Sukses

Catat! iPhone 15 Akan Diumumkan di Apple Event 12 September 2023

Apple Event 12 September 2023 akan menjadi ajang peluncuran iPhone 15 series, yang kabarnya akan menggunakan kabel USB-C. Simak detailnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta -  Desas-desus tentang kapan iPhone 15 akan diumumkan oleh Apple memang sudah ramai beredar di internet. Kini, perusahaan mengonfirmasi kapan akan meluncurkan ponsel barunya itu.

Apple Event 12 September 2023 akan menjadi debut iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max (kemungkinan bernama iPhone 15 Ultra).

Mengutip keterangan di situs Apple, Rabu (30/8/2023), Apple Event digelar pada 12 September pukul 10.00 pagi waktu setempat atau 13 September dini hari WIB.

Untuk tahun ini, Apple Event 12 September 2023 mengusung tagline "Wonderlust", plesetan kata "wanderlust" yang berarti keinginan kuat untuk bepergian.

Kemungkinan hal ini diterjemahkan sebagai "keinginan kuat untuk dibuat kagum" dengan deretan iPhone 15 series ini, sebagaimana dikutip dari GSM Arena.

Sebelumnya, internet dibuat terkejut dengan munculnya foto kabel USB-C yang akan disertakan dalam paket penjualan seluruh iPhone 15 series.

Awal minggu ini, leaker populer dengan akun Twitter Mjin Bu membagikan foto kabel USB-C ke USB-C iPhone 15 seperti apa.

Sayangnya, Mjin Bu tidak bisa mengonfirmasi dan menemukan sumber foto kabel USB-C iPhone 15 tersebut karena beredar di ranah media sosial di China.

Meski begitu, dari foto yang beredar ada lima pilihan warna kabel USB-C diduga untuk iPhone 15, yakni violet, baby-blue, merah muda, kuning, dan hitam.

Selang beberapa waktu kemudian, leaker lain dengan nama Kosutami juga membagikan informasi tentang kabel USB-C iPhone 15 ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

iPhone 15 Dilengkapi Kabel USB-C Sesuai dengan Warna Ponsel

Bocoran gambar iPhone 15 Pro dengan port USB-C. (Twitter/@URedditor)

Dilansir Macrumors, Rabu (23/8/2023), Kosutami mengklaim telah melihat sampel uji validasi desain (DVT) kabel USB-C untuk penerus iPhone 14 tersebut.

Mereka menjelaskan, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus juga akan menggunakan kabel USB-C sama dan memiliki opsi warna sesuai dengan warna kedua model iPhone tersebut nantinya.

Selain kabel warna hitam, seluruh kabel USB-C iPhone 15 ini memiliki ujung berwarna putih dengan finishing glossy.

Berbeda dari kabel-kabel milik Apple sebelumnya, kali ini kabel untuk iPhone 15 series itu mengusung desain braided.

Ini berarti kabel baru tersebut akan lebih tebal, anti kusut, dan tidak mudah putus, seperti kabel charging iPhone saat ini.

3 dari 5 halaman

Apple Pangkas Produksi iPhone 15 Jelang Peluncuran

<p>iPhone 15 Pro (Source Macrumors) </p>

Sebuah kabar kurang baik datang dari Apple menjelang peluncuran iPhone 15 pada September 2023 mendatang.

Berdasarkan informasi dari leaker Jeff Pu, jumlah pesanan iPhone 15 berkurang dari 83 juta menjadi 77 juta unit pada akhir tahun ini.

Kenapa? Mengutip GSM Arena, Selasa (22/8/2023), hal ini terjadi karena masalah pasokan dan permintaan untuk iPhone 15 series lebih rendah dari biasanya.

Lagi-lagi, isu dengan sensor kamera CMOS Sony mencuat dalam laporan ini. Selain itu, masalah dengan bingkai titanium baru untuk model Pro dan bezel lebih tipis juga menjadi perbincangan.

Hal berbanding terbalik dengan bocoran dari leaker Ming-Chi Kuo pada bulan. Dia menyebutkan, total pengiriman seri iPhone 15 diperkirakan stabil tanpa ada masalah.

Bila memang kabar dari Jeff Pu ini benar, maka diharapkan perusahaan bermarkasi di Cupertino, California, Amerika Serikat ini akan menjual iPhone 15 series lebih sedikit ketimbang seri sebelumnya. 

4 dari 5 halaman

iPhone 15 Dukung Pengisian Daya hingga 35W

<p>Apple bakal melengkapi HP iPhone 15 Pro Max dan Pro dengan Tombol Aksi atau Action Button seperti di Watch Ultra. (Doc: 9to5Mac)</p>

Tak hanya membatasi jumlah, ada kemungkinan pengguna setia iPhone akan dihadapkan dengan kenaikan harga iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max saat penjualan.

Dalam laporan sama, Jeff mengonfirmasi kabar iPhone 16 Pro dan Pro Max akan menggunakan kamera ultrawide 48MP dan sudah mendukung Wi-Fi 7.

HP iPhone 15 akan datang dengan dukungan pengisian daya hingga 35W, di samping port-nya yang akan diganti USB-C dari sebelumnya Lightning.

Kabar ini dilaporkan oleh 9to5mac, dari narasumber mereka. Disebutkan, kemampuan pengisian daya 35W pun diperkirakan akan didukung dengan kemampuan pengisian daya yang lebih cepat untuk HP Apple ini.

5 dari 5 halaman

iPhone 15 Pakai USB-C dan Pengisian Daya hingga 35W

Foto yang digadang-gadang merupakan konsep desain iPhone 15 Ultra (Foto: GSM Arena/ Twitter Jonas Daehnert @PhoneDesign).

Saat ini, iPhone 14 Pro memiliki dukungan pengisian daya di 27W. Sementara, iPhone 14 versi dasar terbatas di 20W. Dengan kecepatan tersebut, butuh waktu sekitar dua jam untuk mengisi penuh iPhone 14 Pro Max

Apple tahun lalu juga memperkenalkan charger 35W Dual USB-C, yang dapat mengisi ulang semua model iPhone saat ini dengan kecepatan penuh.

Jika kabar burung soal pengisian daya 35W di iPhone 15 benar, perangkat tersebut mungkin saja bakal menggunakan 35W yang disediakan oleh charger khusus saat ini, ketika tidak terhubung dengan perangkat lainnya.

Apple sendiri juga menjual pengisi daya USB-C 30W, yang dirancang untuk MacBook Air tetapi juga berfungsi dengan iPhone dan iPad.

Namun, tidak diketahui apakah fitur pengisian daya 35W akan hadir hanya di model iPhone 15 Pro, atau apakah didapatkan di seluruh lini iPhone 15 Series. Sekali lagi, perlu ditunggu pengumuman resmi terkait kabar ini.

Bulan Maret 2023, analis Ming-Chi Kuo mengklaim bahwa iPhone 15 akan mendukung kecepatan pengisian daya yang lebih cepat dengan USB-C, tetapi hanya melalui kabel yang bersertifikat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.