Sukses

Zenfone 10 Jadi yang Terakhir, Asus Disebut Bakal Setop Produksi HP Zenfone

Sebuah kabar burung menyebut Asus bakal menghentikan lini Zenfone mereka, membuat Zenfone 10 bakal jadi yang terakhir dari seri ini.

Liputan6.com, Jakarta - Baru saja dirilis beberapa waktu lalu, sebuah kabar burung mengklaim bahwa Asus Zenfone 10 akan jadi model terakhir yang rilis di seri Zenfone.

Sebuah laporan oleh media Taiwan Technews menyebut, Asus bakal menghentikan lini Zenfone mereka, setelah adanya "restrukturisasi organisasi" yang telah memangkas jumlah karyawan di departemen PC di Taiwan dan China,

Disebutkan, surat internal Asus mengungkapkan adanya rencana untuk memindahkan banyak karyawan ke divisi ponsel perusahaan yang terdiri dari Zenfone dan ROG Phone, namun malah terjadi pemangkasan.

Hal ini kabarnya terjadi karena Asus berencana untuk mengakhiri divisi Zenfone, dan berencana memindahkan karyawan-karyawan tersebut ke departemen lain atau ke ROG Phone.

"Orang yang mengetahui hal tersebut mengatakan bahwa ponsel Asus terbagi menjadi seri ROG dan Zenfone, namun kini Zenfone 10 terbaru akan menjadi generasi terakhir dari seri tersebut," tulis laporan Technews.

"Tim Zenfone akan dilebur ke departemen lain di masa mendatang, atau langsung ke tim ROG," imbuh berita itu, seperti dikutip dari 9to5google, Senin (28/8/2023).

Belum ada pernyataan resmi dari perusahaan Taiwan ini mengenai rumor bakal dihentikannya Zenfone, tetapi Digitimes sudah melaporkan upaya restrukturisasi perusahaan pada bulan Juli lalu.

Dikutip dari Phone Arena, Asus memperkenalkan generasi pertama dari Zenfone di Consumer Electronics Show di Las Vegas, Amerika Serikat pada tahun 2014.

Sejak saat itu, perangkat tersebut dirilis dengan berbagai model dan prosesor mulai dari Intel, Qualcomm, hingga MediaTek.

Meski bukan pemain besar di pasar global, namun beberapa perangkat Zenfone mendapatkan respon yang positif dari pengguna. Misalnya HP Zenfone 9 dan 10, yang dipuji karena daya tahan baterai, software, dan compact display.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Asus Zenfone 10

Asus Zenfone 10 sendiri dirilis secara global pada bulan Juni 2023 lalu. Perangkat ini ini hadir dengan desain yang lebih mungil jika dibandingkan dengan smartphone saat ini.

Hadir sebagai seri penerus Zenfone 9, perusahaan asal Taiwan itu mengklaim ukuran HP Android buatannya yang ringkat tidak menjadi penghalang performa ponsel.

Masih mengusung layar berukuran 5,9 inci, Zenfone 10 disebut-sebut sebagai lini ponsel kompak dapat memiliki performa tinggi dalam hal hardware.

Soal performa, spesifikasi Zenfone 10 sudah menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 2. Ponsel ini juga sudah didukung dengan RAM LPDDR5X hingga 16GB, memori UFS 4.0 512GB, dan baterai 4300mAh.

Belajar dari seri sebelumnya, Asus menyematkan teknologi pengisian baterai nirkabel menggunakan teknologi Qi 15W, dan pengisian dengan kabel HyperCharge 30W.

Asus meningkatkan kemampuan layar Super AMOLED di Zenfone 10 kini sudah mendukung refresh rate hingga 144Hz, di mana seri sebelumnya hanya sebatas 120Hz.

3 dari 4 halaman

Kemampuan Kamera Zenfone 10

Asus telah meningkatkan kemampuan kamera utamanya dengan sensor Sony IMX766 berkemampuan 50MP dipadukan dengan sensor 12MP ultrawide, dan lensa 32MP untuk urusan selfie.

Sayangnya, Asus menghilangkan kemampuan autofocus di kedua lensa belakang dengan menggantikannya dengan kemampuan mengambil foto di kondisi cahaya redup lebih baik.

Mengingat teknologi gimbal di seri Zenfone 9 sangat baik, Asus menyematkan generasi kedua 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0 dengan algoritma khusus.

Perusahaan mengklaim, hasil rekaman video dengan Zenfone 10 ini tidak akan goyang dan bebas dari blur meski dipakai saat kamera bergerak.

OIS gimbal inovatif ini memantau setiap gerakan Zenfone 10, ke segala arah, dan menggunakan informasi tersebut untuk menyesuaikan seluruh modul kamera secara real time. 

4 dari 4 halaman

Harga Asus Zenfone 10 Global

Tak hanya meningkatkan sejumlah fitur dan hardware di ponsel barunya, Asus juga memperkenalkan 3 opsi warna tambahan di Zenfone 10, yaitu Aurora Green, Eclipse Red, dan Comet White.

Sementara warna lainnya, seperti Starry Blue dan Midnight Black masih juga tersedia untuk pengguna.

Berdasarkan situs perusahaan berikut ini harga Asus Zenfone di pasar global:

  • Zenfone 10 RAM 8GB/128GB - 799 euro (Rp 13 jutaan)
  • Zenfone 10 RAM 8GB/512GB - 849 euro (Rp 14 jutaan)
  • Zenfone 10 RAM 16GB/256GB - 929 euro (Rp 15 jutaan)

Asus Indonesia masih belum mengungkapkan kapan Zenfone 10 meluncur resmi di Indonesia. Namun, perusahaan mengatakan seluruh opsi warna HP Asus terbarunya ini akan meluncur di Tanah Air.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.