Sukses

Iklan Google Ledek iPhone yang Baru Mau Pakai USB-C Sekarang

Dalam video iklan terbarunya, Google meledek iPhone yang selalu minim inovasi fitur saat ini, serta telat menerapkan pengisian daya dengan USB-C

Liputan6.com, Jakarta - Google meledek iPhone Apple yang telat menggunakan USB type-C, di mana fitur ini kabarnya akan hadir di lini iPhone 15 yang rilis bulan September 2023 ini.

Ledekan ini dilontarkan Google dalam sebuah video iklan terbaru mereka yang berjudul Spa Day, di mana di situ diperlihatkan iPhone dan Google Pixel berbincang-bincang di dalam sebuah sauna.

Dalam video yang diunggah di kanal YouTube Made by Google itu, terlihat iPhone dan Pixel sedang menikmati sauna, dengan timun menutupi kamera mereka.

Di situ, iPhone mengatakan bahwa spa sempurna jelang acara peluncuran yang akan mereka lakukan. Dia lalu mengatakan dirinya teringat berbagai fitur inovatif yang mereka hadirkan dulu, seperti slide-to-unlock yang disambut meriah 16 tahun lalu.

Perbincangan berlanjut dengan iPhone yang mulai lelah dengan ponsel-ponsel Android, yang kini bisa melakukan berbagai hal yang belum bisa dia lakukan.

"Sekarang sepertinya setiap kali saya menoleh, ponsel sepertimu melakukan hal-hal yang tidak bisa saya lakukan," kata iPhone, seperti dikutip Kamis (7/9/2023).

"Seperti menghilangkan blur pada foto-foto lama, menjawab panggilan tak dikenal dengan AI, dan menerjemahkan pesan secara langsung… melelahkan," imbuhnya.

Namun, iPhone menyebut dirinya masih punya beberapa trik yang dia simpan. Pixel pun penasaran dan menanyakan kira-kira apa fitur tersebut.

"Itu masih rahasia. Namun anggap saja kamu akan segera bisa memakai USB-C!" kata iPhone.

"Kamu akhirnya dapat pengisian daya dengan USB-C?" kata Pixel menjawab bocoran dari iPhone.

"Apa?" iPhone pun terkejut dan irisan timun merosot dari lensa kameranya. "Bagaimana kamu tahu?"

"Tebakan beruntung" jawab Google Pixel.

Iklan pun ditutup dengan sebuah tagline "Rest Up for October 4", yang merujuk ke acara yang bakal diselenggarakan Google pada 4 Oktober 2023 mendatang.

Kabarnya di tanggal itu, mengutip Macrumors, Google akan mengumumkan beberapa perangkat terbaru mereka seperti Google Pixel 8, Pixel Watch baru, serta pembaruan untuk Pixel Buds.

Seperti diketahui, iPhone 15 kabarnya akan memakai port USB type-C, sebagai bentuk kepatuhan Apple terhadap regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Uni Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Phone 15 Akan Diumumkan 12 September 2023

Sementara, Apple baru saja mengonfirmasi kapan akan meluncurkan ponsel terbaru mereka iPhone 15, yaitu pada 12 September 2023 mendatang.

Apple Event pada 12 September 2023 nanti kabarnya akan menjadi debut untuk iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max atau yang kemungkinan bakal diberi nama iPhone 15 Ultra.

Mengutip keterangan di situs Apple, Rabu (30/8/2023), Apple Event digelar pada 12 September pukul 10.00 pagi waktu setempat atau 13 September dini hari WIB.

Untuk tahun ini, Apple Event 12 September 2023 mengusung tagline "Wonderlust", plesetan kata "wanderlust" yang berarti keinginan kuat untuk bepergian.

Kemungkinan hal ini diterjemahkan sebagai "keinginan kuat untuk dibuat kagum" dengan deretan iPhone 15 series ini, sebagaimana dikutip dari GSM Arena.

 

3 dari 4 halaman

Bocoran Pengisian Daya di iPhone 15

HP iPhone 15 sendiri disebut akan datang dengan dukungan pengisian daya hingga 35W, di samping port-nya yang akan diganti USB-C dari sebelumnya Lightning.

Kabar ini dilaporkan oleh 9to5mac, dari narasumber mereka. Disebutkan, kemampuan pengisian daya 35W pun diperkirakan akan didukung dengan kemampuan pengisian daya yang lebih cepat untuk HP Apple ini.

Saat ini, iPhone 14 Pro memiliki dukungan pengisian daya di 27W. Sementara, iPhone 14 versi dasar terbatas di 20W. Dengan kecepatan tersebut, butuh waktu sekitar dua jam untuk mengisi penuh iPhone 14 Pro Max

Apple tahun lalu juga memperkenalkan charger 35W Dual USB-C, yang dapat mengisi ulang semua model iPhone saat ini dengan kecepatan penuh.

 

4 dari 4 halaman

Pengisian Daya 35W

Jika kabar burung soal pengisian daya 35W di iPhone 15 benar, perangkat tersebut mungkin saja bakal menggunakan 35W yang disediakan oleh charger khusus saat ini, ketika tidak terhubung dengan perangkat lainnya.

Apple sendiri juga menjual pengisi daya USB-C 30W, yang dirancang untuk MacBook Air tetapi juga berfungsi dengan iPhone dan iPad.

Namun, tidak diketahui apakah fitur pengisian daya 35W akan hadir hanya di model iPhone 15 Pro, atau apakah didapatkan di seluruh lini iPhone 15 Series. Sekali lagi, perlu ditunggu pengumuman resmi terkait kabar ini.

Bulan Maret 2023, analis Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa iPhone 15 akan mendukung kecepatan pengisian daya yang lebih cepat dengan USB-C, tetapi hanya melalui kabel yang bersertifikat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.