Sukses

Ayaneo Geek, Portable Gaming PC yang Bisa Dipakai Buat Kerja

Erajaya Active Lifestyle resmi menghadirkan Ayaneo Geek di Indonesia, portable PC yang tidak hanya bisa digunakan untuk bermain game, namun juga untuk bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Erajaya Active Lifestyle resmi menghadirkan Ayaneo Geek di Indonesia. Uniknya, portable gaming PC ini tidak hanya bisa digunakan untuk bermain game, namun juga untuk bekerja.

Product Specialist Brand Gaming Urban Republic, Kevin Marcelinus, menjelaskan sistem operasi perangkat ini menggunakan Windows 11. Jadi, performa Ayaneo Geek bisa dikategorikan setara dengan komputer atau laptop.

Karena memiliki fungsi sebagai PC, pengguna juga dapat mengakses berbagai aplikasi produktivitas di Ayaneo Geek, seperti Microsoft Office dan Google Workspace. Ke depannya, Ayaneo juga berencana meluncurkan sistem operasinya sendiri.

“Selanjutnya, kami akan membuat operating system sendiri berbasis Linux, yaitu Ayaneo OS. Tapi statusnya masih coming soon ya,” ujar Kevin dalam acara Media Experience pada Kamis (22/6/2023) di Urban Republic, Jakarta.

Untuk dapur pacunya, Ayaneo Geek dibekali chipset AMD 6800U yang didukung GPU Radeon 680M RDNA2. 

RAM yang dimilikinya hanya sebesar 16GB dan tidak bisa ditingkatkan, sementara penyimpanannya berkapasitas 512GB. Meskipun memorinya terbilang kecil untuk perangkat gaming, storage mampu di-upgrade hingga 8TB.

Untuk tampilannya, Ayaneo Geek memiliki desain slim dan clean tanpa sekrup yang menonjol sehingga nyaman untuk digenggam dan dipakai bermain game. Penggunaan bingkai plastik UV juga membuatnya tahan terhadap goresan.

Selain itu, sistem pendingin di Ayaneo Geek ini menjadi salah satu aspek yang menjadi keunggulannya. Mengevaluasi model sebelumnya, Ayaneo Geek kini menggunakan Copper Tube dan Sheet +35W Turbo Fan yang membuat performanya lebih terjaga saat bermain game

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Joystick Tanpa Dead Zone

Kevin menyatakan, peningkatan tersebut cukup signifikan jika dibandingkan dengan Ayaneo yang rilis pertama kali pada tahun 2021. Menurutnya, sistem pendingin di versi lama itu masih bermasalah karena mengalami frame drop setelah beberapa menit digunakan.

Pada bagian joystick, Ayaneo Geek menggunakan teknologi HALL yang tidak memiliki dead zone (zona mati). Karena itu, joystick akan tetap responsif untuk pergerakan yang cepat sekali pun.

Tombol power-nya pun sudah mengadopsi pemindai sidik jari, layaknya laptop dengan fitur yang sama. Lalu, untuk kegiatan gaming, serta streaming video dan musik juga dapat dilakukan tanpa headset karena Ayaneo Geek sudah dilengkapi dengan speaker.

3 dari 4 halaman

Harga dan Ketersediaan Ayaneo Geek

Untuk harga resminya, Ayaneo Geek di Indonesia dibanderol Rp 20.999.000. 

Sebagai pelengkap, setiap pembelian Ayaneo Geek akan mendapatkan promo spesial berupa diskon Rp 1 juta, Docking, serta Ayaneo case. Adapun penawaran ini berlaku hingga 30 Juni 2023. 

Saat ini, Ayaneo Geek sudah bisa didapatkan di gerai Urban Republic dan e-commerce Eraspace. Konsumen juga bisa mencoba produk ini sebelum membelinya di Urban Republic Ashta, Kota Kasablanka, dan Mall Kelapa Gading.

Di sisi lain, Ayaneo Geek sebagai portable gaming PC dapat dimainkan atau digunakan dengan tiga cara berbeda.

4 dari 4 halaman

3 Cara Memainkan Ayaneo Geek

Untuk cara pertama, Ayaneo Geek dapat digunakan tanpa aksesoris dan alat tambahan. Dengan mengandalkan joystick bawaannya, perangkat berfungsi sebagai handheld gaming PC

Lalu, pengguna juga bisa memainkannya dengan menghubungkan perangkat ke PC untuk mendapatkan layar lebih besar. Selain bermain game dengan keyboard, cara ini juga bisa digunakan untuk bekerja, misalnya mengetik dokumen.

Melalui percobaan yang dilakukan di acara Media Experience, diketahui cara ini berfungsi dengan baik tanpa adanya lag yang mengganggu.

Selanjutnya, Ayaneo Geek juga bisa dimainkan dengan konsol atau controller terpisah yang disambungkan ke perangkat menggunakan kabel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.