

Super Duolingo yang telah diluncurkan di wilayah lain pada Juni 2022 dan wilayah Asia Tenggara selama sebulan terakhir, memiliki manfaat yang sama dengan Duolingo Plus.

"Kami bangga dengan pertumbuhan di Asia Tenggara dan percaya bahwa tingkat adopsi Duolingo akan terus meningkat di wilayah ini," kata Haina Xiang, Regional Marketing Director Duolingo untuk wilayah APAC.

Haina melalui siaran pers seperti dikutip Sabtu (6/5/2023) juga mengungkapkan, selama dua tahun terakhir, jumlah pengguna aktif harian mereka di Asia Tenggara, menikat hampir empat kali lipat atau 288 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.