Sukses

Panduan Color Grading Lightroom Mobile, Buat Foto Instagramable dengan Permainan Warna

Ingin tahu cara color grading di Lightroom Mobile? Pelajari konsep dasar color grading, langkah-langkahnya, dan kombinasi warna yang memukau untuk foto Instagram kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti sering melihat foto-foto keren dengan warna yang begitu menarik dan tajam di Instagram, bukan? Nah, rahasia di balik foto-foto tersebut adalah teknik pewarnaan gambar yang disebut "color grading".

Color grading adalah proses mengatur dan memodifikasi warna pada gambar atau video untuk menciptakan mood atau perasaan tertentu.

Dengan color grading, kamu bisa mengubah suasana dan kesan dalam foto kamu. Misalnya, kamu bisa membuat foto yang lebih hangat dan menyenangkan, atau bahkan memberikan nuansa dramatis dengan kontras yang kuat.

Dalam dunia fotografi profesional, proses ediiting dan color grading gambar biasa dilakukan di Adobe Photoshop dan Lightroom.

Kali ini, kamu akan mempelajari cara color grading menggunakan Lightroom Mobile agar mendapatkan hasil foto instagramable layaknya fotografer mahir.

Lightroom Mobile adalah alat yang mampu mempermudah porses color grading.  Walaupun fiturnya mungkin tidak sebanyak versi desktop, kamu masih bisa mendapatkan hasil yang mengesankan dengan aplikasi ini.

Jadi, jika kamu tidak punya akses ke komputer atau ingin cara yang praktis, Lightroom Mobile adalah pilihan yang tepat untuk mengedit foto.

Langkah-langkah Color Grading di Lightroom Mobile:

  1. Buka Lightroom Mobile dan pilih foto yang ingin kamu edit.
  2. Di bagian bawah layar, pilih ikon "Edit" dan pilih "Color". Kamu akan melihat alat color grading dengan tiga tab: Shadows, Midtones, dan Highlights.
  3. Geser slider untuk mengatur warna bayangan, midtones, dan highlight. Kamu bisa memberikan sentuhan unik, seperti membuatnya lebih hangat atau dingin.
  4. Penyesuaian Umum. Jika perlu, kamu juga bisa mengatur kecerahan, kontras, dan saturasi umum di bagian lain alat edit.
  5. Setelah puas dengan hasilnya, klik tanda centang di pojok kanan atas.

Setelah dapat mengakses fitur color grading, kamu perlu menentukan warna yang ingin diubah pada fotomu. Berikut kombinasi warna untuk color grading.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kombinasi Warna Color Grading

Tak ada ukuran pasti dalam memilih warna, kamu dapat kreasikan warna sesukamu pada ketiga elemen warna pencahayaan yang dapat diubah pada prroses color grading.

  • Highlights. Berpengaruh pada warna yang terang dan menjadi sorotan pada foto itu. Misalnya, langit, lampu, dan objek yang terkena sumber cahaya langsung.
  • Midtones. Segala warna yang berada di tengah-tengah sorotan dan bayangan. Misal, tembok kayu yang berada di dalam ruangan dengan pintu terbuka.
  • Shadows. Bayangan dari foto yang biasa berwarna gelap.

Langkah-langkah Color Grading di Lightroom Mobile:

Tekno Liputan6.com menyarankan untuk kamu menggunakan warna yang saling melengkapi atau bersebrangan pada roda warna, atau juga menggunakan color pallete yang banyak ditemukan secara online.

Warna oranye misalnya, cocok dipadukan dengan warna teal atau hijau kebiru-biruan, seperti halnya merah dan biru, ungu dan hijau.

Selain itu, terdapat beberapa contoh mood yang dapat kamu terapkan pada pemilihan warna fotomu

  • Kombinasi Hangat: Gabungan oranye, kuning, dan merah untuk menciptakan perasaan hangat dan ceria.
  • Kombinasi Dingin: Biru dan ungu memberikan nuansa sejuk dan tenang pada foto.
  • Kombinasi Kontras: Kombinasi warna yang kontras, seperti merah dan hijau, menciptakan efek dramatis.

Perrlu diingat, tidak ada aturan baku dalam color grading. Eksplorasi dan terus mencoba adalah kuncinya! Kamu bisa mencoba berbagai kombinasi sampai kamu menemukan gaya yang sesuai dengan kepribadianmu dan tujuan fotomu.

3 dari 5 halaman

6 Tips Ampuh Ambil Foto Malam Hari Pakai Smartphone, Bikin Hasil Jepretan Jernih dan Ciamik

Sejumlah model smartphone flagship seperti Samsung Galaxy S23 Ultra, iPhone 14 Pro, hingga Google Pixel 7 Pro telah memiliki fitur Mode Malam atau Night Mode. Sesuai namanya, fitur ini dipakai untuk meningkatkan kualitas fotografi malam hari.

Biasanya, smartphone dengan mode ini memiliki kamera yang dapat mengambil gambar dengan eksposur panjang agar dapat menangkap lebih banyak cahaya untuk menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Namun tidak hanya smartphone flagship, kamu sebenarnya juga bisa mengambil gambar yang mengagumkan di malam hari dengan mempraktikkan beberapa tips berikut ini.

Nah, seperti apa caranya, simak informasi lengkapnya berikut ini seperti dikutip dari CNET, Kamis (24/8/2023). 

4 dari 5 halaman

Tips Foto Malam Hari

1. Gunakan Mode Malam

Jika kamera smartphone kamu memiliki fitur ini, kamu dapat membuka pilihan mode memotret untuk mengaktifkan fitur ini. Fitur ini cukup baik untuk menangkap cahaya redup hingga city light yang jauh letaknya.

2. Cari Sumber Cahaya

Carilah sumber cahaya yang indah seperti lampu jalanan kota, atau gedung-kantor yang lampunya masih menyala.

3. Tunggu Momen

Foto yang baik terkadang memerlukan subjek yang mencolok dan serasi dengan latar belakang. Jika memotret jalanan, kamu dapat menunggu orang-orang berjalan di bawah lampu jalan agar lebih mengagumkan.

4. Jangan Bergerak

Foto mode malam biasanya memiliki durasi mengambil gambar cukup lama, sehingga dalam prosesnya pengambil gambar atau kamera tidak boleh untuk bergerak sementara waktu.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memakai tripod atau sandarkan smartphone pada benda padat. Jika tidak, kamu dapat memegangnya dengan erat menggunakan kedua tangan.

5. Coba Motion Mode

Google Pixel 7 Pro memiliki mode lain untuk mengkreasikan foto malam. Dengan mode gerak, cahaya lampu mobil yang berjalan terlihat seperti ekor yang terbentang sepanjang jalan.

Dengan metode foto long exposure, kamera smartphone dapat menangkap gambar lebih lama. Hal ini menambah keseruan berfoto malam jika memotret subjek yang diam dipadukan dengan sumber cahaya yang bergerak-gerak.

6. Edit Fotomu

Setelah mendapatkan night mode terbaik, kamu dapat mengolahnya menjadi lebih baik dengan editing. Terdapat beberapa aplikasi seperti Adobe Lightroom, Snapseed, hingga Adobe Photoshop yang dapat memperindah gambar hasil jepretan Anda.

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini