Sukses

ATVI Bersama YPP SCTV Indosiar Gelar Literasi Media untuk 700 Siswa SD di Jakarta

Akademi Televisi Indonesia (ATVI) dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV Indosiar kembali menggelar literasi media, kali ini ditujukan kepada lebih dari 700 siswa di dua Sekolah Dasar (SD).

Liputan6.com, Jakarta - Akademi Televisi Indonesia (ATVI) dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPP) SCTV Indosiar kembali menggelar literasi media. Kali ini ditujukan kepada lebih dari 700 siswa di dua Sekolah Dasar (SD) yakni SDN 01 dan SDN 03 Serdang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (15/8/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman bagaimana menggunakan dan memanfaatkan media sosial di kalangan siswa SD dan juga bagaimana menghindari hal-hal negatif dari media sosial dan gawai.

Pimpinan kedua SD yang saling berdekatan disertai para guru ikut membantu dan memeriahkan acara literasi media ini. Sejak pagi hingga siang, siswa dan guru sangat antusias mengikuti acara ini.

Mereka bahkan berharap acara literasi media ini berkelanjutan, agar siswa lebih memahami manfaat dan dampak buruk media sosial. Sejumlah dosen ATVI dan tim YPP terjun langsung memberikan penjelasan sambil berbincang dengan siswa dengan gaya menghibur.

Para siswa bersemangat mengikuti acara yang dibagi dalam dua kelompok, di ruang kelas yang di-setup menjadi semacam aula di lantai 2, karena menggabungkan beberapa ruang kelas, dan satu kelompok di halaman terbuka sekolah.

Di aula lantai itu, dosen ATVI Safrudingsih dan Sisca T.Gurning memberikan literasi secara interaktif dengan menggunakan alat bantu media audio visual.

Dengan menggunakan atribut layaknya pendongeng, kedua dosen senior ATVI ini membuat ratusan siswa terbawa semangat untuk berani tampil, baik membaca buku, bercerita bagaimana menggunakan medsos, dan juga menjawab kuis yang tentunya berhadiah bagi siswa yang menjawab secara benar.

Sesekali, baik dosen maupun para guru yang mendampingi harus mengingatkan siswa karena saking semangatnya berebut tampil ke depan.

Sementara di halaman sekolah, dosen ATVI Suradi dan Dian H tak kalah semangatnya memberikan literasi pentingnya membaca. Agar siswa juga aktif dalam kegiatan ini, kedua dosen mengajak siswa untuk membaca buku cerita.

Yang menarik, tawaran itu disambut oleh siswa dengan menunjuk tangan, bahkan mereka berebut untuk tampil membaca di hadapan temen-temen mereka.

Semangat siswa bertambah saat teman mereka tampil memperlihatkan kebolehan berpantomin, bernyanyi, dan juga menampilkan drama musikal tentang mengurangi sampah plastik.

Di lapangan terbuka ini YPP SCTV Indosiar membawa perpustakana berjalan berupa ‘mobil pintar‘ bernama Mobil Wahana Edukasi Keliling (Weli), sehingga siswa leluasa memilih dan membaca buku.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejalan dengan Program Sekolah

Menanggapi kegiatan literasi media oleh ATVI-YPP SCTV Indosiar ini, Wakil Kepala Sekolah SDN 03 Serdang, Kamayoran, Widhya Ridhowati mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi.

“Apa yang dilakukan pagi hingga siang ini di sekolah kami, sangat bermanfaat, bukan saja bagi ratusan siswa, tapi guru dan orangtua yang hadir. Kami berharap para guru dan orangtua juga menularkan literasi media ini ke keluarga mereka,” katanya, dikutip Rabu (16/8/2023).

Widhya mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh ATVI-YPP SCTV Indosiar ini sejalan dengan program sekolah yakni meningkatkan literasi numerasi untuk peserta didik.

Sebab, internet, gawai pintar, dan media sosial tidak bisa dihindari, tapi kita harus memberi pemahaman mana yang baik dan mana yang merusak.

“Pastinya, kegiatan literasi media ini sangat mendukung upaya Pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek untuk meningkatkan terus program literasi media di sekolah-sekolah,” kata Widhya yang telah mengajar SD sejak 2001 dan menjabat Wakepsek sejak 2021.

Pendapat Widhya diamini oleh rekannya, Wakil Kepala Sekolah SDN 01 Serdang, Febriany Mialasari yang menilai acara literasi media ini sangat seru, membuat siswa, baik SDN 01 maupun SDN 03 Serdang kompak menyambut dan melibatkan diri dengan berbagai atraksi.

“Para Dosen ATVI dan Tim YPP SCTV-Indosiar mampu menghibur kegiatan literasi media sehingga acara menjadi sangat menarik, tidak membosankan, bahkan banyak siswa kami yang tak kebagian tampil karena waktu,” ujar Febriany.

3 dari 4 halaman

Harapan Guru adan Siswa

Febriany dan rekan-rekan guru SDN 01 Serdang dan juga guru SDN 03 Serdang berharap kegiatan literasi dari ATVI dan YPP SCTV-Indosiar berlanjut di lain waktu.

“Jujur, kami terbantu mengingat tugas untuk menjelaskan dan sekaligus mengingatkan penggunaan media sosial itu, merupakan tugas kita bersama. Jadi, terima kasih atas kegiatan yang sangat bermanfaat ini,” tutup Widhya.

Sedangkan salah satu guru SDN 01, R Agung Prapto Sembodo yang dimintai komentarnya juga mengakui, pelaksanaan kegiatan literasi media ini membuat siswa bersemangat dan makin tahu pentingnya membedakan manfaat dan mudarat media sosial.

”Selama ini kegiatan literasi media memang ada, tapi kali ini lebih terintegrasi dan hiburannya oke banget,” katanya.

Para siswa yang ditemui, antara lain Nabila kelas VI D, Salsabila kelas VI D dan Kamila yang kelas VI C, masing-masing memberi komentar yang seragam.

“Bagus kak, kami jadi semangat membaca, jadi lebih tau soal manfaat dan bahaya media sosial,” ujar mereka.

4 dari 4 halaman

Fakta Mengenai Indeks Literasi di Indonesia. (Liputan6/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini