Sukses

Bocoran Terbaru, iPhone 16 Pro Max Usung Kamera Periskop Berkemampuan Super Telefoto

iPhone 16 Pro Max memiliki fitur kamera periskop super telefoto yang belum ada di ponsel lain.

Liputan6.com, Jakarta - Apple belum secara resmi meluncurkan iPhone 15 series, tetapi sejumlah bocoran terbaru iPhone 16 sudah mulai banyak beredar di internet.

Salah satu informasi terkini adalan tentang kemampuan kamera iPhone 16 Pro Max, yang dijadwalkan akan diumumkan pada September 2024 mendantag.

Walau belum diketahui secara pasti seperti apa kemampuan iPhone 16 Pro Max tersebut, leaker Digital Chat Station mengungkap detail menarik tentang ponsel baru milik Apple itu.

Mengutip Digital Chat Station via GSM Arena, Sabtu (22/7/2023), iPhone 16 Pro Max akan dilengkapi dengan kamera zoom periskop "Super Telephoto".

Hal ini mengacu pada kamera dengan panjang fokus lebih dari 3000mm, yang dapat menjadi ponsel berkamera kelas atas. Toh, iPhone 14 Pro Max saat ini hanya menggunakan panjang fokus 77mm.

Sejumlah pengguna pun sudah meminta Apple untuk menambahkan kamera berkemampuan periskop di lini iPhone, dan sepertinya perusahaan akhirnya memutuskan untuk memenuhi permintaan tersebut.

Dikabarkan, iPhone 15 Pro Max yang diumumkan pada September 2023 ini akan menandai debut teknologi kamera periskop di iPhone, dan berlanjut ke iPhone 16 Pro pada tahun selanjutnya.

Ya, iPhone 16 Pro hanya mendapatkan periskop di iPhone 15 Pro Max. Sedangkan untuk model iPhone 16 Pro Max akan memiliki sistem lebih canggih lagi.

Informasi, kamera Super Telefoto sering digunakan dalam dunia fotografi, khususnya untuk fotografer dalam ajang olahraga dan satwa liar yang mengharuskan mereka mengambil foto dari jarak jauh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 16 Bakal Punya Kamera Vertikal

<p>iPhone 15 Pro (Source Macrumors) </p>

Lensa kamera belakang iPhone 16 dirumorkan akan hadir susunan vertikal, mirip dengan iPhone 12. Informasi ini diungkapkan oleh akun Twitter @URedditor yang telah beberapa kali membocorkan pembaruan di perangkat Apple sebelumnya.

“Model dasar iPhone 16 akan memiliki tata letak kamera vertikal, bukan diagonal pada iPhone 15. Ini akan membuat perangkat langsung dikenali sebagai model terbaru,” cuitnya sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com, Selasa (23/5/2023).

Sebagai informasi, @URedditor atau Unknownz21 sendiri merupakan leakster pertama yang membagikan dugaan render dari iPhone 15 Pro dengan port USB-C dan berbagai detail lainnya.

Meskipun kemungkinan besar perubahan ini hanya berlaku pada iPhone 16 kelas bawah, desain tersebut bisa jadi diperluas ke iPhone 16 Plus. 

Sebelumnya, Apple beralih ke susunan lensa kamera belakang diagonal pada iPhone 13 dan 13 mini. Desain ini pun secara berlanjut diadopsi oleh iPhone 14 dan iPhone 14 Plus.

Kendati demikian, diperkirakan iPhone 15 akan menjadi model terakhir yang menggunakan desain tersebut. 

Jika rumor ini benar, iPhone 16 akan mengembalikan tata letak kamera vertikal yang terakhir kali digunakan iPhone 12 dan iPhone 12 Mini. Selain memudahkan identifikasi model terbaru, iPhone 16 juga akan menggabungkan aspek desain terkini lainnya, seperti Dynamic Island dan port USB-C.

3 dari 4 halaman

Perubahan Lain di iPhone 16 Pro dan Pro Max

Gambar render iPhone 15 Pro menunjukkan varian warna merah tua (9to5mac) 

Dilansir MacRummors, Selasa (23/5/2023), belum diketahui pasti mengapa Apple merencanakan perubahan tersebut. Namun, perusahaan mengatakan tata letak diagonal memungkinkan penggunaan sistem kamera ganda yang canggih. 

Karena itu, diperkirakan Apple telah menemukan cara untuk menyesuaikan kembali komponen kamera yang sesuai dalam orientasi vertikal.

Perubahan yang lebih besar diharapkan hadir pada iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. 

Berdasarkan rumor yang beredar, masing-masing perangkat ini akan memiliki layar berukuran 6,3 inci dan 6,9 inci yang lebih besar dari sebelumnya. 

Tak hanya itu, keduanya juga disebut akan mengadopsi sistem kamera belakang tiga lensa, sehingga tata letak vertikal tidak berlaku di model tersebut.

Diperkirakan, iPhone 16 akan diluncurkan Apple pada September 2024. Karena itu, perangkat ini masih jauh dari peluncuran dan rencana desainnya bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika rumor tersebut benar, ukuran layar tersebut akan menjadi yang terbesar untuk iPhone, di mana perangkat tersebut juga semakin bertambah besar.

Sebagai perbandingan, layar iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max masing-masing menggunakan ukuran 6,1 inci dan 6,7 inci. Ukuran ini diperkirakan tidak akan berubah di perilisan iPhone 15 Pro pada tahun ini.

4 dari 4 halaman

Produksi Beberapa Model iPhone Bakal Disetop Saat iPhone 15 Rilis

Informasi mengenai iPhone 16 yang seharusnya rilis tahun depan sudah mulai beredar.

Mengutip Mydrivers via Gizchina, Kamis (20/4/2023), Apple bakal setop produksi model iPhone 12. Kabarnya, model iPhone 12 ini bakal digantikan oleh seri iPhone 13. Sayang, iPhone 13 mini tidak akan termasuk dalam portfolio tersebut.

Informasi, Apple sudah memutus rantai produksi iPhone 12 mini dua tahun setelah ponsel tersebut diluncurkan karena kurang laku di pasaran.

Sementara untuk model saat ini, iPhone 14 Plus menjadi seri paling kurang diminati oleh pengguna Apple dan juga dihentikan produksinya agar tidak berbenturan dengan iPhone 15 Plus dan iPhone 15 Pro Max.

Di sisi lain, Apple baru mengumumkan menggulirkan pembaruan software untuk iOS 16.4.1 dan iPadOS 16.4.1. Yang menarik, update software kali ini hadir melalui sistem Rapid Security Responses (RSR) untuk pertama kalinya.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.