Sukses

PS5 Dikabarkan Bikin Port USB Meleleh, Begini Tips Menghindarinya

Sistem PS5 yang panas karena terlalu lama dipakai dikabarkan membuat port USB meleleh, begini tips menghindarinya.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang akhir pekan, ribuan penggemar game turun ke Las Vegas untuk turnamen Evolution 2023, acara esports terbesar tahun ini.

Lewat turnamen ini, para pemain dari seluruh dunia turun ke Mandalay Bay Convention Center untuk berkompetisi dalam game seperti Street Fighter 6, Guilty Gear Strive, dan Tekken 7, dan lain-lain.

Namun, sebagaimana dikutip dari Cnet, Sabtu (12/8/2023), karena PS5 hanya memiliki satu port USB-A di depan, banyak pemain yang menghubungkan controler game ke salah satu port yang tersedia di belakang, agar bisa bertanding.

Mempertimbangkan sistem ini menyala berjam-jam dan dipakai untuk kualifikasi pemain, kemungkinan besar sistemnya panas sepanjang hari. Karena PlayStation 5 mengeluarkan panas dari bagian belakang sistem, suhunya cukup panas untuk melelehkan plastik di dalam port USB.

Beberapa pemain melaporkan bahwa kabel controler mereka akhirnya menyatu dengan port USB PS5, memaksa seluruh port keluar saat dicabut.

EVO dan Sony tidak segera memberikan komentar atas masalah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemain Tak Pakai Coverter Berlisensi

Namun, perlu dicatat bahwa sejumlah pemain yang mengikuti audisi menggunakan konverter yang tidak memiliki lisensi untuk kontroler stick PS4 pada PS5, karena kurangnya kompabilitas sistem.

Kemungkinan masalah ini muncul karena penggunaan hardware yang tidak berlisensi. Selain itu juga tidak pasti apakah port USB yang terpengaruh berasal dari PS5 yang rusak.

Sony bersama RTS, perusahaan manajemen streaming dan acara yang dimiliki oleh streamer Imane Pokimane Anys bersama-sama membeli Evo pada 2021. Karena kepemilikan langsung Sony, PS5 menjadi sistem default untuk kompetisi Street Fighter 6.

3 dari 4 halaman

Penjualan PS5

Sekadar informasi, turnamen-turnamen esports semacam ini juga turut membantu PS5 terjual sebanyak 40 juta unit sejak dirilis di 2020.

Microsoft tak menyebut berapa banyak konsol Xbox Series X dan S, namun, sepanjang konferensi pengembang di Brasil, perusahaan menyebut pihaknya menjual lebih dari 21 juta unit yang terjual.au manufaktur hardware pihak ketiga.

4 dari 4 halaman

Tips Hindari USB Meleleh Saat Colok ke PS5

Bagi kamu pemilik konsol PS5 yang susah berhenti main game, berikut adalah tips untuk memastikan PS5 tidak membuat kabel USB leleh:

1. Gunakan port kabel USB-A atau USB type C yang ada di depan, alih-alih di belakang. Bagian belakang lebih mudah panas.

2. Jika terpaksa menggunakan port USB-A bagian belakang, pastikan konsol memiliki waktu untuk didinginkan sebelum dicolokkan ke port lain lagi.

3. Hindari penggunaan konverter tidak berlisensi, hingga ada pernyataan dari Sony attau manufaktur hardware pihak ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.