Sukses

Samsung Galaxy Watch6 Series Bisa Dipakai Bantu Perbaiki Kualitas Tidur, Ini Fitur-Fiturnya

Samsung menjelaskan fitur-fitur apa saja di Samsung Galaxy Watch6 Series yang bisa dimanfaatkan untuk membantu memperbaiki kualitas tidur

Liputan6.com, Jakarta - Menawarkan fitur-fitur untuk olahraga dan kesehatan tubuh, Samsung Galaxy Watch6 Series yang baru dirilis oleh Samsung pada Galaxy Unpacked pekan lalu, juga menghadirkan fitur untuk mendukung aktivitas tidur.

Annisa Nurul Maulina, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia mengatakan, Galaxy Watch6 menargetkan pengguna yang perhatian terhadap gaya hidup yang lebih sehat.

"Sedangkan varian Classic targetnya adalah teman-teman yang mengingatkan smartwatch dengan teknologi yang paling canggih dan mutakhir, tapi menyukai desain jam yang bukan smartwatch atau klasik," ujarnya.

Melalui sesi bersama media secara online pada Kamis (3/8/2023), Annisa pun mengatakan kualitas tidur menjadi bagian yang penting terhadap kesehatan seseorang.

Karena itulah, Galaxy Watch6 Series mendapatkan fitur-fitur yang disempurnakan, untuk meningkatkan kualitas tidur penggunanya.

Sleep Educator Vishal Dasani, dalam acara yang sama, mengatakan bahwa ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan dari Samsung Galaxy Watch6 Series, untuk mendukung kualitas tidur pengguna.

Sleep Monitoring misalnya, dapat digunakan untuk memantau pola tidur secara rutin. Caranya, pengguna dapat memakai perangkat smartwatch saat tidur.

Pengguna juga bisa mengaktifkan pengaturan 'track blood oxygen' dan deteksi dengkur untuk mengetahui insight tidur yang lebih lengkap.

Menurut Vishal memahami pola tidur adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Dengan begitu, bisa diidentifikasi area mana yang harus dibenahi dan mengetahui kekurangannya.

Smartwatch ini nantinya akan bisa menampilkan informasi yang lebih komprehensif. Tidak cuma tentang durasi tidur, tetapi juga soal kualitasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy Watch6 Series Hadirkan Fitur Sleep Score

Sleep Score di Watch6 pun akan membantu pengguna melihat ringkasan dari semua data yang dikumpulkan, termasuk evaluasi apakah kualitas tidur sudah baik atau membutuhkan perhatian lebih.

Evaluasi dihasilkan berdasarkan faktor-faktor seperti usia dan jenis kelamin, serta tahapan-tahapan tidur yang dialami.

Vishal juga menjelaskan, ada tiga fase yang dialami manusia saat tertidur yaitu Light Sleep, Deep Sleep, dan REM Sleep.

Light Sleep adalah saat aktivitas otak mulai melambat, ritme jantung dan pernafasan lebih stabil, otot mulai rileks, dan terjadi proses konsolidasi memori.

Kemudian Deep Sleep terjadi saat fungsi restorasi fisik terjadi, dan berakhir pada fase REM sleep, dimana mimpi dirasakan dan fungsi reparasi kognitif terjadi.

Vishal mengatakan, kualitas tidur bukan cuma dilihat dari banyaknya Deep Sleep. Galaxy Watch6 pun menyediakan insight yang ramah pengguna baru, dengan adanya penjelasan yang bisa dilihat di aplikasi Samsung Health.

Galaxy Watch6 Series juga dapat digunakan untuk tracking konsistensitidur, setelah rutin melacak pola tidur selama beberapa hari. Ini sangat membantu untuk mendorong agar lebih konsisten tidur di jam-jam optimal.

3 dari 4 halaman

Fitur Sleep Coaching di Samsung Galaxy Watch6 Series

Setelah melacak pola tidur dan menciptakan lingkungan yang mendukung, fitur Sleep Coaching dapat dimanfaatkan, untuk membentuk kebiasaan tidur yang lebih baik.

Fitur ini dapat memberikan program terpersonalisasi dengan panduan dalam jangka waktu yang diinginkan. Menariknya, akan ditampilkan juga Sleep Symbol berupa hewan-hewan yang merepresentasikan pola tidur penggunanya.

Galaxy Watch6 Series kemudian akan menyusun rutinitas atau checklist Sleep Coaching yang harus diikuti setiap harinya guna meningkatkan kualitas tidur.

Rutinitas ini bisa berupa meditasi sebelum tidur, menghindari makan sebelum tidur, atau menjadwalkan sarapan secara teratur. Setiap rutinitas akan disesuaikan dengan kebutuhan tidur yang kurang atau perlu ditingkatkan.

Menurut Vishal saat menjalani Sleep Coaching, konsistensi menjadi kunci yang utama. Maka dari itu, penting untuk tetap melakukan sleep monitoring secara rutin.

"Konsistensi jadwal tidur itu dimulai dari sebuah kesadaran bahwa kita ingin memperbaiki pola tidur kita, dan setelah itu yang bisa kita lakukan adalah membuat jadwal," kata Vishal.

4 dari 4 halaman

Harga Galaxy Watch6 Series di Indonesia

Selain itu, Galaxy Watch6 juga akan memberikan tips lain yang sesuai penggunanya, misalnya mengurangi kafein di jam tertentu, mencoba meditasi, atau berjemur di matahari, yang juga kerap disarankan para pakar tidur.

Tak cuma itu, penting juga untuk menggabungkannya dengan gaya hidup sehat lainnya seperti aktif berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Daftar Harga Galaxy Watch6 Series

  • Galaxy Watch6 40mm (Gold, Graphite): Rp 3.999.000
  • Galaxy Watch 6 44mm (Graphite, Silver): Rp 4.499.000
  • Galaxy Watch6 Classic 43mm (Black, Silver): Rp 5.499.000
  • Galaxy Watch6 Classic 47mm (Black, Silver): Rp 5.999.000

Galaxy Watch6 Series sudah tersedia untuk Pre-Order pada 26 Juli sampai 17 Agustus 2023 di Samsung.com/id dan mitra Samsung seperti Blibli, Tokopedia, Shopee, Lazada, Eraspace, Akulaku, Tiktok Shop, Dinomarket.

Selama periode pre-order Samsung memberikan penawaran khusus berupa gratis Fabric Band, dan pemesanan Galaxy Watch6 Classic akan mendapatkan bonus tambahan Travel Adaptor 15W.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.