Sukses

iOS 17 akan Hadirkan Fitur Baru Buat Keyboard iPhone, Autocorrect Makin Pintar

iOS 17 akan menghadirkan sejumlah fitur baru untuk mendukung pengalaman keyboard iPhone jadi lebih pintar dan intuitif, mulai dari autocorrect hingga dikte yang lebih cerdas berkat AI.

Liputan6.com, Jakarta - Belum lama ini Apple menggulirkan update iOS 17 Beta 4 untuk para pengembang. Lewat update iOS 17 versi Beta ini, Apple memperkenalkan sejumlah fitur dan peningkatan kemampuan yang membuat pengalaman memakai iPhone jadi lebih baik dan intuitif.

Ada sejumlah perubahan kecil tapi sangat berguna buat meningkatkan pengalaman penggunaan keyboard. Apalagi, keyboard adalah salah satu fitur paling krusial pada iPhone atau smartphone.

Berikut adalah sederetan update fitur dan peningkatan di keyboard iPhone yang dihadirkan melalui iOS 17, sebagaimana dikutip MacRumors, Minggu (30/7/2023).

1. Autocorrect

Teknologi machine learning yang dipakai Apple untuk fitur autocorrect keyboard ditingkatkan pada iOS 17. Apple mengatakan, pihaknya mengadopsi sebuah model bahasa bernama "transformer language model" yang akan meningkatkan personalisasi autocorrect jadi lebih baik bagi tiap pengguna.

Model bahasa ini mampu mempelajari dengan lebih baik preferensi pribadi pengguna, termasuk pilihan kata yang sering dipakai si pengguna. Tentunya personalisasi ini akan menjadikan pengalaman di keyboard iPhone jadi lebih baik.

MacRumors yang memakai iOS 17 selama beberapa minggu merasa, para pengguna akan menyadari bahwa saran autocorrect iPhone mereka lebih baik dalam memprediksi kata apa yang mau dipakai.

Ketika pengguna menggunakan akronim, menyingkat kata, pakai bahasa slang, dan lain-lain, autocorrect mempelajarinya dengan baik. dan bisa ditempatkan di mana pun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Perbaikan Autocorrect

Mengaktifkan fitur autocorrect pada keyboard tentu memungkinkan adanya perubahan kata yang disarankan oleh si keyboard. Nah, kini di iOS 17, saat autocorrect mengubah sebuah kata, ada garis biru di bawah kata yang sudah dibetulkan. Garis biru ini bisa diketuk.

Dengan mengetuk garis biru, akan terlihat kata asli yang diketik pengguna. Mengetuk kata asli yang kamu ketik itu bakal membuat keyboard memilih menggunakannya alih-alih kata yang sudah diganti.

Jika nantinya ada opsi autocorrect untuk kata yang sudah kamu ketik, keyboard juga akan menampilkannya.

Fungsionalitas ini cukup berguna saat fitur autocorrect memperbaiki sebuah kata yang sebenarnya tidak ingin kamu ganti.

3. Kata yang Langsung Diisi (Autofill)

Beberapa saran kata kini muncul sejalan saat pengguna mengetik. Pengguna bisa mengetuk bilah spasi untuk menyisipkannya. Misalnya, jika kamu mulai mengetik "didn't", iPhone akan menawarkan huruf t sebagai opsi isi otomatis setelah kamu mengetik 'didn'.

Dengan begitu, pengguna cukup mengetuk bilah spasi ketimbang terus mengeja atau mengetikkan kata hingga selesai.

Hal ini pun akan membuat pengetikan lebih cepat dan fitur tersebut terus diperbaiki seiring pengguna memakai iOS 17 lebih sering.

 

3 dari 4 halaman

4. Fitur Isi Otomatis Kalimat

Fitur word autofill yang membuat saran sebaris kalimat juga berfungsi untuk seluruh kalimat. Sehingga pengguna bisa mengetik apa yang diperlukan hanya dengan mengetuk spasi sebanyak satu atau dua kali.

5. Koreksi Tata Bahasa Lebih Baik

Setelah pengguna selesai mengetik kalimat, jika ada kesalahan menggunakan kata atau memiliki kesalahan tata bahasa lain di tulisan, iPhone akan memberi tahu kamu dengan menyorot kesalahan tersebut.

Kamu bisa mengetuknya untuk melihat koreksi yang disarankan. Contohnya, jika kamu menulis kalimat dan secara tidak sengaja tengah men-swap kata "affect" dengan "effect", iPhone bisa tahu hal ini dan bakal menyarankan kata yang seharusnya dipakai.

Bahkan dalam beberapa kasus, iPhone akan memperbaikinya. Hal ini berlaku untuk then/than, they're/their/there, two/to/too, your/you're, its/it's dan berbagai masalah tata bahasa umum lainnya.

iOS 16 sudah memperbaiki beberapa masalah ini, namun update iOS 17 melakukannya dengan lebih baik.

4 dari 4 halaman

6. Dikte

Fitur Dikte atau Dictation yang ada di iPhone telah diperbarui dengan model bahasa 'transformer language model', sama dengan yang Apple gunakan untuk teks. Jadi, dikte tetap bisa menjelaskan dengan lebih baik apa yang ingin dipilih oleh pengguna, saat ada beberapa opsi kata.

Sejauh ini, fitur Dikte masih jauh dari sempurna, dan butuh beberapa waktu untuk menjadi lebih baik.

7. Stiker sebagai Emoji

Emoji merupakan bagian integral dari keyboard. Pada iOS 17 ini, stiker dan emoji telah digabungkan. Jadi, ketika kamu ketuk ikon emoji di keyboard, akan menampilkan emoji dan seluruh stiker kamu.

Hasil akhirnya adalah, pengguna bisa melihat stiker di lebih banyak tempat selama masih memakai sistem operasi ini. Kemudian di aplikasi Messenger, emoji bisa dipakai seperti stiker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.