Sukses

7 Situs dan Aplikasi Ini Pakai AI untuk Hapus Background Foto, Sekali Pencet Langsung Jadi!

Dalam dunia editing fotografi, terdapat beberapa aplikasi yang dapat membantumu untuk menghapus background dari objek yang kamu foto. Pelajari 7 aplikasi dan web berbasis AI yang dapat digunakan untuk menghapus background foto kamu

Liputan6.com, Jakarta - Menghapus latar belakang/background merupakan salah satu langkah basic dalam proses editing fotografi.

Banyak penyebab kamu perlu mengetahui cara menghapus background foto, baik ingin menghilangkan orang yang mengganggu foto hingga keperluan kolase dan foto produk penjualan.

Kini telah banyak ditemukan web dan aplikasi penghapus background foto yang gratis dan berbasis AI. Berikut Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber.

1. PicWish

Berbekal kecerdasan buatan (AI), Pic Wish tersedia di Android, iOS, dan web dengan berbagai kemampuan editing foto. Pic Wish dapat menjernihkan foto, memotong objek, hingga mengganti latar belakang foto sesuka kamu.

2. Adobe Photoshop

Lama dikenal sebagai aplikasi penyunting gambar yang paling umum digunakan, Photoshop juga dapat digunakan sebagai alat penghapus background buat foto kamu.

3. Adobe Express

Adobe Express menawarkan kemudahan menghapus latar belakang foto kamu, hingga mengkreasikannya tanpa harus berpindah menggunakan alat lain.

4. PhotoRoom

Hanya dengan menggeser kuas pada aplikasi ini, kamu dapat menghapus dan mengganti background foto produk kamu menjadi lebih menarik pada konsumen.

5. Remove.bg

Masih berbekal AI, situs ini menawarkan kemudahan dalam menghapus latar belakang hanya dengan beberapa klik. Cocok untuk kamu yang sedang dikejar waktu.

6. Background Eraser

Sesuai namanya, aplikasi ini digunakan untuk menghapus latar belakang foto kamu. Kamu dapat menggunakan mode magic untuk secara otomatis menghapus background, atau manual dengan melukiskan kuas.

7. Photocut

Aplikasi ini khusus bagi pengguna iOS dan dapat diunduh secara gratis. Photocut berfokus pada menghilangkan objek pada background hingga menghapusnya untuk menggantinya dengan background lain.

Setelah mengetahui berbagai aplikasi dan situs penghapus background foto, simaklah beberapa aplikasi lain yang berguna pada kehidupanmu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3 Aplikasi Edit Foto untuk Maksimalkan Konten Buatanmu, Ini Rekomendasinya

Sebagai pengguna sosial media, postingan yang dibagikan tentunya menjadi perhatian para follower maupun pemilik akun sosial media itu sendiri. Kualitas foto atau desain foto yang tidak maksimal, bahkan tampilan yang membosankan tentu saja cukup mengganggu. 

Tidak hanya di media sosial, foto yang ingin kita gunakan untuk mengabadikan momen pun perlu tampilan yang maksimal. 

Untuk memaksimalkan hasil foto, tentunya dibutuhkan penyutingan. Terlebih, penyuntingan atau editing foto tidak hanya dapat dilakukan oleh profesional, kamu juga dapat melakukannya sendiri dengan mudah dan hemat waktu.

Untuk itu, berikut kami rekomendasikan aplikasi-aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk menyunting foto menjadi lebih menarik dan terlihat berkualitas.

Tidak hanya digunakan sebagai editor foto , beberapa di antaranya juga dapat kamu gunakan untuk membuat desain-desain menarik yang kamu inginkan.

1. Canva 

Canva merupakan sebuah aplikasi editor foto dan desain yang dapat kamu gunakan dengan mudah. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat menyunting foto kamu menjadi lebih menarik.

Tidak hanya itu, kamu juga mendapat layanan pembuatan logo, CV, infografis, membuat presentasi video, menyunting video, dan masih banyak lagi.

Meskipun bukan aplikasi yang dapat dikatakan sebagai aplikasi profesional, tetapi hasil yang didapatkan dari penggunaan aplikasi ini cukup memuaskan bagi penggunanya. Selain fitur-fitur yang disediakan cukup beragam, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

3 dari 5 halaman

Aplikasi yang Sering Digunakan Orang

2. Picsart

Selain aplikasi Canva, kamu juga dapat menggunakan aplikasi yang satu ini. Sama seperti aplikasi Canva, Picsart merupakan aplikasi editor foto yang tersedia di Google Play Store.

Layanan yang diberikan selain menyunting foto, di antaranya membuat stiker, membuat kolase foto, dan membuat gambar kreatif. Dengan aplikasi ini, kamu juga dapat memberikan efek ajaib, alat dispersi, dan stiker pada foto kamu.

Beberapa hal yang dapat kamu lakukan pada foto kamu dengan aplikasi ini, di antaranya crop foto, memberi filter pada foto sehingga terlihat lebih menarik, mengubah latar foto, menambahkan stiker, membuat kolase, dan mengatur pencahayaan, kontras, warna, dan saturasi foto.

Kamu juga dapat memotret foto secara langsung melalui aplikasi ini, kemudian mengeditnya untuk hasil gambar yang lebih baik. Namun kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak adanya fitur untuk mempertajam atau memperjelas foto yang buram.

4 dari 5 halaman

Alat Edit Foto Profesional

3. Adobe Photoshop

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk  memperbaiki foto kamu adalah Adobe Photoshop. Namun sedikit berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya, aplikasi ini selain sebagai editor foto juga dapat digunakan untuk membuat desain grafis profesional.

Banyak yang telah menggunakan aplikasi ini, mulai dari pebisnis online, fotografer, desainer kreatif, dan masih banyak lagi.

Sebagai aplikasi editor yang profesional, Adobe Photoshop tentunya memiliki beberapa kelebihan. Adobe Photoshop mampu mengolah desain dari yang paling mudah hingga profesional. Berbagai format gambar dapat kita sunting dengan aplikasi ini.

Tidak hanya gambar, Adobe Photoshop juga mendukung pengeditan GIF dan video. Selain itu, aplikasi ini sudah tersedia di berbagai platform, mulai dari Windows, Android, iOS, iPad OS, dan lain sebagainya. 

Namun, salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah tools yang disediakan di perangkat smartphone tidak selengkap apabila kamu menggunakannya di PC atau laptop.

Nah, itu dia aplikasi-aplikasi yang bisa kamu coba dan gunakan untuk memaksimalkan hasil foto.

5 dari 5 halaman

Infografis Tiongkok Blokir Aplikasi Populer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.