Sukses

EA Sports FC 24 Pamer Cover, Hadirkan Beckham dan Zidane Tapi Diejek Mirip The Sims 4

EA mengungkapkan cover EA Sports FC 24 Ultimate Edition. Meski begitu, ada beberapa yang menyebut bahwa tampilan para pemainnya mirip The Sims 4.

Liputan6.com, Jakarta - Electronic Arts (EA) akhirnya memamerkan tampilan cover atau sampul dari game sepak bola terbaru mereka, EA Sports FC 24, yang merupakan penerus dari waralaba FIFA.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, EA sebelum tidak melanjutkan kemitraan dan lisensi dengan organisasi sepak bola dunia FIFA, untuk penggunaan nama tersebut dalam game sepak bola mereka.

Sehingga, FIFA 23 menjadi game sepak bola terakhir dari EA yang menggunakan judul "FIFA", di mana EA Sports FC 24 akan jadi yang pertama memakai judul "EA Sports FC."

Selain itu, EA juga meluncurkan trailer untuk EA Sports FC 24. Mengutip situs resmi EA, Jumat (14/7/2023), perusahaan gim ini baru akan mengungkapkan lebih lanjut pada 13 Juli 2023 atau besok.

EA juga mengklaim, EA Sports FC memiliki lebih dari 19.000 pemain terlisensi, 700 tim, dan 30 liga.

Adapun, mengutip IGN, Kamis (13/7/2023), cover EA Sports FC 24 yang ditampilkan adalah untuk EA Sports FC 24 Ultimate Edition, di mana memajang sejumlah nama beken bahkan para legenda sepak bola.

Di antara pesepakbola yang mejeng di cover tersebut antara lain Pele, Zinedine Zidane, David Beckham serta pesepakbola yang masih aktif saat ini seperti Erling Haaland, Jude Bellingham, dan Sam Kerr.

Meski begitu, dua nama paling terkenal saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, absen dari gambar tersebut.

Selain itu, cover ini juga mendapatkan olok-olok dari beberapa warganet. Beberapa menilai pemain di gambar tidak mirip aslinya, bahkan, ada juga yang membandingkannya dengan cover untuk gim EA lainnya, The Sims 4.

Tentu saja, patut ditunggu apakah gameplay serta visual yang dihadirkan di gimnya akan lebih baik dari yang ada di cover atau tidak.

Meski belum ada tanggal rilis yang diumumkan, laporan terbaru menyebutkan bahwa EA Sports FC 24 diprediksikan bakal rilis pada 29 September 2023.

Mereka yang membeli versi mahal disebut-sebut bakal mendapatkan akses awal selama seminggu mulai 22 September, sementara pelanggan EA Play mendapatkan uji coba 10 jam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

EA Tak Lagi Gunakan Nama FIFA

Seperti diketahui sebelumnya, EA sudah tidak lagi melanjutkan kerja sama untuk penggunaan embel-embel "FIFA" dalam game sepak bola mereka yang akan datang, setelah puluhan tahun digunakan.

Melalui laman resmi EA, dikutip Senin (10/4/2023), Nick Wlodyka, SVP & GM, EA SPORTS FC menyatakan bahwa mereka akan mengumumkan soal kelanjutan waralaba itu pada Juli 2023 mendatang.

"EA SPORTS FC akan menjadi simbol olahraga, simbol inovasi dan perubahan, dan kami bersemangat untuk menunjukkan kepada penggemar kami lebih banyak tentang masa depan di bulan Juli," kata Wlodyka.

Electronic Arts juga mengungkapkan, beberapa liga yang telah jadi mitra mereka dalam brand baru ini antara lain Premier League, La Liga, Bundesliga, Serie A, Ligue 1, WSL, NWSL, CONMEBOL, dan lain-lain.

EA juga menyebut, pemain nantinya akan bisa mengakses lebih dari 19.000 pemain berlisensi penuh, 700 tim, dan 30 liga.

Selain itu, kemitraan dengan 300 mitra sepak bola global juga akan memungkinkan ekspansi lanjutan ke berbagai bidang, termasuk sepak bola wanita dan sepak bola grassroot.

3 dari 4 halaman

Logo Baru EA Sports FC

Soal logo baru, EA menyebut inspirasi desainnya berasal dari "permainan indah dan bentuk dominan dalam budaya sepak bola yang merepresentasikan olahraga dalam berbagai dimensi, segitiga."

Kabar soal pergantian nama game FIFA sudah santer terdengar sejak tahun lalu. Perubahan nama waralaba game yang dirilis 1994 ini diungkap oleh jurnalis Jeff Grubb dalam acara Giant Bomb kala itu.

"EA Sports Football Club, EA Sports FC, itu nama baru game FIFA," kata Jeff sebagaimana dikutip dari VGC, Selasa (29/3/2022).

Adapun judul baru game FIFA tersebut sudah muncul di aplikasi merek dagang sebelumnya. Awalnya, nama tersebut dianggap sebagai mode baru di dalam game mendatang.

Kabar nama EA Sports Football Club ini sudah mencuat sejak tahun lalu, dimana pengembang mempertimbangkan untuk tidak lagi melanjutkan lisensi FIFA.

4 dari 4 halaman

Alasan EA Ogah Lanjutkan Pakai Nama FIFA

Disebutkan, FIFA menuntut bayaran dua kali lipat dari sebelumnya bilamana EA Sports ingin tetap memakai lisensi untuk nama-nama pesepak bola sebenarnya di dalam game.

Di sisi lain, CEO Andrew Wilson sempat berkomentar, lisensi FIFA sebetulnya berpotensi merusak pertumbuhan seri game sepak bola buatan perusahaannya.

"Kami telah melihat ke masa depan, dan kami ingin mengembangkan seri ini lebih jauh lagi," katanya. Dia menambahkan, "Ironisnya lisensi FIFA sebetulnya menjadi penghalang untuk pengembangan seri tersebut.

Dengan jenama baru ini, FIFA 23 pun akan jadi game sepak bola terakhir EA yang dirilis dengan menggunakan nama asosiasi sepak bola dunia itu.

Menjadi judul terakhir dengan nama "FIFA", baru-baru ini, EA mengklaim FIFA 23 sebagai peluncuran yang paling besar dalam sejarah seri game itu.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.