Sukses

Cara Ikut Meriahkan Ulang Tahun Jakarta dengan Menjelajahi Tempat Seru di Ibu Kota Lewat Layanan Google

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara seru dan mudah memanfaatkan layanan Google dalam menjelajahi Jakarta di perayaan ulang tahunnya ke-496.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini Jakarta merayakan ulang tahunnya yang ke-496. Ulang tahun Jakarta menjadi momen istimewa bagi Indonesia, khususnya warga Jakarta, karena biasanya akan digelar berbagai acara untuk merayakannya.

Selain beragam acara yang menarik, kemeriahan ulang tahun Jakarta ini juga ditunjukkan dengan ramainya pengguna internet di Indonesia yang mencari informasi mengenai perayaan ini.

Menurut Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan, perayaan ulang tahun Jakarta merupakan momen yang dinanti oleh masyarakat Ibu Kota. Google Trends pun menunjukkan berbagai cara masyarakat merayakannya.

"Dari pencarian seputar gambar HUT Jakarta yang mengalami lonjakan hingga 100% selama satu tahun terakhir hingga mengekspresikan cinta terhadap Jakarta melalui puisi HUT DKI Jakarta. Tentunya ini hanya salah satu antusiasme masyarakat untuk merayakan hari jadi Jakarta ini," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (22/6/2023).

Namun tidak hanya itu, Google lewat sejumlah layanannya juga membantu pengguna internet di Indonesia untuk menjelajahi dan menemukan tempat seru di Ibu Kota. Cukup dengan smartphone, mereka bisa mengetahui informasi terkini mengenai lokasi menarik hingga jadwal transportasi di Jakarta.

Nah, apa saja layanan Google yang bisa kamu optimalkan untuk menjelajahi Jakarta? Simak informasi lengkapnya berikut ini:

Kelling Jakarta dengan Informasi Angkutan Umum di Google Maps

Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan yang padat dengan aktivitas masyarakat. Karenanya, masyarakat diimbau untuk membiasakan diri menggunakan transportasi umum untuk membantu mengurai kemacetan.

Di Google Maps, kamu sebenarnya bisa menemukan informasi seputar transportasi umum di Jakarta. Caranya mudah, kamu tinggal membuka aplikasi Google Maps, lalu tentukan lokasi tujuan, dan terakhir pilih transportasi untuk jenis kendaraan.

Update Jam Sibuk Tempat yang Ingin Kamu Kunjungi

Memanfaatkan Google Search, kamu bisa merencanakan perjalanan dengan mengetahui jam sibuk lokasi yang ingin dikunjungi. Jadi, kamu bisa menikmati perjalanan dengan lebih menyenangkan.

Kamu bisa melakukannya lewat PC atau laptop. Caranya, ketik lokasi tujuan di Google Search, lalu akan muncul keterangan lebih lanjut di layar sebelah kanan. Di situ, kamu bisa mencari tahu mengenai informasi jam sibuk sebuah lokasi, dan tinggal menyesuaikan waktu kedatangan.

Belajar Sejarah Jakarta lewat Google Arts & Culture

Dengan kehadiran internet, informasi kini bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Karenanya, cara belajar pun semakin mudah, meski di tengah aktivitas yang padat.

Salah satunya yang menghadirkan informasi menarik seputar sejarah DKI Jakarta adalah Google Arts & Culture. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengunjungi tempat bersejarah secara virtual termasuk mencari lokasi museum yang ingin diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ulang Tahun Jakarta: Transportasi Umum, Kuliner Khas, hingga Progres IKN Banyak Dicari di Google

DKI Jakarta tengah merayakan ulang tahun ke-496 pada hari ini, Kamis (22/6/2023). Google Indonesia pun mengungkapkan beberapa temuan menarik di laman pencarian mereka, terkait ulang tahun Jakarta.

Feliciana Wienathan, Communication Manager, Google Indonesia mengatakan, perayaan ulang tahun Jakarta menjadi momen yang dinanti dan selalu seru saat dirayakan oleh masyarakat.

Menurutnya, Google Trends menunjukkan berbagai cara masyarakat untuk merayakannya.

"Dari pencarian seputar gambar hut Jakarta yang mengalami lonjakan hingga 100% selama satu tahun terakhir hingga mengekspresikan cinta terhadap Jakarta melalui puisi hut DKI Jakarta," ujarnya.

"Tentunya ini hanya salah satu antusiasme masyarakat untuk merayakan hari jadi Jakarta ini. Apapun cara perayaan nya, beragam fitur di Google dapat membantu masyarakat untuk merayakannya, hanya dengan akses melalui ponsel mereka."

Mengutip siaran persnya, Google mengungkapkan, salah satu yang banyak dicari oleh pengguna adalah informasi soal tahun terakhir Jakarta menjadi ibu kota negara yang akan berpindah, atau progres pembangunan IKN.

Menurut Google, topik ini jadi salah satu yang banyak ditelusuri pengguna, mencatat terjadi peningkatan pesat atau breakout dalam setahun terakhir.

Selain itu, terkait ulang tahun Jakarta, biasanya akan ada selebrasi pertunjukan seni dan festival budaya, khususnya makanan atau kuliner.

Google menyebut, makanan khas Jakarta tidak hanya menarik bagi warga yang tinggal di Jakarta, tetapi juga di kota-kota lain di seluruh Indonesia. Riau contohnya, jadi kota teratas yang mencari "cara membuat nasi uduk."

3 dari 3 halaman

Kuliner Khas Jakarta

Untuk tipe makanan yang trending di Google adalah jajanan. Jajanan khas Jakarta juga banyak menjadi kata kunci yang dicari oleh masyarakat di Indonesia dari berbagai daerah.

Penelusuran seputar kue cucur tercatat meningkat sebanyak lebih dari 60 persen dalam setahun terakhir, membuatnya menjadi istilah penelusuran terpopuler di Google selama setahun kebelakang.

Lalu kue pancong banyak ditelusuri oleh masyarakat khususnya di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah; sedangkan putu mayang mengalami peningkatan pencarian lebih dari 140 persen selama setahun terakhir.

Minuman khas Jakarta yang juga banyak dicari, khususnya warga Jakarta, didominasi oleh bir pletok, es doger, dan es selendang mayang. Pencarian tentang asal es doger juga meningkat sampai lebih dari 90 persen. 

(Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini